Jan 022011
 

Tahun ini Mark Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time. Mark terpilih karena facebook yang dibuatnya memberikan dampak yang luarbiasa terhadap masyarakat di dunia. Terpilihnya Mark adalah salah satu bukti bahwa teknologi informasi telah menjadi alat yang berdampak besar terhadap masyarakat.

Majalah Time biasanya memilih orang dari politik yang memberikan dampak besar bagi masyarakat, misalnya saja Barack Obama, Vladimir Putin, George W. Bush, Rudolph Giulani, Bill Clinton, Mikhail Gorbachev, Ronald Reagan,  dan masih banyak lagi tokoh-tokoh di dunia politik.

Atau juga tokoh di bidang kemanusiaan (humanis) seperti Martin Luther King, Paus John XXIII, atau the peacemaker (Yasser Arafat, de Klerk, Nelson Mandela dan Yitzhak Rabin).

Untuk bidang IT, selain Mark Zuckerberg, terdapat beberapa nama sebagai berikut:

  • Bill Gates, menerima penghargaan ini tahun 2005 bersama-sama dengan Melinda Gates, istrinya dan Bono (U2). Bill Gates menerima penghargaan bukan berdasarkan kiprahnya di dunia IT, tapi karena sumbangan-sumbangan dari kekayaannya dari dunia IT.
  • Jeff Bezos, penemu Amazon.com yang membantu membentuk Internet menjadi ajang pasar online (1999)
  • Andi Grove, karena perannya di mikroposesor Intel membuatnya terpilih menjadi Person of the year tahun 1997. Mikroprosesor Intel telah digunakan lebih dari 80% personal computer di dunia.

Yang menarik pada tahun 2006, “YOU” atau “kita semua manusia” telah terpilih sebagai person of the year karena peran kita menciptakan ‘isi internet’ dalam jejaring social seperti Wikipedia, facebook, youtube, Linux, dan berbagai teknologi web 2.0.

Tahun 1982, majalah Time tidak menampilkan Person of the year, tapi machine of the year. Dan mesin yang memberikan dampak terbesar pada saat itu dan hingga sekarang ini adalah Komputer.

Share

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)