Mar 192011
 

Banyak kaum akademik sekarang yang memanfaatkan Wikipedia untuk belajar, maupun melakukan penelitian. Walaupun demikian Wikipedia masih banyak yang mempertanyakan valid tidak nya penggunaan media ensiklopedia online ini.

Casper Grathwohl menulis tentang hal itu di http://issuu.com/oxfordjournals/docs/illuminea_january2011.

Disebutkan bahwa sebuah penelitian yang melibatkan 2500 mahasiswa dari berbagai universitas ternyata menggunakan Wikipedia sebagai riset awal, yang pada akhirnya tetap mereka menggunakan tulisan yang sudah di peer-review.

Penulis sendiri juga menggunakan wikipedia untuk mendapatkan definisi dan keterangan lebih lanjut tentang suatu topik. Tetapi jika sudah harus membuat tulisan ilmiah, penulis tetap menggunakan bahan dari tulisan yang sumbernya sudah jelas seperti journal atau prosiding. Karena kelemahan dari wikipedia adalah adanya kemungkinan suatu tulisan di rubah isinya.

Bagaimana dengan anda?

Share

  2 Responses to “Wikipedia bergunakah untuk akademik?”

  1. Kadang wikipedia sangat berguna, kadang juga bikin bingung.. berputar-putar, jadi kurang fokus kalau untuk kebutuhan penelitian. Rasanya memang bagus untuk nutshell knowledge dan memulai riset, tapi yang dalam dan ekstensif masih butuh jurnal-jurnal terpercaya yang diurus para pustakawan. Toh artikel-artikel Wikipedia yang bagus juga butuh referensi ke jurnal-jurnal ini. Selain itu, artikel yang berbahasa Indonesia juga belum banyak.

    • Setuju, sering yang saya liat justru referensinya. Kayaknya memang kita harus smart untuk memanfaatkan wikipedia ini, tidak bisa asal comot.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)