Mengetahui Jenis-Jenis Kabel Listrik

Dalam teknik elektronika dalam dunia kelistrikan, penggunaan kabel memiliki peran yang sangat penting, kita tidak disarankan untuk menggunakan kabel secara sembarangan sebelum kita mengetahui konstruksi dan karakteristik kabel yang akan kita gunakan.

Pada dasarnya kabel listrik terdiri dari dua bagian utama yaitu isolator dan penghantar. Konduktivitas arus pada Kabel Panel Surya ditentukan oleh beberapa faktor yaitu bahan penghantar dan luas penampang atau diameter kabel penghantar. Sekarang Biasanya semakin besar diameter sebuah kabel, maka semakin tinggi pula kemampuan kabel listrik tersebut dalam mengalirkan arus (Ampere).

Untuk lebih memahami, berikut adalah jenis-jenis kabel listrik yang beredar di pasaran:

Jenis Kabel Listrik

Kabel NYA memiliki inti tembaga atau konduktor tunggal, dilapisi atau dilapisi dengan bahan isolasi PVC. Ini memiliki fungsi agar tidak mudah kena gigitan hewan dan jika isolasi dikupas tidak langsung tersentuh manusia.

Jenis Kabel Listrik Nym

Kabel NYM merupakan jenis kabel yang memiliki inti lebih dari satu, biasanya kabel ini digunakan untuk instalasi listrik pada gedung atau pada gedung yang langsung tertanam pada dinding.

Tentunya harganya lebih mahal dari NYA. Kabel ini dapat digunakan di lingkungan yang kering dan basah tetapi tidak boleh ditanam.

Jenis Kabel Listrik Nyy

Berbeda dengan kabel NYM, kabel NYY didesain untuk pemasangan outdoor dan bisa di dalam tanah, kering atau lembab yang harus diberi perlindungan khusus (misalnya duct, pipa PVC atau pipa metal).

Material isolasi untuk kabel jenis NYY memiliki konstruksi yang lebih kuat dari pada kabel NYM. selain itu bahan penyekat pada kabel ini biasanya sudah dilengkapi dengan anti gigitan tikus.

Jenis Kabel Listrik Nyaf

Kabel NYAF adalah jenis kabel fiber fleksibel dan berinsulasi PVC dengan tujuan penghantar tembaga jenis fiber agar lebih mudah dalam bergerak. Jenis kabel NYAF digunakan untuk pemasangan panel yang membutuhkan fleksibilitas tinggi. Kabel jenis NYAF ini sangat cocok untuk tempat yang memiliki belokan tajam.

Jenis Kabel Listrik Nyfgby / Nyby / Nyrgby

Kabel jenis ini memiliki lapisan isolasi yang kuat dan tahan lama. Dalam penggunaannya, kabel bisa ditanam di tanah tanpa perlu perlindungan tambahan.

Namun tetap saja jika kabel ini akan menyeberang jalan raya disarankan tetap menggunakan proteksi lebih, minimal pipa PVC.

Jenis Kabel Daya Nycy

Kabel NYCY adalah kabel yang didesain untuk penggunaan indoor, indoor dan outdoor.

Jenis Kabel Listrik Bc (Bare Conductor)

Banyak istilah umum dalam kabel BC adalah “kawat telanjang”, karena kabel ini dilihat sebagai konduktor hanya tanpa selubung pelindung.

Kabel BC mempunyai sistem konduktansi yang unik, dimana penghantar terdiri dari untaian kabel yang bersatu dan terdiri dari banyak untaian agar tidak mudah terputus.

Jenis Kabel Listrik Acsr

Kabel ACSR adalah kabel konduktor yang terdiri dari kawat baja aluminium cored. Kabel ini digunakan untuk jalur transmisi tegangan tinggi, dimana jarak antar tower / tiang mencapai ratusan meter satu sama lain, sehingga dibutuhkan kekuatan tarik yang lebih tinggi, untuk itu digunakan kabel penghantar ACSR.

Nah itulah jenis kabel yang biasa di gunakan untuk instalasi listrik di rumah. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis kabel yang bisa di gunakan untuk instalasi listrik di rumah, dan pasti setiap kabel akan memiliki jenis serta fungsi yang berbeda. Jadi sebelum anda memilih kabel untuk di gunakan, pahami dahulu fungsi dari kabel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *