Mar 142011
 

Pagi ini saya baca berita ini di tempo interaktif.

Salah satu paragraf menyebutkan demikian:

Menurut Bendahara SNMPTN 2011 sekaligus Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab ITB hanya menawarkan 15 progam studi. “Berbeda dengan universitas lainnya,”katanya.

UGM di sebutkan menawarkan 54 program studi sedangkan ITB cuma 15 kira-kira demikian ungkap rektor ini.

Kalau melihat situs http://www.snmptn.ac.id/ terlihat bahwa ITB  menawarkan hanya 12 program studi.  Dan dari situs yang sama juga disebutkan kalau ke 12 program studi itu semua menawarkan jalur undangan.

UGM yang disebut menawarkan 54 program studi, dari situs snmptn.ac.id, menawarkan lebih dari 60 program studi dan setiap program studi menawarkan jalur undangan.

Melihat data tersebut, saya bingung juga mana yang harus dipercaya. Tapi terlepas dari perbedaan angka-angka tersebut, jelas bahwa melakukan memperbandingkan  jumlah jalur undangan tanpa melihat jumlah program studi yang dimiliki adalah suatu hal yang tidak pintar.

Sudah pasti dari jumlah undangan di ITB, tidak mungkin melebihi jumlah undangan di universitas lain yang memiliki jumlah program studi yang jumlahnya banyak (belum lagi ITB tidak banyak menawarkan program non-eksakta).

Semoga si wartawan yang salah kutip.

Share

  7 Responses to “Berita SNMPTN – Jalur Undangan UGM Teratas, ITB Nomor 15 (???)”

  1. ugm tetep yg teratas, itu artinya saingan banyak bued!!

  2. kualitas no1 kuantitas no 15

  3. dalam hal ujian masuk, kuantitas menentukan kualitas, semakin banyak peminat semakin tinggi saingan

  4. maaf, kalau boleh tanya.
    di http://www.snmptn.ac.id/i_prodi_undangan.php?wilayah=1&ptn=35&jenis=IPA&m_id=daftar_prodi
    situs SNMPTN diperlihatkan jalur undangan itb pada tahun 2011 berjumlah kurang lebih 30RIBU orang,
    namun mengapa sepertinya terjadi penurunan hingga 12RIBU peminat?
    terimakasih

  5. Aneh sekali jika hanya 15 program studi yang ditawarkan. Banyak peminat tapi daya tampung sedikit. Wajar saja saya pikir biaya kuliah bisa mahal karena banyak peminat tapi daya tampungnya sedikit

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)