Jun 222011
 

Saya sering menemukan kedua kata ini digunakan pada situasi yang tidak tepat. Kedua kata ini berasal dari bahasa inggris. Metodologi di ambil dari methodology dan metode berasal dari method.

Methodology di definisikan sebagai “a set of system or methods, principles and rules of regulating a given discipline” (dictionary.com). Sedangkan method artinya: “a procedure, technique, or way of doing somethings, especially in accordance with a definite plan” (dictionary.com).

Jadi metodologi bisa berisi metode, prinsip atau aturan. Metode lebih ke prosedur, atau teknik untuk melakukan sesuatu. Metodologi ruang lingkupnya lebih luas, sedangkan metode lebih berupa langkah demi langkah untuk menyelesaikan sesuatu.

Suatu metodologi yang lengkap akan berisi sekumpulan metode yang perlu digunakan untuk berbagai situasi, atau prinsip yang harus digunakan bila terjadi suatu masalah ataupun sekumpulan aturan yang harus di ikuti.

 

Share

  3 Responses to “Metodologi dan Metode”

  1. Jadi kalau untuk judul bab dalam buku skripsi, lebih tepat metode atau metodologi, Pak?

    • Yang saya tahu, judulnya ya tergantung isi babnya. Kalau babnya menjelaskan cara kita melakukan penelitian, ya judul yang tepat seharusnya Metodologi xyz.., kalau isi babnya berisi usulan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk melakukan sesuatu tujuan, ya mungkin jadi metode. Untuk pastinya perlu konfirmasi lagi pembimbingnya supaya bisa lebih tepat.

  2. Metode dan metodologi memang berbeda.
    Semoga bisa ditempatkan diposisi yang sesuai.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)