Cara Mengundurkan Diri dari Perusahaan

Di bawah ini cara-cara mengundurkan diri lewat cara yang profesional yang dapat Anda kenali :

Bicarakan Segera Dengan Atasan Anda

Yakinkan kalau atasan Anda yaitu orang pertama yang tahu tentang gagasan pengunduran diri Anda. Jangan pernah mengedar isu kantor mengenai pengunduran diri Anda, walau sebenarnya Anda belum bicara segera dengan atasan Anda. Bila hal semacam ini berlangsung, bukanlah tidak mungkin saja atasan Anda terasa ‘sakit hati’.

Infokan Pengunduran Diri Anda Dari Jauh Hari

Pengunduran diri mendadak bakal merepotkan beberapa orang. Jadi, berikan saat sekurang-kurangnya 1 bln. pada waktu Anda ajukan surat pengunduran diri sampai hari paling akhir Anda bekerja. Saat itu dibutuhkan untuk transisi pekerjaan pada Anda dengan orang yang bakal menukar Anda.

Tetaplah Bekerja Sebagus Mungkin

Meskipun telah mengundurkan diri, bukanlah bermakna Anda jadi bekerja sembarangan. Tetaplah bekerja sebaik-baiknya. Bila butuh, kerjakan semuanya pekerjaan Anda sebelumnya hari paling akhir Anda, hingga Anda meninggalkan kantor lama Anda dengan kesan positif.

Jagalah Bicara

Mungkin saja Anda mengundurkan diri lantaran ketidakcocokan dengan atasan atau rekanan kerja Anda. Namun, tetaplah jagalah bicara Anda sampai waktu Anda mengundurkan diri, baik dengan cara segera ataupun di media sosial. Menjelek-jelekkan atasan atau rekanan kerja Anda sebagai argumen Anda mengundurkan diri bakal meninggalkan kesan negatif pada diri Anda. Lagi juga, siapa tahu satu waktu kelak Anda mesti bekerja bersama lagi dengan atasan atau rekanan kerja Anda itu?

Kembalikan Semuanya Property Kantor

Sepanjang bekerja, mungkin saja Anda memperoleh utang seperti laptop kantor atau property yang lain. Janganlah lupa untuk kembalikan beberapa barang ini sebelumnya Anda geser ke kantor baru.

Cermati Norma Kerja Serta Kontrak Anda

Meskipun telah tak bekerja di kantor lama Anda, Anda tetaplah mesti melindungi kerahasiaan perusahaan dan client Anda. Hal semacam ini makin mesti di perhatikan bila Anda pernah di tandatangani non-disclosure agreement.

Pamit

Pamit pada semua rekanan kerja, baik dengan cara segera ataupun lewat e-mail, memberi kesan yang baik. Terima kasih yang simpel atas peluang Anda untuk bekerja serta pelajari hal baru di kantor Anda juga cukup, kok.

Janganlah Lupakan Client Anda

Janganlah lupa memberitahukan pada client atau pihak lain diluar perusahaan yang terkait dengan Anda tentang pengunduran diri Anda. Perkenalkan juga mereka dengan orang yang menukar Anda, untuk meyakinkan transisi pekerjaan yang mulus.

Jagalah Kontak Dengan Atasan Serta Rekanan Kerja

Jagalah networking Anda dengan atasan serta rekanan kerja di kantor lama. Bukanlah mustahil networking ini bakal bermanfaat untuk Anda di hari esok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *