Skip to content


Contoh Teks Artikel Yang Baik Dan Benar

Contoh Teks Artikel Yang Baik Dan Benar. Berlainan dengan informasi dan fitur, teks artikel tidak menyangkutkan isi tulisan dengan sumber informasi hingga info dalam teks artikel tidak basi.

Berdasar buku Tehnik Penulisan Informasi, Fitur, dan Artikel kreasi Prof. Drs. M. Atar Semi, teks artikel terdiri dari 2 tipe, yakni artikel ilmiah dan non-ilmiah, lho.

Teks artikel ilmiah ialah tulisan berisi info faktual dan obyektif yang dapat dipakai pembaca untuk bertindak, pegangan, dan bahan perbedaan, atau bahkan juga untuk menambahkan pengetahuan.

Nach, jika teks artikel non-ilmiah ialah tulisan mengenai penglihatan mengenai suatu hal yang lahir sebagai wujud gestur dan kreasi penulis. Oleh karena itu, arah dari teks non-ilmiah untuk melipur dan tumbuhkan daya khayalan pembaca.

Dalam contoh teks artikel nanti akan diketemukan beberapa ciri khusus. Berikut ini ialah beberapa ciri penulisan teks artikel yang diterangkan ke lima ciri-ciri, yakni:

1. Dibikin secara singkat, padat, dan terang dengan arah supaya pembaca gampang pahami didalamnya,

2. Memiliki kandungan bukti atau penilaian yang dikatakan secara obyektif dan diperlengkapi dengan beberapa data simpatisan yang benar,

3. Penulisan memakai bahasa resmi dan tidak resmi, bergantung setiap penulis,

4. Sistem penulisan artikel dibikin secara struktural,

5. Memiliki sifat faktual dan informatif. Mengutarakan info yang berdasar hasil riset yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

Detikers berminat untuk menulis teks artikel? Ketahui lebih dulu beberapa langkah saat sebelum menulis artikel berikut ini, yok! Diambil dari buku Tehnik Penulisan Informasi, Fitur, dan Artikel, Prof. Drs. M. Atar Semi tuliskan 10 cara yang penting dilaksanakan saat sebelum menulis teks artikel.

1. Pilih topik atau ide.

2. Ketahui dan pahami pembaca.

3. Pelajari sisi tehnis penerbitan.

4. Mengawali menulis dengan outline.

5. Membuat tulisan dengan paragraf yang memiliki bobot.

6. Menyuguhkan ide dasar secara eksplisit.

7. Memberikan contoh yang baru dan menarik.

8. Memakai bahasa yang hidup.

9. Tutup tulisan dengan paragraf yang kuat

10. Mempersunting tulisan dengan cermat.

Contoh Teks Artikel
Sesudah ketahui tipe dan cara menulisnya, berikut ialah 11 contoh teks artikel yang bisa saja ide saat menulis.

1. Mari Bersihkan Tangan, Supaya Coronavirus Tidak Serang

Belakangan ini dunia digemparkan dengan infeksi virus baru yang namanya Coronavirus. Beberapa korban yang wafat karena virus ini karena tidak berhasil napas. Vaksin dan penyembuhan yang detil belum diketemukan untuk menyembuhkan infeksi virus ini. Tetapi tahukah Anda jika penebaran virus itu bisa dihindari dengan perlakuan gampang seperti membersihkan tangan?

Apa Anda ketahui kapan dan langkah membersihkan tangan yang betul? Simak artikel berikut agar bisa menahan, tidak cuman infeksi Coronavirus, tetapi beberapa penyakit menyebar yang lain.

Coronavirus atau “Coronavirus disease 2019” (COVID-19) sebuah virus baru yang mengakibatkan masalah pada mekanisme pernafasan pada manusia dan bisa menyebar antara setiap orang. Virus ini diketemukan pertama kalinya pada suatu tempat di Cina namanya Wuhan. Sampai 22 Maret 2020, ada 292.142 kasus terverifikasi dari beragam negara, terhitung Cina, Singapura, Malaysia, Jepang, Vietnam, Australia sampai Perancis, Amerika Serikat dan Indonesia.

Tanda-tanda dari virus ini bisa berbentuk demam, batuk, dan napas sesak. Bila kalian alami tanda-tanda itu, terutamanya untuk yang dalam kurun waktu dekat mempunyai contact dengan seorang yang baru datang dari Cina atau seorang yang baru melancong di luar negeri, berharap kontrol diri Anda ke sarana kesehatan paling dekat.

Seorang bisa disebarkan Coronavirus lewat droplet dari aliran pernafasan yang dibuat ketika orang terkena bersin atau batuk, serupa dengan influenza atau virus aliran pernafasan yang lain menyebar. Proses penyebaran bisa dilanjutkan jika seorang sentuh object yang ada droplet virus itu selanjutnya sentuh mulut, muka atau mata sendiri atau bahkan juga seseorang.

Karena itu penting untuk kita jaga kerbersihan, satu diantaranya yakni dengan membersihkan tangan. Membersihkan tangan kemungkinan kelihatan gampang dan kerap disepelekan sampai dilalaikan. Tetapi tahukah Anda jika membersihkan tangan sebagai satu hal yang penting di dunia klinis, sampai Federasi Bangsa-Bangsa (PBB) membuat suatu kampanye global untuk mengatakan tiap tanggal 15 Oktober ialah Hari Bersihkan Tangan Gunakan Sabun Sedunia (HCTPS).

Banyak sekali penyakit yang bisa disebarkan seperti penyakit aliran pernafasan, diare, infeksi cacing dan penyakit kulit. Dengan membersihkan tangan, tingkat infeksi aliran pernafasan bisa turun sampai 16-25%. Lantas kapan saat yang pas untuk kita perlu membersihkan tangan? Menurut Centers for Disease Kontrol
and Prevention (CDC) dan Kementrian Kesehatan, berikut saat kita perlu membersihkan tangan:

1. Saat sebelum, saat, dan setelah mempersiapkan makanan.
2. Sebelum serta sesudah makan.
3. Saat sebelum menyusui bayi.
4. Sebelum serta sesudah mengasuh seorang yang sakit di dalam rumah.
5. Sesudah buang air.
6. Sesudah bersin atau batuk.
7. Sesudah sentuh sampah.
8. Sesudah melakukan aktivitas seperti menulis, sentuh uang, hewan atau binatang, bercocok tanam.

Sesudah ketahui saat yang pas untuk membersihkan tangan, Anda pun perlu ketahui beberapa langkah yang pas untuk membersihkan tangan secara benar. Menurut Kementerian Kesehatan, membersihkan tangan terdiri dari 5 cara:

1. Basahi semua tangan sama air bersih yang mengucur.
2. Mengambil dan gosok sabun ke wilayah telapak, punggung tangan, dan antara jemari.
3. Membersihkan sisi bawah kuku.
4. Basuh tangan sama air bersih yang mengucur.
5. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu atau dengan diangin- anginkan.

Disarankan untuk membersihkan tangan sepanjang 20 detik, ataupun lebih gampang dengan menyanyikan lagu “selamat ulang tahun” sekitar 2x. Jika tidak ada sabun dan air mengucur, bisa memakai hand sanitizer yang mengandung alkohol minimum 60%.

Tidak susah kan? Dengan lakukan hal yang gampang ini, Anda bisa menahan infeksi virus dalam diri sendiri, orang sekeliling, serta komune seperti keluarga dan tempat kerja. Tiap hari Anda melakukan aktivitas, ingat-ingatlah selalu untuk membersihkan tangan di saat yang pas secara benar hingga Anda terbebas dari infeksi virus.

Sumber: Modul Evaluasi Bahasa Indonesia Kemdikbud

2. Bagaimana Jadi Pimpinan Berpengaruh Besar Untuk Organisasi?

Kepimpinan tak pernah penting saat ini. Organisasi dari tiap ukuran saat ini bergelut dengan komplikasi yang belum sempat terjadi awalnya yang disebabkan karena VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity) yang paling intens, penekanan kompetisi yang bertambah, dan keinginan pegawai yang bertambah.

Tuntutan yang dikasih ke beberapa pimpinan sekarang ini menjadi agen peralihan yang punya pengaruh belum sempat terjadi awalnya. Mereka yang mendapati diri mereka naik lewat barisan kepimpinan kerap didorong untuk menggerakkan team mereka ke tingkat yang baru dan mainkan peranan aktif dalam membuat organisasi mereka untuk ikuti pasar dan transisi usaha yang berkembang cepat sekarang ini.

Berkembang dan bertahan di lingkungan baru ini benar-benar tergantung pada tipe kepimpinan yang akurat. Sebuah kepimpinan dengan imbas yang besar.

Apakah arti berpikiran seperti pimpinan yang berpengaruh berpengaruh besar? Pertimbangan pimpinan berpengaruh besar membutuhkan pengetahuan rintangan kepimpinan periode panjang untuk memberi nilai dalam periode panjang. Nilai-nilai membuat faktor penting dari kepimpinan dan bisa memberitahukan bagaimana seorang pimpinan berpikiran dan membuat keputusan.

Menyesuaikan kepimpinan dengan nilai-nilai individu bisa ke arah pada kepimpinan yang positif dan mempunyai arah yang sesuai saat ini dan masa datang . Maka, nilai-nilai apakah yang dapat mencolok? Untuk saya, itu ialah nilai yang didapat dari berasa nyaman dengan realita jika mereka tidak mempunyai semua jawaban, sebuah keadaan yang terlampau umum di dunia yang kompleks sekarang ini.

Pimpin ialah mengenai ajukan pertanyaan yang pas dan bawa sudut pandang baru, memungkinkannya seseorang jadi sumber gagasan. Salah satunya langkah untuk tingkatkan ini dalam praktek riil dengan mengaplikasikan konsentrasi pada “kepimpinan terbagi”: makin banyak organisasi menebarkan kepimpinan ke semua susunan mereka, makin efisien kita.

3. Daya Kopi Ekselsa Wonosalam

Sejauh ini orang mengenali teritori Wonosalam, Kabupaten Jombang sebagai salah satunya sentral durian di Jawa Timur. Tidak salah memang karena Wonosalam hasilkan durian Bido, durian epidemik yang sudah dianggap kelebihannya oleh kementerian pertanian semenjak 2006 lalu lewat SK Mentan No. 340/Kpts/SR.120/5/2006. Akan tetapi, Wonosalam dikenal juga sebagai teritori pemroduksi kopi khususnya kopi ekselsa yang paling menjadi legenda.

Mungkin tidak beberapa orang yang mengenali kopi ekselsa karena banyaknya tidak kebanyakan. Cuman sekitaran 5 % dari semua peredaran kopi dunia. Akan tetapi, kopi ekselsa memiliki cita-rasa yang unik dan eksotik. Kopi ekselsa Wonosalam memiliki cita-rasa fruity, tasty, floraly, chocolaty, dan creammy hingga jadikan kopi ini mempunyai kekhasan tertentu.

Disinyalir jika tanaman kopi ekselsa di Wonosalam telah ada semenjak jaman Belanda, sekitaran awalnya 1900 sebagai alternatif tanaman kopi arabika dan robusta yang hampir habis terkena penyakit. Sementara riwayat perkebunan kopi di Wonosalam sendiri telah ada semenjak 1800-an. Periset Inggris, Alfred Russel Wallace pada 1861 saat mengelana ke Jombang, sempat berkunjung kebun-kebun kopi di Wonosalam dalam rencana kumpulkan spisemen burung merak dan ayam rimba.

Catatan lain mengatakan jika beberapa nama desa dan dusun yang sekarang ini masuk daerah Kecamatan Wonosalam semenjak 1850-an sebagai daerah peningkatan ondernemin atau perkebunan kopi sebagai sisi dari daerah Onderdistrict Kasembon, District Ngantang, Regentschap Malang. Beberapa nama perkebunan itu diantaranya Pengadjaran, Wonomerto, Segoenoeng, Tjarangwoeloeng, Wonokerso, Pangloengan, dan Bagongan.

Budidaya tanaman kopi ekselsa ini rata di sembilan dusun yang berada di Kecamatan Wonosalam, khususnya pada teritori dengan elevasi kurang dari 700 mtr. dpl. Sementara di atas ketinggian itu menguasai diperkembangkan kopi robusta dan arabika.

4. Menyamakan PTM dan Evaluasi “Online”

Beberapa sekolah di beberapa wilayah mulai mengadakan Evaluasi Lihat Muka Terbatas (PTMT). Dikerjakannya Evaluasi Lihat Muka (PTM) menua kontra dan pro di kelompok warga; yang pro berargumen karena evaluasi online yang hampir satu tahun 1/2 lebih jalan tingkatkan learning loss dan jadi parah learning jarak.

Untuk yang melawan, PTM menjadi cluster baru penebaran Covid-19 yang mulai menerpai, dan memutuskan untuk masih tetap memprioritaskan keselamatan. Kasus Covid yang tinggi pada anak-anak –12,6% anak positif Covid 19 (Satuan tugas Covid-19, 25/6/2021)– masih menghantui orang-tua. Ini jadi lumrah karena memprioritaskan keselamatan jiwa di atas segala hal.

Jika kita mengarah pada peraturan Menteri Pengajaran dan Kebudayaan Nadiem Makarim bersama dengan Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Kesehatan, tutorial PTMT memang sangat ketat; patuhi prokes, pengajar harus telah divaksinasi, PTM cuman dikerjakan 50% dan digabungkan dengan PJJ, kantin sekolah ditutup, dan aktivitas extra dihilangkan.

Tetapi kita harus juga belajar dari peristiwa awalnya, saat pemerintahan keluarkan peraturan PTMT dengan buku petunjuk pembelajarannya di awal Juni 2020, tetapi di akhir Juni pemerintahan kembali koreksi peraturan PTMT bersamaan dengan semakin naiknya kasus Covid-19 hingga hampir semua sekolah kembali melakukan PJJ. Peristiwa itu tidak diharap terulang lagi, tetapi kita harus siap dengan semua peluang yang terjadi, yaitu melakukan PTM dengan prosedur yang ketat sekalian tingkatkan kualitas evaluasi online.

Pengajaran ialah proses membimbing, ketahui, dan latih peserta didik supaya jadi manusia sepenuhnya dengan belajar proses dari kehidupan. Selama saat wabah Covid-19, ada beberapa yang lenyap proses dari pengajaran. Berdasar banyak pengkajian, evaluasi online belum optimal hingga learning loss dan learning jarak dan lenyapnya pengokohan watak peserta didik jadi intimidasi berbahaya untuk masa datang.

Learning loss muncul karena kualitas evaluasi yang cuman mengalihkan ruangan kelas ke kelas online sudah membuat anak jemu, motivasi belajar anak rendah, dan orang-tua yang depresi. Pendekatan, taktik, dan tehnik mengajarkan online rupanya tidak dapat menghidupkan nafsu peserta didik. Ini pasti dapat dimengerti karena Covid-19 tiba sebagai musibah yang tidak diperkirakan, tetapi ini menjadi pelajaran untuk semua untuk berbenah yang akan datang.

Dan learning jarak muncul karena ada disparitas infrastruktur. Indonesia mempunyai 75 ribu dusun dan 20 ribu salah satunya belum tersambung internet. Indonesia mempunyai 214 ribu sekolah, ada 80 ribu sekolah yang belum tersambung ke internet. Tragisnya sekolah yang tersambung ke internet cuman dipakai jaringannya saat UNBK, alias saat ujung akhir sekolah saja. Dalam sehari-harinya jaringan itu tidak dipakai, bagaimana guru dan peserta didik jadi terbiasa dalam literatur digital.

5. Siap-siap Menyongsong Asesmen Nasional
Pada September dan Oktober 2021 ini, Kementerian Pengajaran Kebudayaan Penelitian dan Tehnologi (Kemendikbudristek) akan mengadakan Asesmen Nasional yang disebut penilaian mekanisme pengajaran pada tingkatan pengajaran dasar dan pengajaran menengah. Pertama kalinya dikatakan ke khalayak pada 11 Desember 2019, Asesmen Nasional sebagai salah satunya inovasi Mendikbudristek Nadiem Makarim yang berani mengakhiri penerapan Ujian Nasional dan jadi sisi dari paket pertama peraturan pembenahan pengajaran di Indonesia yang dikenali dengan Merdeka Belajar.

Saat sebelum Asesmen Nasional, Indonesia sudah mempunyai dan melakukan beberapa mekanisme penilaian, terhitung ikuti penilaian yang dikerjakan oleh instansi internasional. Penilaian yang diadakan oleh Kemendikbudristek mencakup Ujian Nasional Berbasiskan Computer (UNBK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Asesmen Kapabilitas Pelajar Indonesia (AKSI).

Dalam pada itu, pelajar-siswa Indonesia ikuti penilaian yang dikerjakan oleh instansi internasional seperti survey The Trends in International Mathematics and Science Studi (TIMSS), The Progress in International Reading Literacy Studi (PIRLS), dan Programme for International Student Assessment (PISA).

Dengan kehadiran beberapa mekanisme penilaian itu, kedatangan Asesmen Nasional diharap bisa menambal keperluan yang belum didapat dari mekanisme yang ada itu. Berlainan dengan Ujian Nasional sebagai tanda kesuksesan pelajar sebagai pribadi, Asesmen Nasional sebagai penilaian mekanisme tidak mempunyai resiko pada pelajar yang ikuti asesmen. Asesmen Nasional tidak hasilkan score pribadi pelajar, guru, atau kepala sekolah.

Dalam Asesmen Nasional, penilaian dilaksanakan pada hasil belajar pelajar yang fundamental (literatur, numerasi, dan watak) dan kualitas proses mengajar-belajar dan cuaca unit pengajaran yang memberikan dukungan evaluasi. Info itu didapat dengan 3 instrument khusus, yakni Asesmen Kapabilitas Minimal (AKM), Survey Watak, dan Survey Lingkungan Belajar.

Dalam pada itu, belajar pengalaman dari Ujian Nasional yang punya pengaruh pada citra sekolah dan pemda hingga beragam langkah dilaksanakan supaya kelihatan sukses dalam Ujian Nasional, karena itu pada Asesmen Nasional hasil asesmen akan diperlihatkan dengan menghindar penilaian dan pemberian label negatif pada sekolah dan wilayah. Menurut Kemdikbudristek, hasil Asesmen Nasional cuman bisa disaksikan oleh sekolah masing-masing dan Dinas Pengajaran (Kemdikbudristek, 2021).

Ada banyak argument kenapa Asesmen Nasional perlu dan penting untuk diadakan. Pertama, dengan keadaan wabah Covid-19 yang memaksakan proses belajar mengajarkan dikerjakan dari rumah pada keadaan genting, sudah munculkan kekuatiran mengenai lenyapnya peluang belajar (learning loss) untuk banyak pelajar. Ada banyak imbas negatif dari keadaan wabah Covid-19 pada pelajar yang belajar dari rumah, misalkan berkurangnya proses pembangunan watak, timbulnya penekanan psikososial, dan berkurangnya motivasi pelajar sampai pelajar cepat jemu dan tidak ingin belajar (Kusumastuti, 2021).

S/d sekarang ini belum ada data yang mendalam mengenai berapa besar, pada siapa, di mana, dan kenapa learning loss terjadi. Asesmen Nasional perlu ambil peranan ini, dengan memetakkan learning loss di semua Indonesia dan jadi data awalnya (baseline) dalam rencana tentukan peraturan atau interferensi pemerintahan yang pas sama sesuai persoalan yang terjadi di atas lapangan.

Ke-2 , sejauh ini mekanisme penilaian pengajaran pada beberapa sekolah banyak dirasakan oleh guru dan kepala sekolah karena membuat konsentrasi untuk lakukan pekerjaan mengajarkan jadi terusik oleh masalah administratif yang repot misalkan borang penilaian yang terpisah-pisah, bertumpang-tindih, dan berulang-ulang (tidak efektif). Bahkan Presiden Joko Widodo juga pernah mengeluh beberapa guru dan kepala sekolah lebih repot mengurusi SPj (Surat Pertanggungjawaban) dibandingkan mengajarkan. Kedatangan Asesmen Nasional diharap bawa peralihan pada mode penilaian pengajaran yang condong administratif itu dan betul-betul ditujukan untuk menggerakkan pembaruan kualitas evaluasi.

Ke-3 , untuk lakukan pembenahan yang lengkap atas persoalan pengajaran, dibutuhkan penskalaan atas persoalan yang ada di atas lapangan secara detil. Sejauh ini peraturan yang kerap dipakai dalam pembenahan di beberapa daerah di Indonesia condong memakai pendekatan “one size fits all” secara hebat down. Walau sebenarnya tidak seluruhnya wilayah mempunyai watak persoalan yang serupa hingga perlu pendekatan yang lebih sesuai keadaan yang ditemui masing-masing wilayah atau sekolah.

Dari Survey Lingkungan Belajar sebagai sisi Asesmen Nasional yang menghitung kualitas evaluasi, cuaca keamanan dan inklusivitas sekolah, refleksi guru, praktek edukasi, dan background keluarga pelajar, diharap didapat info yang bermanfaat untuk lakukan analisis permasalahan dan rencana pembaruan evaluasi oleh guru, kepala sekolah, dan dinas pengajaran. Ini diharap menolong sekolah dalam membuat peraturan untuk tingkatkan kualitas evaluasi sesuai persoalan yang ditemui.
6. “Second Rencana” Pengajaran Kita

Mulai menerpainya kasus aktif Covid-19 memberi sececah keinginan untuk dunia pengajaran yang seperti mati suri dengan peraturan on-off sesuaikan keadaan Covid-19. Keadaan ini pasti mendatangkan euforia kembali lagi ke sekolah dengan belajar bertemu muka. Akan tetapi, sambil menanti habis periode “larangan” masuk sekolah selama saat PPKM ini, perlu sekiranya kita dapat menyiapkan semua sesuatunya, sambil mengurus supaya euforia kembali lagi ke sekolah tidak terlalu berlebih.

Harus dianggap, magnet keceriaan saat bersekolah sedikit-banyak lenyap ditelan wabah. Kapan kembali kita bisa menyaksikan senyuman terlepas anak-anak sekolah? Kita terpikir-bayang begitu berbahagianya saat keceriaan itu telah kembali. Keceriaan saat menyaksikan anak-anak mengenakan seragam sekolah, bersendau canda dengan rekan sekolahnya.

Di tepi jalan, sekalian meneguk minuman dingin ciri khas jajan anak sekolah, sama-sama bercerita asyiknya belajar dalam kelas. Atau berkelindan kata berencana jadwal bermain melepaskan capek kerjakan masalah. Demikian cair, walau sedikit canggung awalannya. Tetapi tidak kenapa, untuk mengawali suatu hal yang akan cantik yang akan datang.

Kita optimis, raut kesukacitaan akan kembali terlihat dari muka anak-anak. Keceriaan yang kemungkinan terlihat berlainan daripada pada ketika bermain bersama. Kemungkinan mereka yang cerah berseragam sekolah barusan ialah mereka juga yang sering bermain bersama. Share keceriaan di perpustakaan, di kantin, dan pojok-pojok sekolah, dengan masih tetap jalankan prosedur kesehatan saat belajar dalam zaman rutinitas baru.

Tetapi, keceriaan itu dapat saat itu juga sirna. Pada saat, keinginan tinggi bersekolah tidak disertai dengan ketaatan, keterdisiplinan dalam mengaplikasikan prosedur kesehatan. Minimal ini kelihatan, ada banyak anak yang berkerubung, bahkan juga tidak menggunakan masker. Walau kasus harian di banua kita relatif aman, tapi tidak berarti abai dengan “kewajiban” saat ada di sekolah atau lingkungan sekolah.

Janganlah sampai euforia belajar bertemu muka di sekolah, jadi kerugian terutamanya untuk keselamatan dan kesehatan semua masyarakat sekolah.

Ada wabah minimal mengajari ke kita supaya bukan hanya diam dan membuat keadaan pengajaran kita tersuruk. Banyak inovasi pengembangan yang dapat kita coba aplikasikan supaya kita tak lagi terkejut saat hadapi keadaan sama. Pertama, tidak boleh sekedar memercayakan belajar bertemu muka.

Evaluasi bertemu muka memang jadi asset bernilai pengajaran kita. Dengan belajar bertemu muka, secara psikis memberi garansi jika anak telah sekolah, dan guru telah mengajarkan. Simpelnya, dengan belajar bertemu muka, karena itu telah luruh kewajiban bersekolahnya. Pasti bukan demikian; ada urgensi dari belajar bertemu muka, yakni memberi pengetahuan lebih dalam mengenai satu pengetahuan daripada di saat belajar online.

Ke-2 , tidak boleh terus mempersalahkan belajar online. Pada suatu aktivitas supervisi mahasiswa tuntunan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), saya memperhatikan jika praktikkan yang sudah dilakukan dengan mekanisme online rupanya malah interaktif dan menarik.

Guru dapat menerangkan dengan animasi menarik, pelajar semangat belajar, menjawab masalah, aktif menjawab. Dengan catatan, guru praktikkan mengepak evaluasi secara baik. Membuat powerpoint yang eye-catching, terus berhubungan dengan beberapa pelajarnya, komunikasi dua arah, menulis dengan papan catat digital, malah kelihatan kece.

Memang, ada persyaratan dan ketetapan yang perlu disanggupi bila memang belajar mekanisme online dengan manfaatkan beragam basis digital, intinya ialah fasilitas dan prasarana pengajaran yang merengkuh semua pelajar sampai ke wilayah 3T.

Besarnya bujet pengajaran 20% dari APBN di setiap tahunnya, pasti makin lama dapat mem-backup pemenuhan sarana pengajaran, baik HP, internet, sampai ke wilayah penjuru. Hingga, semua anak negeri dapat terhubung inti pengajaran era ke-21, pengajaran zaman disrupsi, pengajaran di zaman 4.0 atau 5.0 . Maka, ada-tidaknya wabah, evaluasi dengan mekanisme online ini ialah alternative jalan keluar di saat evaluasi bertemu muka masih kosong kontributor.

Ke-3 , belajar tidak boleh kembali fokus pada nilai kognitif saja. Ide merdeka belajar yang digaungkan Mendikbud sangat pas untuk memutuskan rantai lingkaran setan dari belajar sekedar cari nilai, bukan kepahaman dan arti belajar yang dihubungkan dengan kerangka riil. Hapus jiwa-jiwa yang suka fokus pada prestasi dari sisi kognitif dan cendekiawan semata-mata. Mengeliminasi gelar juara kelas, rangking, dan sejenisnya.

Apakah arti bersaing dan berlomba-lomba untuk raih prestasi akademis itu tidak baik? Pasti bagus. Permasalahannya hanya pada intisari yang ditestingkan, intisari yang ditestingkan, masih bergelut pada bahan hafalan, belum pada bahan yang arahkan peserta didik alias pelajar pada rutinitas menganalisa, menilai, sekalian mengkreasi.

7. Pascawisuda Ingin ke Mana?
Jadi alumnus perguruan tinggi dengan gelar akademis yang dipakai sebagai kebahagiaan tertentu dari deretan perjalanan akademis untuk seorang mahasiswa di dunia akademis. Selebrasi atas kesuksesan perjuangan akademis itu pantas untuk dirayakan dengan penuh rasa sukur, senang, dan gegap gempita. Minimum dia sudah sukses lewat satu tingkatan dari demikian tingkatan akademis yang mengikuti sepanjang berusaha jadi seorang mahasiswa.

Walau harus dianggap acara wisuda bukan tingkatan akhirnya perjalanan akademis yang berkaitan, kebalikannya sebagai set baru dalam melalui kehidupan riil di atas lapangan, yang tentu saja berlainan dengan dunia universitas sejauh ini.

Dalam kerangka kesarjanaan tentu hal yang dicari sesudah lulus ialah tugas, khususnya tugas kantoran. Tidak bekerja kemungkinan kata yang paling menyakitkan untuk beberapa sarjana. Beberapa sarjana akan usaha melamar kerja ke situ kesini dengan modal selembar ijazah cuman untuk menempelkan status pegawai atau PNS. Tetapi banyak pula yang tidak bekerja karena tidak mendapatkan tugas “kantoran”.

Lalu pertanyaan seterusnya, apa kuliah disiapkan untuk tugas yang karakternya “kantoran”? Apa gelar sarjana berperan membuat beberapa sarjana malu bekerja selainnya “kantoran”? Anggapan dasar beginilah yang penting kita lempengkan bersama.

Kuliah bukan mutlak untuk tugas, tetapi kuliah mutlak untuk cari ilmu dan pengetahuan. Dan tugas tidak perlu mengikat dengan gelar kesarjanaan. Sarjana akan usaha memperoleh pekerjaan “kantoran” walau tidak sesuai gelar kesarjanaan, yang pada akhirannya tidak ada keproduktifan yang memiliki arti dari tugas yang ditekuninya dan prestasinya akan terus-terusan turun.

Keadaan ini tentu bikin rugi beberapa sarjana tersebut akan hal disiplin ilmunya yang tidak kepakai dan terus terlilit di suatu keadaan di mana ia tidak bisa berkreativitas.

Jika dimengerti bersama, beberapa sarjana sesudah lulus tak lagi mencari kerja, tetapi “membuat” tugas di mana beberapa sarjana bisa berperan kurangi pengangguran bukan malah menambahkan pengangguran. Tetapi tak perlu disimpulkan salah jika berpeluang jadi pegawai atau PNS sesudah kuliah.

Yang sayang ialah beberapa sarjana yang cuman memercayakan selembar kertas bertanda tangan rektor untuk tugas dan tidak ingin memercayakan daya berpikir dan kreasi untuk tugas yang lain, wiraswasta misalkan.

Untuk beberapa sarjana akademiki sejati mereka terus akan lakukan riset sama sesuai aplikasi sektornya bahkan juga meneruskan tingkatan pengajaran ke yang semakin tinggi. Riset-penelitian itu akan dicetak dan jadi hak cipta. Itu cuman bakal ada untuk beberapa sarjana yang berpikir forward vision . Maka semua opsi ada di beberapa sarjana, bergantung langkah berpikiran, ide, rencana beberapa sarjana itu. Pascawisuda ingin ke mana? Anda yang tentukan!

Untuk beberapa orang, lulus study sering jadi sebuah ironi, mendatangkan kebanggaan dan kegundahan sekalian. Bawa kebanggaan karena terwujudkan sasaran study secara baik dan prima, tetapi sering munculkan kegundahan karena ditempatkan pada opsi ketidakjelasan akan apa yang perlu dilaksanakan sesudah lulus dari study.

Kegundahan, ketidaktahuan, kegamangan, dan ketidakjelasan ini khususnya disebabkan karena ketidaksiapnya beberapa alumnus perguruan tinggi dalam hadapi set baru dari hidupnya pascastudi. Disamping itu, juga bisa karena minimnya wacana, motivasi ,dan keyakinan diri dalam hadapi kapabilitas di dunia kerja dan di kehidupan warga secara luas.

Bayang-bayang akan sempitnya kesempatan kerja dan jumlahnya pengangguran di negeri ini jadi momok yang menghantui pemikiran beberapa alumnus baru (fresh graduates).
8. Ke arah Pariwisata Memiliki daya Bantu Lingkungan

Sesudah kasus Covid 19, Indonesia menjadi lagi perhatian dunia internasional. UNESCO minta pemerintahan untuk hentikan project pembangunan infrastruktur pariwisata di Taman Nasional Komodo. Pembangunan itu dipandang bisa menghancurkan lingkungan dan mengusik komunitas Komodo. Bahkan juga belum lakukan pengkajian berkenaan imbas lingkungan.

Keinginan UNESCO disongsong kontroversi dalam negeri. Aktivis lingkungan berasa memperoleh udara segar, dan Gubernur NTT mengatakan pembangunan telah menimbang semua faktor terhitung lingkungan.

Pemerintahan perlu jadikan peringatan UNESCO sebagai warning dalam pengendalian rekreasi alam. Pengendalian rekreasi alam harus fokus kelestarian ekosistem dibanding arah ekonomi semata-mata. Kelestarian akan jaga kebersinambungan daya magnet rekreasi alam hingga keuntungan ekonomi terus akan bertahan. Tetapi jika peningkatan tanpa menimbang lingkungan karena itu keuntungan cuman bisa dirasa dalam periode pendek.

Indonesia dipanggil sebagai zamrud khatulistiwa karena mempunyai keelokan alam dan keberagaman hayati. Panggilan itu membuat beberapa tempat wisata jadi tujuan wisatawan luar negeri. Pulau Bali, Wakatobi, Raja Ampat, Lombok, Labuan Bajo, atau Bunaken ialah contoh tempat wisata kelas dunia. Modal given ini pengurusaannya harus diberlakukan seperti sumber daya yang tidak bisa diperbarui.

Saat sebelum ada wabah COVID-19, pariwisata menggenggam peranan penting dalam ekonomi di Indonesia. Data Kementerian Pariwisata memperlihatkan jika bidang pariwisisata berperan 4,8% ke Produk Lokal Bruto (PDB) pada 2019. Tenaga kerja bidang pariwisata capai 12,tujuh orang atau 10% dari keseluruhan warga yang bekerja.

Disamping itu, jumlah akseptasi devisa negara tidak bisa di anggap remeh. Pada 2018, devisa bidang ini capai Rp 229 triliun rupiah. Keadaan ini membuat beberapa faksi ingin ambil faedah ekonomi dari bidang pariwisata.

Pengendalian rekreasi perlu menimbang daya bantu dalam memberikan dukungan wisatawan yang bertandang. Pengertian daya bantu ialah kekuatan lingkungan hidup untuk memberikan dukungan perikehidupan manusia, makhluk hidup lain, dan kesetimbangan antara ke-2 nya (UU nomor 32 tahun 2009 mengenai Pelindungan dan Pengendalian Lingkungan Hidup).

Ekosistem sebagai daya magnet rekreasi alam memiliki batas tertentu untuk memberikan dukungan aktivitas rekreasi. Jika batas itu terlewati, karena itu bisa menghancurkan dan mengusik ekosistem.

Pembangunan infrastruktur pariwisata mempunyai tujuan untuk memancing ketertarikan hingga tingkatkan lawatan jumlah wisatawan. Kenaikan dicemaskan menambahkan penekanan pada lingkungan hidup. Disamping itu, pembangunan akan mengalihfungsi tempat yang semestinya mempunyai peranan lindung seperti peresapan air atau penangkalan longsor. Pembangunan infrastruktur pariwisata harus ditelaah lebih detil khususnya efeknya pada lingkungan.

Pemerintahan semestinya bukan hanya menyaksikan jumlah pengunjung sebagai tanda kesuksesan pengendalian bidang pariwisata. Jumlah wisatawan yang terlalu berlebih bisa berpengaruh negatif seperti kerusakan alam, flora-fauna depresi, atau munculnya sampah. Jika keadaan itu didiamkan akan kurangi kenyamanan dan mengakibatkan sedih wisatawan yang bertandang.

Disamping itu, jumlah wisatawan yang kebanyakan tanpa disertai oleh pemantauan akan berpengaruh negatif. Kurang kuatnya pemantauan bisa memunculkan sikap wisatawan tidak bertanggungjawab. Vandalisme atau aktivitas yang menyalahi ketentuan umum terjadi di objek rekreasi. Apa lagi sesudah ada sosial media, banyak wisatawan sekedar hanya ikuti trend tanpa menimbang efeknya.

Dua rugi khusus jika rekreasi alam dieksplorasi tanpa memerhatikan daya bantu. Pertama, faedah ekonomi akan menyusut karena jumlah wisatawan menyusut karena kerusakan atau lenyapnya daya magnet alam. Warga akan kehilangan beberapa penghasilannya dan penghasilan asli wilayah (PAD) turun.

Rugi ke-2 ialah lenyapnya keelokan alam dan keaneragaman hayati. Aktivitas wisatawan dkhawatirkan mengusik komunitas flora-fauna sangat jarang. Apa lagi komodo yang disebut hewan purba dan cuman ada di Pulau Komodo. Ini sebagai kegelisahan khusus aktivis lingkungan hidup.

Ada banyak contoh teritori rekreasi yang alami pengurangan peranan ekosistem karena masifnya lawatan wisatawan. Cladio Milano dalam bukunya Overtourism dan Tourismphobia bercerita imbas negatif masifnya wisatawan di Venesia. Jumlah lawatan yang terlalu berlebih mengakibatkan menghancurkan panorama dan dasar gedung monumental. Maladewa alami persoalan sampah karena bertambahnya jumlah wisatawan dan tempat untuk pemrosesan sampah terbatas.

9. Apakah benar Guru Rileks dengan PJJ?
Wabah yang tetap berguling menggelisahkan banyak orang-tua. Antara keluh kesah itu ialah beberapa tugas sekolah yang menimbun, beban paket internet, dan fasilitas belajar seperti netbook dan HP yang kurang oke.

Keluh kesah yang lain ialah ketagihan games dan musik ala-ala Korea. Beberapa orang-tua bahkan juga mengeluhkan karena anaknya tidak memahami materi belajar, hingga harus memberikan tuntunan belajar extra di luar jam sekolah online, seperti les tambahan atau orang-tua yang menyempatkan diri menuntun. Hingga cukup banyak antara orang-tua yang melemparkan sindiran di situs Facebook yaitu periode wabah kerja guru jadi rileks karena ada peraturan work from home (WFH). Apakah benar begitu?

Dengar sindiran itu saya tersenyum. Mereka yang berceletuk pasti bukan seorang guru. Bila sama-sama guru, saya yakinkan tidak bakal ada sindiran semacam itu. Jadi guru saja membutuh sekolah minimal S1. Apa lagi guru SD seperti saya. Kuliah S1 saja kurang cukup bila belum linier. Harus sekolah kembali jalur Pengajaran SD. Dan pekerjaan guru itu masih sama meskipun harus mengajarkan dari rumah (WFH).

Pekerjaan guru tidak terus-terusan mengajarkan dan mendidik siswa. Guru harus mempersiapkan piranti evaluasi, isi jurnal harian, membuat media evaluasi bahkan juga saat ini lebih banyak guru yang membuat media evaluasi dengan video dan diupload ke saluran YouTube. Mempersiapkan materi atau bahan ajar, helai kerja untuk siswa dan rubrik penilaiannya. Kemudian guru harus koreksi dan masukkan nilai siswa ke kolom yang sudah disiapkan oleh mekanisme.

Seakan waktu 24 jam itu kurang untuk guru. Ditambah saat peristiwa nasional seperti hari kemerdekaan, hari guru, dan hari pengajaran. Guru harus mempersiapkan bermacam lomba. Tentukan juara dan mempersiapkan hadiah. Selanjutnya mempersiapkan psikis siswa dengan suntikan motivasi.
10. Wabah, Pahlawan, dan (Fantasi) Media Sosial

Apa yang umum dilaksanakan beberapa orang saat pada keadaan genting? Menelepon service 110 kepolisian? Menelepon service 118/119 ambulans? Atau menghubungi service 113 petugas kebakaran?

Mungkin beberapa orang terlampau grogi dan cemas untuk panggil service itu. Bisa saja tidak sempat. Beberapa orang akan repot cari bantuan pertama hadapi kecemasan. Rekan, keluarga, atau tetangga sekitaran yang kita panggil.

Tetapi, bantuan pertama itu mungkin tidak ada. Sepanjang peraturan PPKM Genting dan banyak kebijakan lalu (atau mendatang) berkaitan wabah, sedikit yang dapat kita kerjakan. Kita sudah terkurung dan terjerat pada sebuah ruang dan dikacaukan fantasi yang serupa. Kita rasakan bagaimana kesusahan cari sepeser rupiah. Sebagian dari kita bahkan juga cuman dapat mainkan sendok dan piring kosong yang sama-sama saut.

Pemikiran kita terus dibayang-bayangi oleh tawa anak dan keluarga di dalam rumah. Tidak tega rasanya memikirkan tawa mereka beralih menjadi derai air mata. Dapatkah keperluan keesokan hari terpenuhi? Itu sebuah pertanyaan mengiris hati.

Kita betul-betul dibikin chaos oleh wabah. Kita sama jalan dalam labirin keputusasaan. Belum genap satu minggu, satu, dua, tiga, sampai 4 orang diberitakan wafat. Ucapnya, terserang Covid-19. Kita bertanya, siapa kiranya pahlawan yang menjadi penyelamat di tengah-tengah kekalutan semacam ini?

Bila kita pernah dengar narasi Don Quixote de La Mancha, kita kemungkinan akan beramai-ramai menyebutkan Alonzo Quinjano sebagai pahlawan. Bersama kuda piaraannya yang dinamakan Rocinante, dan seorang rekan namanya Sancho Panza, mereka mengelana dari dusun ke dusun menumpas kejahatan. Alonzo dikenali luar biasa dalam menumpas kejahatan. Tidak ada satu juga lawan yang bisa lolos dari genggamannya. Alonzo betul-betul jadi pahlawan, bahkan bisa saja pada keadaan genting sekalinya.

Kedahsyatan Alonzo menumpas kejahatan dibungkus bagus oleh Miguel de Cervantes pada sebuah kreasi besar dengan judul Don Quixote de La Mancha (1605). Buku yang disebut sebagai kreasi fiksi terbaik selama hidup itu menceritakan mengenai liku-liku hidup Alonzo Quinjano jadi pahlawan. Alonzo menolong gadis-gadis yang tersika, menantang beberapa raksasa sampai menantang ketidakadilan.

Tetapi, apa yang terjadi bila Miguel de Cervantes malah justru mengganyang narasi Alonzo hanya buatan narasi dalam kepala? Akankah kita masih tetap jadikan Alonzo sebagai penyelamat kita? Kemungkinan tidak. Kita ketahui Miguel de Cervantes sudah membuat malu Alonzo dengan membuat terobsesi oleh romansa kesatria tahun 1500-an.

Alonzo yang sudah membaca banyak cerita dongeng mengenai kesatria, kehabisan akal sehat dan menderita fantasi. Kewarasan Alonzo alias Don Quixote terusik karena kebanyakan membaca. Dia tidak sanggup mengontrol pemikiran untuk membandingkan di antara realitas dan fantasi. Dia betul-betul pintar menghayal dan yakin jika dianya ialah figur pahlawan dalam narasi. Alonzo sudah menipu kita.

Tetapi nantikan. Fantasi cerita epik Alonzo betul-betul membius kita. Sebagian dari kita kemungkinan sudah seperti Alonzo. Mereka berlomba-lomba jadi pahlawan dan tawarkan jalan keluar atas kritis yang kita alami. Dalam suatu ruangan virtual, beberapa orang bicara taktik. Mereka sudah siap jadi garda paling depan menantang kritis ini.

Di satu segi, kita sudah jalan lumayan jauh melalui waktu. Tetapi sampai sekarang ini, kita tidak dipertunjukkan beberapa orang itu ada di garda depan. Mereka seperti pahlawan kesiangan. Mereka berdiri gagah menggenggam tombak di medan perang. Tetapi tidak dapat banyak berbuat. Kita dibikin kesal. Kita sedih. Bahkan juga, kita kemungkinan tidak akan kembali yakin dari mereka.

Pada akhirannya kita dirundung keputusasaan. Pahlawan yang kita tunggu, tidak dapat banyak berbuat. Kita putuskan tinggalkan pahlawan itu. Lantas, kembali diam di ruangan sosial media. Di situ, kita dapat hidup bebas. Tanpa takut terserang virus. Tanpa takut anak kelaparan, dan tanpa dilanda kematian.

Sosial media ialah surga dunia untuk beberapa orang yang patah semangat. Kita tidak perlu berusaha keras cari suatu hal yang susah kita bisa di dunia realitas. Sosial media tawarkan seribu satu kebahagiaan. Kita dapat secara mudah menelusuri beberapa sudut dunia. Berjumpa beberapa orang baru dan kenalan beberapa orang tanpa kebimbangan. Untuk tiap kejadian dan kondisi, kita dapat membagi dan ketahuinya di sini. Kita betul-betul sama-sama tersambung. Tanpa penyekat dan diskriminasi. Kita betul-betul rayakan keputusasaan.

Sebuah perusahaan media asal Inggris, We Are Social yang bekerja bersama dengan Hootsuite dalam Digital 2021: The Latest Insights Pokok The State of Digital, melaunching rerata orang Indonesia habiskan tiga jam 14 menit satu hari untuk terhubung sosial media. Range waktu itu jadi ke-2 paling tinggi di Asia, cuman di bawah Filipina yang habiskan 3,8 jam.

Beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, India, Vietnam, dan Singapura bergesekan dengan sosial media dalam range dua jam setiap hari. Dalam pada itu, Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, dan Korea Selatan sekitaran satu jam setiap hari. Jepang habiskan waktu sedikitnya, yaitu cuman 46 menit tiap hari.

11. Komunikasi yang Efisien untuk Penolak Vaksin
Sehabis rapat mingguan, ada yang cukup menjejal pemikiran saya. Bukan masalah ada permasalahan atau keluh kesah konsumen setia yang belakangan ini banyak yang ada. Tetapi pertanyaan dari atasan saya mengapa ada anggota dalam team saya belum divaksinasi Covid-19.

Saya baru mengetahui jika masih tetap ada seseorang dalam team saya belum siap turut vaksinasi. Karena telah memperoleh reminder, saya sendiri coba bertanya argumennya langsung. Sesudah bercakap-cakap lumayan singkat, pada akhirnya saya memperoleh argumen kenapa sampai sekarang ini anggota team saya itu malas divaksinasi.

Letak masalahnya ialah kebimbangan dari keamanan peristiwa saat imunisasi (KIPI), status kehalalannya dilihat dari pemikiran agama, dan tidak ada pressure dari management kantor saya. Contoh dari team saya ini memperlihatkan ada jarak info yang tidaklah sampai hingga masih tetap keukeh untuk tidak ingin turut vaksinasi.

Sebetulnya narasi di atas sebagai deskripsi gunung es. Terlihat kecil di atas, tapi ada banyak kasus penampikan vaksin di tengah-tengah warga. Dasarnya ialah masih rendahnya lingkup program vaksinasi Covid-19. Telah ada perkembangan memang, tapi tidak berarti. Walau sebenarnya di satu segi bila ingin wabah ini cepat usai, jalan keluarnya cuman satu yakni pemercepatan vaksinasi warga.

Berdasar data Kemenkes, sampai per 31 Juli 2021, sekitar 47 juta orang telah terima vaksin tahapan pertama atau sekitaran 22.75 % dari sasaran 208 juta jiwa. Sementara yang telah terima vaksin tahapan ke-2 lebih kecil kembali yakni baru 20 juta orang. Berikut yang perlu terus didorong oleh pemerintahan supaya yang menerima vaksin lebih banyak dan bisa lebih cepat. Karena berlomba sama waktu.

Untuk meraihnya, semua usaha kekebalan pada vaksin harus selekasnya ditangani. Yaitu dengan membuat taktik komunikasi yang pas untuk kelompok-kelompok penolak vaksin. Pengaturan taktik ini harus mengikutsertakan peranan dari faksi swasta, lembaga pengajaran, dan pimpinan keagamaan. Kedengar klise memang, tapi yakinlah itu salah satunya langkah yang kemungkinan dapat efisien jika dilaksanakan secara masif dan stabil.

Untuk beberapa pegawai swasta seperti saya ini, salah satunya cara yang dapat diambil ialah ada ketentuan semua pegawai harus divaksinasi. Pasti masih tetap ada pengecualian untuk yang benar ada masalah kesehatan dan keadaan tertentu yang menyebabkan tidak berhasil vaksin. Ini juga harus sesuai referensi dokter. Untuk yang tidak ada rintangan, karena itu harus divaksinasi, bila tidak siap kemungkinan dapat diberi ancaman.

Tetapi yang menjadi kekurangan sampai sekarang ini yakni tidak ada pantauan pemerintahan ke beberapa perusahaan. Walau sebenarnya pilihan ini dapat diambil untuk pastikan semua pegawainya telah terima vaksin. Apa lagi perusahaan mempunyai bargaining position yang cukup buat melakukan ketentuan itu.

Taktik komunikasi yang ke-2 ialah mengikutsertakan pemuka agama untuk publikasi jika vaksin ini halal. Sudah ada keputusan dari MUI jika vaksin Covid-19 halal. Tapi ternyata tetap ada beberapa barisan memandang vaksin itu haram. Ditambah dengan alasan bila dilaksanakan pemaksaan.
12. Infodemik dan Remuknya Peraturan Kesehatan

Beberapa negara sudah memutuskan peraturan lebih kendur hadapi Covid-19, memungkinkannya warga kembali hidup seperti semula. Singapura misalkan, dengan nyaris 40% komunitas sudah mendapatkan suntikan vaksin, pemerintahan di tempat sudah membuat gagasan untuk berpindah ke babak baru peraturan pengatasan Covid-19 yang tak lagi konsentrasi pada usaha mencari tiap kasus dan akhiri semua penyebaran. Kebalikannya, peraturan dilaksanakan dengan perlakukan Covid-19 jadi penyakit yang kurang memberikan ancaman, seperti flu.

Di Amerika Serikat, di mana 46% komunitasnya telah memperoleh suntikan vaksin penuh, kematian karena Covid-19 harian turun sampai di bawah angka 300 setiap hari, jadi titik paling rendah semenjak Maret 2020. Sementara Inggris sudah tekan angka kematian capai titik yang relatif rendah, walau ada kenaikan infeksi yang dipacu variasi virus Delta.

Dengan keseluruhan penyuntikan vaksin baru sentuh angka 40 juta orang, program vaksinasi di Indonesia baru capai 16,62% untuk jumlah pertama dan vaksinasi jumlah ke-2 capai 7,5% di akhir Juni 2021. Sepanjang satu minggu paling akhir disampaikan, Indonesia rerata sudah memberi sekitaran 823.588 jumlah tiap hari. Di tingkat semacam itu, diperlukan minimal 66 hari kembali untuk memberi jumlah yang cukup buat 10% komunitas yang lain.

Usaha membuat kebal barisan (herd immunity) di Indonesia masih perlu didorong melalui usaha vaksinasi massal yang tetap dilaksanakan tiap wilayah. Lambannya proses penyuntikan vaksin merepotkan pemerintahan membuat kebal barisan untuk hentikan penebaran virus. Ini intinya karena keengganan warga terima suntikan vaksin sesudah banjir info palsu dan informasi berbohong, yang disebutkan dengan istilah Infodemik, berkaitan covid-19 dan kampanye vaksin.

Infodemik sudah menebar jauh saat sebelum COVID-19. Sayang, dengan penebaran COVID-19, infodemik sudah menebar secara trending ke penjuru dunia lewat basis digital. Internet pada intinya bisa perkuat dan sampaikan infodemik seperti itu secara cepat ke penjuru dunia, mengakibatkan kecemasan massal dan makin jadi memperburuk stigmatisasi pada beberapa orang yang ada di pusat pandemi.

Berapa bahaya disinformasi dan informasi berbohong yang ikuti cara dan peraturan pengatasan pandemi? Perlukah kewenangan di tempat berlakukan peraturan hentikan tiap usaha yang menanggalkan keyakinan khalayak pada pemerintahan dalam menangani wabah dan memperlancar kampanye vaksin?

Infodemik, Berapa Bahaya?

Dari 20 hoaks berkaitan Covid-19 yang diverifikasi, minimal 14 informasi dikelompokkan menyimpang, dan enam mempunyai kerangka palsu. Bahkan juga pada Mei 2020, terdaftar 32 content menyimpang, 30 content palsu, 15 content eksperimen berkaitan covid-19. Facebook jadi basis favorite yang dipakai untuk menebarkan hoax Covid-19 pada Mei dan Juni dalam jumlah 68 info, dituruti oleh WhatsApp 25 info, Twitter 5, dan YouTube 1 info.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, minimal 70 poin informasi palsu sudah diketahui semenjak Oktober 2020 sampai Januari 2021 mengenai vaksin COVID-19. Sebuah golongan masyarakat sipil Warga Anti Fitnah (MAFINDO), yang bekerja untuk melawan informasi palsu bahkan juga hitung minimal 80 informasi berbohong mengenai vaksin dari Maret 2020 sampai Januari 2021. Jumlah informasi palsu yang tersebar alami kenaikan di saat pemerintahan mengeluarkan program vaksinasi.

Infodemik mengakibatkan kebanyakan info palsu atau menyimpang di lingkungan digital dan fisik sepanjang wabahkk, mengakibatkan ketidaktahuan dan sikap ambil resiko yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Pelanggaran pada prosedur kesehatan seperti tidak memakai masker, membuat keramaian dan menampik penyuntikan vaksin ialah dampak tidak tersangka yang beresiko untuk warga dan merepotkan pemerintahan ambil peraturan yang efisien.

Ini mengakibatkan tidak percaya masyarakat pada kewenangan kesehatan dan menghancurkan tanggapan kesehatan warga. Tergerak oleh info salah masalah covid-19 dan vaksin, warga jadi tidak percaya mengenai peraturan pemerintahan dan apa yang penting mereka kerjakan membuat perlindungan kesehatan masyarakat.

Infodemik nampaknya mempunyai resiko kesehatan yang riil: satu riset, yang diedarkan pada Agustus 2020, memprediksi jika keracunan alkohol membunuh nyaris 800 orang dari penjuru dunia yang nampaknya yakin dengan isu yang menyebar secara online jika minum alkohol dengan fokus tinggi akan menahan COVID-19.

Kata “infodemik” bukan istilah pertama untuk memvisualisasikan dunia online kita yang dipinjamkan dari istilah klinis. Sepanjang wabah, beberapa periset sudah bicara mengenai bagaimana perusahaan sosial media harus “meratakan kurva” info yang keliru.

Twitter sudah bicara sepanjang sekian tahun mengenai kemauan perusahaan mereka untuk mempromokan apa yang dikatakan sebagai “pembicaraan yang sehat” di jagat maya. Tetapi apa yang mereka tujuan dengan “pembicaraan yang sehat”? Dalam pada itu, YouTube sudah hapus lebih dari 900.000 video yang berkaitan dengan info beresiko atau menyimpang mengenai Covid semenjak Februari 2020.

Secara global, mengarah pada data penelitian yang dipublikasi pada The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene (Volume 103: Issue 4), mereka sudah mengenali 2.311 laporan berkaitan infodemik COVID-19 di dalam 25 bahasa dari 87 negara (tabel 1). Dari jumlahnya itu, 2.049 (89%) laporan dikelompokkan sebagai isu, 182 (7,8%) ialah teori konspirasi, dan 82 (3,5%) ialah stigma. Study ini mengenali tiga gelombang infodemik di antara 21 Januari 2020 dan 5 April 2020.

Gelombang pertama di antara 21 Januari dan 13 Februari, gelombang ke-2 di antara 14 Februari dan 7 Maret, dan gelombang ke-3 di antara 8 Maret dan 31 Maret 2020. Pada dua gelombang pertama, jumlah Infodemik yang disampaikan rendah dan alurnya sama bila dibanding dengan gelombang ke-3 .

Mengarah di hasil study yang serupa, Antara semua kelompok info yang sukses dicari, 24% berkaitan dengan penyakit, penyebaran, dan kematian; 21% untuk mengatur infeksi; 19% untuk penyembuhan dan pengobatan; 15% untuk pemicu penyakit terhitung asalnya; 1% untuk kekerasan; dan 20% untuk lainnya. Dari 2.276 laporan, 1.856 ialah claim yang keliru (82%), 204 betul (9%), 176 menyimpang (8%), dan 31 tidak bisa dibuktikan (1%). Mayoritas isu, stigma, dan teori konspirasi dideteksi dari India, Amerika Serikat, Cina, Spanyol, Indonesia, dan Brasil.

Antara semua kelompok infodemik, isu ialah yang umum. Volume isu bertambah dari Februari dan bersambung sampai akhir periode study, mencapai puncak pada tengah Maret 2020. Mayoritas isu berkaitan dengan penyakit, penyebaran, dan kematian COVID-19, dituruti oleh interferensi yang fokus pada perlakuan pengendalian dan pencegahan infeksi. Ada laporan mengenai makan bawang putih, jaga kelembapan kerongkongan, perlu menghindar makanan pedas, dan keutamaan konsumsi vitamin C dan D untuk menolong menahan penyakit. Disamping itu, ada laporan rumor jika penyemprotan klorin bisa menahan infeksi virus corona.

Di Indonesia, yang disebut salah satunya negara yang paling kronis terserang imbas di Asia, survey nasional yang sudah dilakukan di tahun 2020 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Katadata Insight Center (KIC) mendapati jika di antara 64 dan 79 % informan tidak bisa mengenal info yang keliru lewat cara online. Mayoritas menjelaskan mereka khususnya cari info lewat sosial media.

Resiko dari misinformasi trending tak terbatas pada ranah digital. Saat pemakai mendapati hoaks online yang mereka yakin betul, mereka kerap membagikan ke seseorang langsung, menebarkan ketakutan dan kekhawatiran di luar sosial media. Contoh yang paling dapat dikenal ialah hoaks pertama mengenai Covid-19 yang dipandang penyakit flu biasa. Hoaks pertama ini sayang bukan datang dari Indonesia dan dipercayai beberapa orang di penjuru dunia.

Kenyataannya, Covid-19 berbeda dengan flu biasa yang disebabkan karena virus influenza. Menurut Stanford Children’s Health, Covid-19 disebabkan karena virus corona yang baru diketemukan namanya SARS-CoV-2. Walau tanda-tanda awalnya Covid-19 kemungkinan seperti pilek dibarengi demam dan batuk, penyakit ini dapat mengalami perkembangan selanjutnya dan mengakibatkan kesusahan bernapas atau radang paru-paru, bahkan juga mengakibatkan kematian.

Sebuah video hoaks lain mengeklaim jika thermo gun sebelumnya dipakai untuk mengecek temperatur pada kabel dan tidak dipakai untuk manusia, hingga radiasinya bisa beresiko untuk otak manusia. Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah mengonfirmasi jika info itu tidak betul. Menurut dokter specialist penyakit dalam dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, thermo gun aman dipakai dan sudah bisa lolos tes kesehatan.

Beberapa bulan akhir, saat pemerintahan jalankan program vaksin, disinformasi dan informasi berbohong menebar sekitar keamanan vaksin; kemungkinkan terjangkit walau sudah terima suntikan vaksin, kematian yang disebabkan karena suntikan vaksin sampai informasi berbohong yang menebar sekitar suntikan vaksin yang dipakai sebagai jalan masuk memasukkan chip kecil ke badan manusia hingga gampang di kontrol oleh negara tertentu.

Nach, itu 11 contoh teks artikel yang menjadi tutorial dan idemu saat menulis.contoh teks artikel, artikel contoh teks anekdot, contoh artikel teks eksposisi, artikel contoh teks opini, contoh teks artikel bahasa indonesia, artikel contoh teks moderator diskusi, artikel macam macam contoh teks spoof, artikel contoh teks eksplanasi, artikel contoh teks reporter berita, contoh teks artikel singkat, artikel contoh teks nonsastra, contoh teks eksposisi artikel, contoh teks artikel dan strukturnya, contoh artikel teks eksplanasi, contoh teks artikel bahasa jawa, contoh teks artikel ilmiah, contoh artikel teks prosedur, contoh artikel teks eksposisi dalam bahasa jawa, contoh teks artikel beserta strukturnya, artikel contoh teks analytical exposition, contoh intro teks artikel, contoh teks artikel eksposisi bahasa jawa, contoh teks artikel opini, contoh artikel teks eksposisi lengkap, contoh teks artikel bahasa sunda, artikel contoh teks eksplanasi sosial, contoh mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam sebuah artikel, contoh soal tentang teks artikel, artikel contoh teks future tense, contoh artikel teks laporan hasil observasi, contoh teks prosedur kompleks dalam bentuk artikel, artikel contoh teks dialog interaktif, artikel contoh teks khutbah, contoh teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer, artikel contoh teks wawancara politik, contoh artikel teks persuasi.

 

Posted in Artikel.

Tagged with , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .


Jual Furniture Jepara Termurah Seindonesia

Jual Furniture Jepara Termurah Seindonesia.

Ariffurniture adalah toko furniture jepara yang memproduksi dan menjual berbagai jenis mebel serta furniture jati jepara mulai dari kursi tamu, almari pakaian, meja makan, bed, bufet jati, kursi teras, meja kantor, tempat tidur, meja makan dll. Bahan baku kayu jati kering / TPK sehingga tahan cuaca dan waktu. Jika anda memerlukan berbagai jenis furniture jepara dari jati berkualitas, kami dengan senang hati menyambut anda di workshop Ariffurniture.

jati jepara,jati jepara mebel, mebel jati jepara minimalis, furniture jepara, mebel jepara jati, jati jepara online, jual furniture jepara, furnitur jepara, furniture jati jepara, jepara furniture, jati jepara furniture, mebel jati jepara online, mebel jepara, toko jati jepara, jepara mebel, furniture jati jepara minimalis, mebel jepara minimalis, jepara jati, mebel furniture jepara, furniture jepara online, mebel jati minimalis, mebel jati jepara terbaru,

mebel minimalis jepara, mebel jati jepara, jual mebel jati jepara, jati jepara minimalis, jepara minimalis, perabot jati jepara, mebel jati, mebel murah jepara, mebel jati jepara asli, meubel jati, furnitur jati, furniture jati, furniture minimalis jepara, furniture jati jepara asli, harga mebel jati jepara, jati furniture, toko jati, jati minimalis, sofa jati jepara, mebel kayu jati minimalis, kayu jati jepara, jati jepara asli, sofa jepara minimalis,

jepara furniture online, sofa kayu jati jepara, meja jati jepara, sofa minimalis jepara, mebel jepara asli, harga mebel jepara minimalis, mebel minimalis terbaru, pusat mebel jepara, harga mebel jati, toko furniture jepara, jati minimalis modern, furniture kayu jati, furniture jepara klasik, lemari jati jepara, kursi kayu jepara, meja jepara, mebel klasik jepara, almari jepara, perabot jepara, lemari jepara, furnitur kayu jati,

kursi jepara minimalis, mebel furniture, kursi jati jepara minimalis, harga mebel kayu jati, furniture klasik jepara, mebel kayu jati, model kursi jati jepara, mebel minimalis, ukiran jati jepara, kursi ukir jepara minimalis, kursi jati jepara terbaru, model lemari jati jepara terbaru, kayu jepara, toko mebel jati, mebel jepara mentah, mebel kayu minimalis, furniture mebel, jepara furniture katalog, kursi ukir jepara,

model kursi kayu jati jepara, katalog mebel minimalis, model mebel minimalis terbaru, model mebel terbaru, mebel modern, mebel kursi, mebel jepara murah, model kursi jepara minimalis terbaru, model kursi jepara, mustika jati jepara, furniture ukiran jepara, furniture jati jepara murah, model mebel, furniture jepara minimalis murah, jepara online,

Toko kami melayani penjualan mebel furniture secara online dan offline. Silakan jelajahi halaman website ini untuk mendapatkan kursi tamu jepara, meja makan jepara, almari pakaian, lemari baju, almari hias, bed / tempat tidur, bufet pajang apapun jenis furniture rumah yang anda perlukan dengan harga yang wajar dan kwalitas terbaik. Jangan ragu untuk menghubungi UD. Mebel jati yang siap membantu anda mendapatkan mebel yang anda perlukan. Harga yang tertera diwebsite ini belum termasuk ongkos kirim. Silakan whatapss kami untuk menanyakan besarnya ongkos kirim atas perabot dipesan.

Ariffurniture melayani pesanan segala jenis mebel jepara dengan bahan kayu jati berkualitas untuk kebutuhan rumah, mebel kantor, hotel, penginapan, rumah makan, cottage, villa dan lain-lain. Ada meja makan ganesha, meja makan salina, kursi tamu Monaco ganesha, kursi tamu ganesha kerang, kursi tamu Virginia, bed peluru, bed adinda, bed anggola, bufet dafinsi selendang, bufet nusantara, bufet brawijaya, almari peluru, lemari rahwana, almari gebyok, mimbar masjid, kursi teras, bangku rahwana, bele-bale dan lain-lain.

Mengapa Kamu Harus Yakin Beli Produk Mebel atau Furniture Di Arif furniture Jepara?

Bahan Baku : Arif furniture Jepara menggunakan bahan baku kayu berkualitas dalam memproduksi produk mebel atau furniture karena mempunyai Sertifikat Resmi Legalitas Kayu dari Kementerian

Terpercaya : Arif furniture Jepara memiliki Ijin Usaha Resmi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jepara dan terdaftar di organisasi pengusaha mebel jepara.

Furniture Expo : Arif furniture Jepara selalu mengikuti rutin agenda tahunan pameran furniture salah satunya Indonesia International Furniture Expo (IFEX)

Custom Order : Arif furniture Jepara melayani spesial custom furniture ( anda punya ide, model & design sesuai yang anda inginkan serta ukuran menyesuikan space ruangan anda)

Posted in Furniture.

Tagged with , , , , , , , , .


Pricing And Releasing Date 2022 Chevy Silverado

In 2022, Chevrolet Silverado 1500 will be launched as an updated model. Although not completely redesigned, Chevrolet has made numerous changes to its full-size pickup truck. When the chevy silverado 2022 1500 arrives at the dealership next spring, it will be equipped with a heavily modified cabin, new technical features, an updated exterior design and an enhanced four-cylinder engine. In addition, there is a brand new ZR2 decoration for some serious off-roading.

Every Silverado 1500 is equipped with a new front panel and grille design. To accommodate the new external components, the headlights have been moved down. On LT and later, the daytime running lights have been updated and now have an animated lighting sequence when the owner approaches, starts, or leaves the truck. The overall design of the Silverado 1500 remains unchanged, with a split grille design, boxy taillights and heavy proportions.

The new ZR2 interior (pictured above and below) is an off-road vehicle with its own unique appearance. The model is equipped with a steel front bumper, black hood insertion kit, custom grille, Chevrolet “streamline” logo, ZR2 badge and special 18-inch wheels. With its aggressive design, ZR2 looks ready to deal with some tough terrain.

Internally, the 2022 Chevrolet Silverado 1500 has the biggest change. In addition to using higher quality materials, LT and higher interiors also offer new interior colors and new seat designs. In addition, the interior also has an upgraded instrument panel and an updated center console for a more luxurious appearance. The changes in the cabin helped the Silverado 1500 transform from ruggedness to high-end and technologically advanced. The cabin of ZR2 adopts a unique dark black grey stone interior theme and dark interior.

Chevrolet did not provide all the details of the 2022 Silverado 1500, but has indicated which features will be provided at a higher level of decoration. Provides a 12.3-inch digital display and a 13.4-inch touch screen used as a dashboard. Chevrolet also equipped the Silverado 1500 with built-in Google compatibility, wireless Apple CarPlay and Android Auto, and Amazon Alexa. The available technology aligns the 2022 Silverado 1500 with other full-size pickups.

One aspect of the 2022 Silverado 1500 that has not changed is its engine. The basic engine is still a 4.3-liter V6, which can produce 285 horsepower, and is equipped with a 6-speed automatic transmission. The next engine in the lineup is a turbocharged 2.7-liter four-cylinder engine. By 2022, it has been updated to 310 hp and 420 lb-ft of torque. The four-cylinder engine is equipped with an 8-speed automatic transmission.

Next is the 5.3-liter V8 engine with a rated power of 355 horsepower and a torque of 383 pound-feet. V8 is available in 6-speed, 8-speed and 10-speed automatic transmissions. Then, there is a turbocharged 3.0-liter inline six-cylinder diesel engine available that produces 277 horsepower and 460 pound-feet of torque. The electric motor is equipped with a 10-speed automatic transmission. At the top of the steps is a 6.2-liter V8 with a power rating of 420 horsepower and a torque of 460 pound-feet. The 6.2-liter V8 is only equipped with a 10-speed automatic transmission. If properly equipped, the 2022 Silverado 1500 can tow up to 13,300 pounds and up to 2,280 pounds.

Chevrolet carried out a large-scale overhaul of the 2022 Silverado 1500 in terms of safety. Now, each trim comes standard with forward collision warning, lane keeping assist, lane departure warning, automatic emergency braking and pedestrian detection. Available features include a surround view camera and Chevrolet’s advanced trailer system. Newly launched in 2022 is Chevrolet’s Super Cruise hands-free driving assistance function.

Pricing and release date

Chevrolet has not announced the pricing of the 2022 Silverado 1500, but the automaker has confirmed when the car will be launched. Pickup trucks will arrive at dealerships in the spring of 2022.

With all these changes, we expect the starting price of this truck to be higher than the current model, ranging from US$30,995 to US$61,290, with destinations.

The 2022 Chevrolet Silverado 1500 will compete with Ram 1500, Toyota Tundra, Ford F-150 and Nissan Titan.

2022 chevy silverado, 2022 chevy silverado interior, chevy silverado 2022, 2022 chevy silverado 1500, 2022 chevy silverado redesign

Chevrolet has not announced the pricing of the 2022 Silverado 1500, but the automaker has confirmed when the car will be launched. Pickup trucks will arrive at dealerships in the spring of 2022.

With all these changes, we expect the starting price of this truck to be higher than the current model, ranging from US$30,995 to US$61,290, with destinations.

The 2022 Chevrolet Silverado 1500 will compete with Ram 1500, Toyota Tundra, Ford F-150 and Nissan Titan.

Posted in Automotive.

Tagged with , , , , .


Rumah Tingkat Eksklusif yang Adopsi Ide Kekinian Minimalis

Rumah bertingkat eksklusif biasanya sama dengan style yang classic dan ornament kristal yang ada setiap pojok. Tapi sekarang ini kenyataannya telah banyak rumah eksklusif yang mempunyai nuansa minimalis dan kekinian.

Rumah eksklusif dengan ide kekinian dan minimalis mempunyai keunikan tertentu. Walau adopsi ide kekinian minimalis, namun masih menunjukkan nuansa yang menawan dan istimewa.

Kita tahu jika rumah sebagai sisi penting di kehidupan ini. Di dalam rumah, kita bisa habiskan waktu yang bernilai dengan keluarga tersayang.

Oleh karenanya, anda harus dapat membuat rumah jadi lokasi yang nyaman supaya masih tetap terbentuk kesan-kesan dalam yang membahagiakan untuk semua yang tinggal di rumah.

Ciri-ciri Ciri khas Rumah Tingkat Eksklusif dengan Ide Kekinian Minimalis
Jika anda ingin mempunyai rumah mimpi, karena itu anda harus punyai ide dan rekomendasi yang cocok. Dengan demikian, anda dapat merealisasikannya sesuai kemauan anda.

Sekurang-kurangnya, ada banyak hal yang menjadi identitas dari design rumah eksklusif itu.

Fasad Kekinian Rumah Eksklusif

Fasad atau sisi depan sebuah rumah menjadi satu diantara identitas untuk sebuah rumah. Hal itu karena fasad jadi hal pertama kali yang akan disaksikan orang saat bertandang ke rumah anda.

Baca : Rumah Tingkat Minimalis Ukuran Kecil Nyaman dan Modern
Jika anda mempunyai rumah bertingkat, karena itu design fasad kekinian dapat diaplikasikan. Dengan demikian, dari fasad ini, watak yang tinggal di rumah dapat dijumpai.

Salah satunya langkah yang dapat dilakukan saat ingin membuat penampilan depan rumah bertingkat eksklusif lumayan gampang.

Anda dapat manfaatkan kaca untuk mendatangkan penampilan depan rumah kelihatan eksklusif. Design semacam ini dapat membuat kesan-kesan yang menawan dan kekinian.

Ini sekalian dapat menolong anda untuk mengirit energi, terutamanya dalam soal penerangan.

Pilar Istimewa dan Simetris

Umumnya design rumah eksklusif akan masukkan elemen pilar untuk memperkuat konstruksi bangunan. Program pilar dalam tempat tinggal dapat memberinya kesan-kesan yang istimewa fungsional. Pengaturan pilar simetris bisa juga menambahkan nilai keelokan di mata pengunjung.

Pemakaian Tegel Marmer di Beragam Pojok

Jika disaksikan secara seni, pemakaian tegel marmer memiliki daya magnet tertentu. Bila dibanding dengan material lain, karena itu tegel marmer dapat mendatangkan kesan-kesan eksklusif.

Disamping itu, kesan-kesan menawan bisa juga kelihatan dalam sebuah tempat tinggal yang memakai tegel marmer. Hingga banyak rumah bertingkat eksklusif yang cenderung pilih memakai tegel marmer di beberapa pojok.

Dari sisi dapat mendatangkan keelokan, perawatan tegel marmer tambah murah dan tidak susah dilaksanakan.

Pagar Rumah Kekinian Minimalis

Umumnya rumah eksklusif diperlengkapi dengan pagar tembok yang lumayan tinggi. Maksudnya supaya bisa menegaskan kesan-kesan eksklusif dari rumah itu.

Disamping itu, kehadiran pagar tembok yang tinggi bisa juga membuat perlindungan yang tinggal di rumah dari orang asing. Tetapi sekarang ini pagar tembok telah jarang-jarang dipakai.

Minimum, pagar tembok rumah sudah digabungkan dengan material lain. Misalkan railing besi atau material kayu.

Komponen kayu dan besi dapat mendatangkan situasi istimewa yang hangat pada suatu rumah. Dengan demikian, rumah bertingkat eksklusif anda tidak begitu kaku dan tertutup.

Mempunyai Foyer yang Luas

Foyer ialah pembatas yang ada di antara teras dan ruangan tamu. Tempat ini sebagai tempat pertama kali yang dapat disaksikan saat seorang masuk sebuah rumah.

Ada banyak tempat tinggal yang tempatkan bangku dan meja kecil di tempat foyer. Ini dapat dipakai sebagai tempat untuk tamu menanti saat sebelum masuk ke ruangan tamu.

Kehadiran foyer yang luas akan menambahkan kesan-kesan eksklusif dari tempat tinggal itu. Hingga dalam sebuah rumah eksklusif, foyer memberikan dukungan performa supaya makin optimal.

Dalam design rumah bertingkat eksklusif, karena itu tempat foyer digunakan sebagai ruangan instalasi beragam jenis dekor dan kreasi seni.

Kreasi seni dan dekor yang dipampang menjadi menambah nilai seni pada foyer itu.

Penyeleksian Nuansa Warna yang Alami

Sekarang ini tempat tinggal yang mengangkat ide kekinian umumnya memakai warna alami. Begitupun rumah eksklusif yang kekinian dan modern.

Apa lagi jika anda mempunyai hunian bertingkat, karena itu penyeleksian warna yang pas dapat menambahkan kemewahan rumah anda.

Tentukan beragam warna alami seperti warna putih. Juga bisa pilih beragam warna kayu seperti coklat muda dan tua.

Dengan demikian, rumah bertingkat eksklusif anda akan kelihatan kekinian dan modern dan tidak kehilangan kesan-kesan mewahnya

Posted in Design.

Tagged with , , .


TOKO BUNGA WIJAYA FLORIST JAKARTA LENGKAP DAN MURAH

TOKO BUNGA WIJAYA FLORIST JAKARTA LENGKAP DAN MURAH. Ingin kirim bunga untuk hari khusus? Toko Bunga Wijaya datang sebagai Toko Bunga Jakarta yang bisa mengirim beragam serangkaian bunga ke semua kota di Indonesia. Buat kamu yang tinggal di tempat Jakarta kami ialah opsi terbaik bila anda kebingungan cari Florist Jakarta untuk mengirimi cerita bunga ke wilayah Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat peroleh gratis ongkos kirim untuk tiap berbelanja.

Sebagai Ibukota negera keperluan akan buket bunga di Jakarta untuk peristiwa khusus seperti ulang tahun, anniversary pernikahan, wisuda banyak di membeli sebagai pesan khusus ke orang tersayang, ini disebabkan karena makin pahami arti atau pesan yang bisa dikatakan lewat media bunga . Maka banyak golongan milenial di Jakarta memberinya bunga untuk peristiwa tertentu dengan pilih serangkaian buket bunga mawar sebagai opsi favourite.

Toko Bunga Wijaya sebagai Florist di Jakarta yang telah eksper memberinya servis terbaik ke customer kami selalu memiliki komitmen untuk mengirim bunga dengan agunan kualitas bunga masih fresh, pengangkutan on time, dapat membeli bunga sesuai kemauan konsumen dan ada servis layanan konsumen 24 jam yang bisa menolong kamu dalam tentukan tipe bunga yang mana pas buat kamu kirimkan.

PENGIRIMAN BUNGA DI JAKARTA GRATIS ONGKIR

Membeli bunga di Toko Bunga Wijaya untuk pengangkutan daerah Jakarta anda akan memperoleh gratis ongkos kirim sebagai wujud kesetiaan kami ke customer setia yang sudah memercayakan cerita bunga untuk dikirim ke orang khusus. Jakarta dengan luas 662,33 km persegi yang terdiri jadi daerah kota yakni Kota Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Selatan yang bisa dicapai oleh Toko Bunga Wijaya untuk pengangkutan gratis tiap pembelian bunga dari Toko Bunga Wijaya.

Kota Jakarta populer dengan kemacetan yang membuat kami sebagai toko bunga di jakarta banyak memiliki mitra untuk sistem pengangkutan bunga supaya pas pada saat yang customer harapkan, kenapa? Karena sebuah peristiwa tidak dapat diulangi kembali. Baik dari intern kami mempunyai kendaran khusus untuk mengirim bunga, kami bekerja bersama dengan perusahaan pengangkutan seperti lalamove satu diantaranya yang bisa mengirim ke semua daerah Jakarta. Berikut detil daerah kota dan kecamatan untuk daerah Jakarta.

FLORIST JAKARTA MENYEDIAKAN BANYAK PILIHAN TIPE BUNGA

Ada banyak yang tidak ketahui jika cerita bunga itu banyak memiliki type yang buat dalam beberapa wujud dengan karakter yang berbeda. Kamu bisa pilih mana bunga yang kiranya yang menerima akan suka di saat terima kirim bunga dari kamu lewat Florist Jakarta yakni Toko Bunga Wijaya.

Bunga Papan

Bunga papan ialah rangkain bunga yang dibikin dalam suatu papan sama ukuran papan 2 mtr. x 1,2 Mtr. untuk ukuran sedang, ada pula ukuran besar 1,8 x 2 dan tentu saja kamu bisa pilih desain yang telah ada atau ingin mengubah dari warna atau bunga yang dipakai. Kamu bisa mengirim bunga papan untuk mengucapkan pada hari grand opening perusahaan atau restaurant teman dekat, jika ucapakan untuk duka cita dan pernikahan juga baik untuk anak dari mitra kerja anda.

Buket Bunga

Buket bunga jadi opsi paling banyak oleh anak muda untuk memberinya ucapakan sayang, meminta maaf, selamat untuk prestasi yang diraih. Bunga yang dirangkai dari beberapa batang bunga dengan gabungan bunga dan warna bunga sesuai pesan yang ingin kamu berikan. Kami Florist Jakarta mempunyai beragam jenis tipe bunga yang sudah dirangkai jadi buket bunga yang elok buat kamu kirim ke daerah Jakarta atau ke semua Kota Indonesia.

Bunga Meja

Buat kamu yang ingin menghadiahkan bunga yang menawant bisa pilih bunga meja dengan beberapa opsi yakni dari bunga mawar merah, mawar pink, bunga tulip dan bunga lily. Bila orang yang kamu beri bunga ialah type eksekutif akan lebih baik bila anda pilih bunga meja.

Flower Box

Pernah kamu memikirkan terima sebuah kotak bunga yang berisi bunga mawar merah dan mawar pink dengan diberi pita yang membuat kamu penasan dengan kotak itu, flower box pas untuk bila ingin memberinya surprise pada hari valentine dibarengi dengan coklat.

Preserved Flower

Ada alternatif lain saat kamu ingin memberinya bunga yang bisa jadi sebuah masa lalu paling indah yakni dengan memberinya Preserved Flowers. Bunga ini bisa bertahan sepanjang lima tahun bila di rawat, kami mempunyai 4 tipe preserved flowers yang di impor dari jepang tentu saja kualitas tentu bagus pada harga yang dapat dijangkau.

TOKO BUNGA JAKARTA KIRIM BUNGA KE SEMUA KOTA INDONESIA

Anda tinggal di Kota Jakarta untuk bekerja dan harus ikhlas pisah dengan orangtua, istri atau kekasiha anda dan ingin mengirim buket bunga dengan serangkaian bunga mawar merah dengan arti perkataan ‘I Love You’, sesuai tagline Toko Bunga Wijaya yakni Briding The Distance sebagai jembatan untuk menyampaikan pesan khusus untuk orang tersayang. Saat ini kamu cukup pesan di Toko Bunga Jakarta dan tentukan bunga yang mana ingin kamu beri maka sampai besoknya, benar-benar gampang bukan.

Toko Bunga Wijaya ialah E-commerce bunga paling besar di Indonesia yang berada di Jakarta Barat yang banyak memiliki workshop bunga setiap kota Indonesia yang bisa mengirim bunga anda ke ia. Untuk pengangkutan bunga khususnya kota kecil seharusnya kamu pesan lebih cepat untuk pastikan stok bunga ada di workshop kami dan tidak cuma Indonesia namun kami bisa mengirimi ke 101 Negara di dunia.

Jadi buat golongan milenial yang tinggal di jakarta yang merajut jalinan dengan pasangan LDR, anda masih tetap dapat mengirim bunga ke kekasih anda di saat ulang tahun atau hari anniversary jalinan kalian. Untuk pengangkutan ke kota besar seperti Bandung, Surabaya, Medan, Makasar dan kota lainnya akan dikenai ongkos pengangkutan dimulai dari Rp. 50.000 – Rp. 200,000 dan akan info biaya kirim akan anda saksikan di saat proses berbelanja di web Toko Bunga Wijaya.

Posted in Florist.

Tagged with , , , .


8 Kombinasi Warna Yang Bagus Untuk Kamar Tidur

8 Kombinasi Warna Yang Bagus Untuk Kamar Tidur. Menukar situasi dengan mengganti warna cat tembok kamar, dapat menjadi satu diantara suasana hati booster lho! Apa lagi untuk beberapa karyawan work from home, kamar menjadi satu diantara tempat penting yang perlu nyaman dan memberikan dukungan situasi bekerja.

Warna cat tembok kamar yang monoton berkesan menjemukan, bisa diganti dengan permainan macam warna cat yang memikat.

Untuk yang ingin masih tetap menjaga warna minimalis tapi ingin berlainan dari mulanya, bisa mengombinasikan beberapa warna cat tembok rumah berikut ini.

Dengan 8 referensi kombinasi warna cat tembok berikut ini siapa yang tahu bisa memberikan inspirasi dalam melakukan renovasi kamar!

Warna Abu-Abu dan Coklat

Kamar anak bisa terapkan dengan warna aman yang tidak menonjol. Seperti kombinasi warna abu-abu muda dan coklat muda.

Ke-2 warna halus ini dicintai oleh anak-anak sampai mereka bergerak remaja. Menyatukan warna abu-abu dan cokelat dengan design interior yang halus, akan membuat kamar anak tahan lama dan masih tetap kelihatan narasi.

Warna Putih dengan Warna Gelap

Kombinasi warna putih dengan beberapa warna cat apa saja memanglah tidak ada kelirunya untuk diterapkan.

Seperti warna hijau pekat dipadukan padukan dengan warna putih di atas, kamar akan jadi lebih nyaman dan tenang. Ditambah lagi dengan dekor tanaman hidup yang elok. Artsy sekali kan?

Hijau Muda dan Krem

Penyeleksian warna pastel dan krem dapat terapkan pada design cat kamar.

Pas sekali untuk yang jemu nih dengan permainan warna yang condong monoton. Dengan gabungan warna di atas, ditanggung akan kerasan lama-lama dikamar.

Abu-Abu Muda dan Abu-abu Tua

Seterusnya ada gabungan warna cat yang aman dan sering jadi warna favorite kelompok pencinta warna minimalis.

Kombinasi warna abu-abu muda dan tua bisa punyai dengan dipertambah dekor yang bisa tumbuhkan kesan-kesan cerah dan tidak monoton.

Seperti penyeleksian warna perlengkapan feminin merah muda atau warna ceria yang memberinya elemen keceriaan dan kreasi.

Warna Pola, Krem dan Putih

Untuk yang masih tetap ingin mengganti warna cat, tanpa ingin mengganti warna dasar yang telah ada.

bisa memadu padukan dengan warna pola modern. Janganlah lupa untuk menambah dialek warna lain dalam perlengkapan kamar tidur ya! Tentunya akan membuat hal baru dalam situasi kamar tidur punya .

Kuning dan Warna Ceria

Mendatangkan situasi baru dalam kamar, akan membuat Anda berasa lebih fresh. Apa lagi memiliki kamar artistik dan menarik, tentu akan kerasan lama-lama dalam kamar.

Gabungan dari beberapa warna cat yang ceria seperti kuning di atas bisa adopsi sebagai design kamar tidur baru nih! Ditambahkan pola garis atau polkadot dan dekor yang cerah.

Magenta dan Abu-abu Gelap

Nach, untuk pencinta warna gelap ada opsi warna magenta dan abu-abu tua nih! Ke-2 warna itu bisa diterapkan pada warna cat kamar dan membuat situasi redup dan gelap.

Pas untuk yang menyukai bermain games, dan istirahat keseluruhan dalam kamar. Ruang redup bisa menambahkan intensif tidur lebih bagus lho!

Kombinasi Warna Tosca Ceria

Warna hijau, tosca, dan biru memang warna yang condong serupa untuk beberapa orang. Kombinasi warna itu pada pengapikasian warna cat tembok kamar pun tidak ada selesainya.

Mirip contoh di atas, warna tosca, dan hijau jadi warna khusus yang digunakan dalam kamar dan disamakan dengan interior didalamnya.

Langkah Mengimplementasikan Warna Cat Pada Tembok Kamar

Sesudah ketahui apa warna yang pas dipadukan padukan pada warna cat tembok kamar , sekarang waktunya ketahui langkah yang betul saat ingin mengecat ruang itu.

Tidak ada kelirunya lho untuk membuat dekorasi ulangi kamar sendiri tanpa kontribusi seseorang. Selainnya lebih irit, akan rasakan keintiman dengan kamar yang cat sendiri.

Berikut langkah mengimplementasikan warna cat pada tembok kamar,

– Siapkan perlengkapan yang diperlukan, seperti kuas, cat tembok dan perlengkapan yang lain untuk pengecatan.
– Membersihkan sisi dinding yang bakal dicat dengan memakai kemoceng atau vacuum cleaner dan tutup sisi yang tidak mau dicat.
– Amplas sampai lembut sisi dinding yang rengat atau mungkin tidak rata.
– Berikan primer cat saat sebelum pengecatan dan aduk cat tembok yang dipakai lebih kurang 5 menit dengan kombinasi air 10 %. Fungsinya supaya cat tidak menggumpal dan warna yang dibuat maksimal.
– Jika ingin mengecat dinding kamar dengan warna di luar beberapa warna dasar, seharusnya dilapis lebih dulu dengan warna dasar ya .
– Paling akhir, pakai roller pada permukaan yang besar, kuas yang kecil pada beberapa sudut ruang dan ulang lapisi sesudah dua jam, supaya warna yang dibuat rata dan optimal.

Mudah-mudahan artikel di atas bisa menolong dalam membuat dekorasi ulangi kamar tidur ya! Sekalian menolongmenemukan warna cat tembok kamar yang sesuai personalitas dan membuat nyaman ada di dalamnya.

Posted in Design.

Tagged with , , .


Usaha Tambang Batubara Di Indonesia

Usaha Tambang Batubara Di Indonesia. Usaha tambang batubara merupakan bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan yang besar, sehingga banyak orang yang ingin memulai bisnis. Namun untuk memulainya, kita perlu mengetahui cara memulai usaha pertambangan yang aman dan formal.

Karena batubara merupakan sumber energi yang diatur dalam UU Pertambangan, maka tidak mungkin melakukan usaha ini tanpa izin. Beginilah cara memulai bisnis pertambangan yang bisa dijadikan panduan.tambang batubara, alat berat tambang batubara, kecelakaan tambang batubara, truk tambang batubara, tambang batubara kalimantan timur, tambang batubara terbesar di indonesia, tambang batubara kalimantan, mobil tambang batubara, tambang batubara kalimantan selatan, tambang batubara terbesar di dunia, insiden tambang batubara, proses tambang batubara, tambang batubara di kalimantan, insiden tambang batubara pama, blasting tambang batubara kpc, tambang batubara terbesar, kecelakaan kerja di tambang batubara, peledakan tambang batubara, kecelakaan kerja tambang batubara, tambang batubara sawahlunto, accident di tambang batubara, truck tambang batubara, tambang batubara kpc, tambang batubara tradisional, tambang batubara adaro, tambang batubara pt adaro, tambang batubara pama, animasi tambang batubara, tambang batubara kalsel, sangatta kota tambang batubara, blasting tambang batubara pama, tambang batubara bengkulu, tambang batubara ombilin sawahlunto, hd tambang batubara, reklamasi tambang batubara, tambang batubara jambi, tambang batubara bukit asam.
Mengapa batubara menjadi salah satu hal terpanas dan dapat membawa keuntungan besar? Karena batubara dapat memenuhi kebutuhan manusia terutama kebutuhan energi. Menurut data Outlook Energy yang dirilis oleh Komisi Energi Nasional (DEN) pada tahun 2014, Indonesia memiliki 119,82 miliar ton tenaga batu bara dan 28,97 miliar ton cadangan batu bara.
Angka ini juga menunjukkan bahwa negara saya adalah salah satu produsen batubara terbesar di dunia. Jadi, Anda tidak perlu meragukan manfaat mencoba di bidang ini. Kunci sukses usaha tambang batubara formal adalah perizinan. Jadi, jika Anda ingin menjadi pengusaha tambang batu bara yang sukses, Anda harus melengkapi lisensi ini dengan benar.
Industri pertambangan sendiri diatur dalam UU Pertambangan 2009 (UU Pertambangan dan Batubara No. 4). Selain itu, tata cara pemberian wilayah, izin, dan pelaporan kegiatan usaha pertambangan dan pertambangan batubara telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020.
Untuk mendapatkan izin usaha tambang batubara, berikut adalah ringkasan langkah-langkahnya:
Pastikan usaha yang dijalankan tidak ada kaitannya dengan kegiatan ekstraksi minyak atau gas bumi. Karena departemen ini dibatasi dalam operasi dan kepemilikan asing.
Selanjutnya, tentukan apakah kegiatan usaha yang dilakukan non-inti atau inti. Kegiatan inti adalah kegiatan berupa pencarian, eksplorasi, penyelidikan umum, pengolahan dan pemurnian, jasa pascatambang, reklamasi, pengangkutan, pembangunan tambang, lingkungan pertambangan, serta keselamatan dan kesehatan kerja. Pada saat yang sama, kegiatan selain kegiatan di atas adalah kegiatan non-inti.
Kemudian, perusahaan yang Anda operasikan harus perusahaan PT PMA atau perusahaan penanaman modal asing. Anda juga harus berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan dan menyerahkannya kepada Administrasi Umum Mineral dan Batubara. Sebagai catatan, tahap ini sangat penting. Jika Anda ingin mendapatkan lisensi, Anda seharusnya tidak menemukan kesalahan.
Perlu diketahui bahwa ada dua jenis izin yang dapat dipilih, yaitu: Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) dan Surat Tanda Daftar Perusahaan (SKT). Namun, nama umum dari izin tersebut adalah IUP, dan Anda dapat memperolehnya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Kemudian, pastikan Anda mengikuti prosedur penawaran. Ini akan menentukan apakah Anda memiliki hak atas tambang tertentu. Hanya pemerintah yang dapat menerapkan prosedur ini. Ketika Anda mendapatkan hak, Anda bisa mendapatkan IUP (Izin Usaha Pertambangan), dan usaha tambang batubara yang Anda miliki hanya bisa berjalan.
Inilah cara memulai bisnis pertambangan batu bara yang bisa Anda jadikan panduan. Dari informasi tersebut terlihat bahwa bisnis batu bara memang merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Namun, untuk menjalankan bisnis ini, izin resmi diperlukan untuk beroperasi secara normal. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli hukum untuk mempelajari cara mendapatkan izin perusahaan pertambangan dengan cepat dan efisien.

Posted in Tambang.

Tagged with , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .


Provinsi Sulawesi Tengah

Info Sulteng TerkiniProvinsi Sulawesi Tengah sebagai propinsi paling besar di Pulau Sulawesi. Wilayah ini populer akan kehadiran teluk-teluk cantik dan pulau yang elok. Daerah ini kaya sumber daya alam, dimulai dari pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan, sampai perkebunan.

Bukti Singkat

Ibu Kota

Palu

Hari Jadi

13 April 1964

Dasar Hukum

Undang-Undang No. 13/1964

Luas Daerah

61.841,29 km2

Jumlah Warga

3.054.020 jiwa (2019)

Pasangan Kepala Wilayah

Gubernur Longki Djanggola

Wakil Gubernur Rusli Baco Dg Palabbi

Propinsi Sulawesi tengah untuk pertamanya kali dibuat dengan Ketentuan Pemerintahan Alternatif UU (Perppu) Nomor 2 Tahun 1964 yang selanjutnya jadi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1964. Awalnya, Sulawesi tengah sebagai salah satunya daerah keresidenan di bawah pemerintah Propinsi Sulawesi Utara-Tengah.

Peringatan hari ulang tahun propinsi yang mempunyai moto “Nosarara Nosabatutu” (bersama kita satu) ini diputuskan di tanggal 13 April 1964. Penentuan itu didasari di tanggal diangkatnya Gubernur Propinsi Sulawesi tengah untuk pertama kalinya. Tahun 2020, propinsi ini mengingati hari jadi ke-56.

Propinsi Sulawesi tengah atau dipersingkat Sulteng mempunyai luas 61.841,29 km persegi atau sama dengan 3,2 % dari luas Indonesia. Komunitas warganya capai 3,05 juta jiwa pada 2019.

Secara administratif, propinsi dengan ibukota Palu ini terdiri dari 12 kabupaten, 1 kota, 175 kecamatan, dan 2.020 dusun/kelurahan.

Riwayat Pembangunan

Sulawesi tengah terhitung salah satunya propinsi yang kaya situs prasejarah megalitikum seperti disebutkan dalam situs Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan dan tulisan Iksam dengan judul Kekuatan Warisan Arkeologi Sulawesi tengah untuk Peningkatan info di Museum.

Dalam tulisan itu, disebut riset warisan arkeologi prasejarah di Sulawesi tengah sudah dilaksanakan oleh beberapa periset bangsa Eropa semenjak akhir era 19, yang diawali oleh Adriani dan AC Kruyt dalam tulisannya “Van Poso naar Parigi een Lindoe” di tahun 1898. Selanjutnya di tahun 1938 Kruyt mengeluarkan tulisannya “De West Toradjas in Midden Celebes”.

Dalam tulisan itu, Kruyt mengatakan beberapa tinggalan arkelogis di Kulawi seperti kalamba di Gimpu, batu dulang di Mapahi, dan peti pendam kayu di Danau Lindu. Walter Kaudern, seorang periset bernegara Swedia di tahun 1938 mengeluarkan tulisannya “Megalithic Finds in Central Celebes” dan sebuah tulisan mengenai etnografi “Structure and Settlements in Central Celebes”

Beberapa situs megalitik di Sulawesi tengah terpusat di teritori Taman Nasional Lore Lindu yang mencakup Lembah Napu, Lembah Besoa, Lembah Bada, Danau Lindu, Kulawi, dan Gimpu yang meliputi dua kabupaten, yakni Kabupaten Poso dan Kabupaten Donggala. Teritori Taman Nasional Lore Lindu sebagai teritori pelindungan benda cagar budaya dan pelindungan dan pelestarian keberagaman hayati yang epidemik.

Tipe penemuan megalitik di Taman Nasional Lore Lindu, yakni Kalamba, Arca Menhir, Menhir, Batu Dakon, Batu Dulang, Lumpang Batu, Batu Kerakal, Altar, Dolmen, Tetralit, Jumpa Gelang, Tiang Batu, Tumulus, Punden Berundak, Tempayan Pendam, Batu Gores, Palung Batu, Peti Pendam Kayu, dan Jalan Batu.

Memeriksa buku Riwayat Wilayah Sulawesi tengah, Sulawesi tengah banyak memiliki kerajaan dan kerajaan-kerajaan kecil setiap daerahnya. Kerajaan Banawa terdaftar sebagai kerajaan pertama di Sulawesi tengah. Kerajaan ini dibangun oleh Sawerigading dengan putranya yang namanya La Galigo. Pada periode pemerintah Sawerigading berikut dibuat dewan-dewan tradisi yang dikatakan sebagai Pitunggota dan Patanggota.

Pitunggota ialah satu instansi legislatif yang terdiri dari 7 anggota dan dipimpin dengan seorang Baligau. Susunan pemerintah ini ikuti formasi pemerintah ala-ala Bone dan ada di Kerajaan Banawa dan Kerajaan Sigi. Sedang, Patanggota sebagai pemerintah ala-ala Wajo dan diyakini oleh Kerajaan Palu dan Kerajaan Tawaeli. Patanggota Tawaeli terbagi dalam Mupabomba, Lambara, Mpanau, dan Baiya.

Pada era ke-16, berdiri Kerajaan Banggai atas dampak Kerajaan Ternate. Kerajaan Banggai terdiri atas empat area, yaitu Babolau, Singgolok, Kookini, dan Katapean dengan rajanya semasing.

Dengan pembagian itu, Banggai sebagai kerajaan yang mengaplikasikan mekanisme demokrasi. Pimpinan kerajaan diputuskan bukan berdasar garis turunan tetapi dari kelompok bangsawan atau siapa yang dipandang sanggup untuk pimpin satu kerajaan.

Kerajaan Palu sebagai kerajaan besar yang sempat berdiri di Sulawesi tengah. Saat baru berdiri, Kerajaan Palu masih memakai mekanisme pemerintah monarki. Ibukota Kerajaan Palu pertama namanya Pandapa (1796-1888), selanjutnya ibukota ke-2 namanya Panggovia (1888-1960).

Terlihat warisan megalitik berbentuk kalamba di Situs Megalitik Pokekea, Dusun Hangira, Kecamatan Lore tengah, Kabupaten Poso, Sulawesi tengah, Minggu (17/9/2017). Benda purbakala itu diprediksi sudah ada semenjak 2.500 tahun saat sebelum Masehi.

Pada era ke-17, daerah Sulawesi tengah mulai masuk ke kekuasaan kolonialis Belanda. Dengan alasan untuk amankan armada kapalnya dari gempuran membajak laut, Kongsi Dagang Hindia Belanda atau VOC membuat benteng di Parigi dan Lambunu.

Pada era ke-18, Belanda tingkatkan tekanannya ke beberapa raja di Sulawesi tengah. Mereka panggil beberapa raja Sulawesi tengah untuk tiba ke Manado dan Gorontalo untuk ucapkan sumpah setia ke VOC.

Permulaan era ke-20, Belanda seutuhnya kuasai Sulawesi tengah sesudah ada ikatan kesepakatan bernama lang contract dan korte verklaring. Kerajaan yang menentang ditumpas oleh Belanda denga memakai kekerasan senjata.

Sepanjang berkuasa, Belanda jadikan banyak wilayah di Sulawesi tengah sebagai afdeeling (daerah administratif). Afdeeling itu diperpecah kembali jadi Onderafdeeling (daerah administratif yang lebih kecil).

Misalkan Afdeeling Donggala dengan ibu-kota Donggala dan Onderafdeeling Poso, Tolitoli, Palu dan Buol. Selanjutnya Afdeeling Poso dengan ibukota Poso dan Onderafdeeling Poso, Parigi, Kolonadale, dan Banggai.

Belanda usaha untuk merusak jalinan kekerabatan kerajaan untuk menghindar kekuasaan dari sekeluarga kerajaan. Belandalah yang putuskan siapakah yang dipilih jadi raja, dan orang yang diputuskan ialah orang yang dirasakan bisa dikuasai atau diperalat Belanda.

Pada permulaan era ke-20 juga, mulai ada gerakan-pergerakan yang lakukan perlawanan pada penjajahan Belanda. Selainnya gerakan lokal, masuk juga gerakan-pergerakan yang terpusat di Jawa.

Organisasi yang pertama membangun cabang di Sulawesi tengah ialah Syarikat Islam (SI) yang dibangun di Buol Tolitoli tahun 1916. Organisasi yang lain yang berkembang di daerah ini ialah Partai Nasional Indonesia (PNI) yang cabangnya dibangun di Buol tahun 1928.

Perlawanan rakyat capai pucuknya di tanggal 25 Januari 1942. Beberapa pejuang yang dipegang oleh ID Awuy tangkap beberapa figur penjajahan seperti Controleur Tolitoli De Hoof, Bestuur Pendamping Residen Matata Daeng Masese, dan Controleur Buol de Vries. Dengan ketangkapnya beberapa tokoh penjajahan itu, ringkas kekuasaan Belanda sudah disudahi.

Di tanggal 1 Februari 1942, bendera Merah Putih dikibarkan untuk pertamanya kali di Tolitoli. Tetapi, kondisi ini tidak berjalan lama karena satu minggu selanjutnya pasukan Belanda kembali tiba dan lakukan serangan.

Jepang landing di daerah Sulawesi tengah, persisnya di Luwuk, di tanggal 15 Mei 1942. Dalam sekejap, Jepang sukses kuasai daerah Sulawesi tengah. Pada zaman Jepang, kehidupan rakyat makin ketekan dan menderita. Semua aktivitas rakyat cuman diperuntukkan untuk memberikan dukungan peperangan Jepang. Kondisi ini berjalan sampai Jepang berserah ke Sekutu dan diikuti dengan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Di awal kemerdekaan, Sulawesi tengah sebagai sisi dari propinsi Sulawesi. Seperti wilayah yang lain di Indonesia, pascakemerdekaan ialah waktunya perjuangan menjaga kemerdekaan yang barusan dicapai. Rongrongan terus tiba dari Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia. Belanda mengaplikasikan politik pecah-belah di mana Indonesia jadi negara serikat. Tetapi pada akhirnya, bangsa Indonesia bisa melalui rongrongan itu dan di tanggal 17 Agustus 1950 Indonesia menjadi lagi negara kesatuan.

Semenjak waktu itu, Sulawesi kembali menjadi satu diantara propinsi di Republik Indonesia dan berjalan sampai terjadi pemekaran tahun 1960. Di tahun itu, Sulawesi dipisah dua jadi Sulawesi Selatan-Tenggara yang beribu kota di Makassar dan Sulawesi Utara-Tengah yang beribu kota di Manado. Di tanggal 23 September 1964, Propinsi Sulawesi Utara-Tengah dimekarkan jadi Propinsi Sulawesi Utara yang beribu kota di Manado dan Propinsi Sulawesi tengah yang beribu kota di Palu.

Geografis

Propinsi Sulawesi tengah berada antara 2°22′ Lintang Utara dan 3°48′ Lintang Selatan, dan 119°22′ dan 124°22′ Bujur Timur. Daerah ini terhitung dilalui garis khatulistiwa. Garis ini menghampar di daerah Kabupaten Parigi Mountong.

Daerah Propinsi Sulawesi tengah sisi utara bersebelahan dengan Laut Sulawesi dan Propinsi Gorontalo, sisi timur bersebelahan dengan Propinsi Maluku, sisi selatan bersebelahan dengan Propinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara, dan sisi barat bersebelahan dengan Selat Makassar.

Propinsi ini mempunyai luas 61.841,29 km persegi atau sama dengan 3,2 % luas Indonesia. Kabupaten terluas di propinsi ini ialah Morowali Utara selebar 10.004,28 km persegi. Sedang kabupaten paling kecil ialah Kota Palu dengan luas 395,06 km persegi.

Cuaca di Propinsi Sulawesi tengah terhitung tropis yang dikuasai oleh angin muson. Namun berlainan dengan Jawa dan Bali dan beberapa pulau Sumatera, musim penghujan di Sulawesi tengah di antara bulan April dan September sedang musim kemarau di antara Oktober sampai Maret.

Propinsi Sulawesi tengah terbagi dalam daerah pegunungan dan bukit-bukit yang meliputi mayoritas daerah propinsi, dan daratan rendah yang biasanya menyebar di sejauh pantai dan sekelilingnya.

Sulawesi tengah banyak memiliki pulau. Berdasar data BPS, banyaknya capai 1.632 pulau. Beberapa pulau yang populer karena keelokannya, yakni Kepulauan Togean, Pulau Kadidiri, Pulau Pasoso, dan Pulau Lutungan.

Daerah ini mempunyai dua danau, yakni Danau Poso dan Lindu, beberapa sungai yang lumayan besar dan pegunungan yakni Gunung Sojol, Bulu-bulu Pijak, Hohoban, Balantak Tompotika, Witim-pondo, Mungku, Mapipi, Nokilalaki, dan Loli.

Daerah Sulawesi tengah terhitung wilayah riskan musibah alam khususnya gempa bumi. Daerah ini dilewati oleh lajur tatap muka tiga lurus tektonik, yakni lurus Indo-Australia, lurus Eurasia, dan lurus Pasifik.
Pasir putih dan laut dangkal terlihat di ujung timur Pulau Malenge, Dusun Kadoda, Kecamatan Talatako, Kabupaten Togean, Sulteng, seperti kelihatan pada Rabu (8/8/2018). Tujuan rekreasi itu sisi dari Taman Nasional Kepulauan Togean yang menjadi satu diantara tujuan favorit Sulteng.

Pemerintah

Semenjak berdiri dengan sendiri di tahun 1964, Propinsi Sulawesi tengah sudah dipegang oleh 10 gubernur dan 3 penjabat gubernur. Gubernur pertama Sulawesi tengah ialah Anwar Gelar Datuk Madjo Basa Yang Kuning. Ia sah memegang Gubernur Sulawesi tengah semenjak tanggal 13 April 1964 sesudah serah-terima dari Gubernur Sulawesi Utara-Tengah FJ Tumbelaka.

Seterusnya, Sulawesi tengah dipegang oleh Gubernur Mohammad Jasin (13 April 1968 – April 1973), Albertus Maruli Tambunan (1973 – 1978), Moenafri (1978 – 1979), Eddy Djadjang Djajaatmadja (1979 – 1980), Penjabat Gubernur Eddy Sabara (1980 – 1981), Ghalib Lasahido (1981-1986), Abdul Aziz Lamadjido (1986-1996).

Selanjutnya dilanjutkan oleh Gubernur Bandjela Paliudju (1996-2001), Aminuddin Ponulele (2001-2006), Penjabat Gubernur Gumyadi (20 Februari 2006 – 24 Maret 2006), Bandjela Paliudju (2006-2011), Penjabat Gubernur Tanribali Lamo (24 Maret 2011 – 16 Juni 2011). Gubernur Longki Djanggola memegang dua masa 2011-2016 dan 2016-2021.

Secara administratif, Propinsi Sulawesi tengah mengepalai 12 kabupaten dan 1 kota yang terbagi dalam 175 kecamatan dan 2.020 dusun yang terhitung kelurahan dan Unit Permukiman Transmigrasi. Jumlah itu tetap sama dalam dua tahun akhir.

Kabupaten dan kota itu, mencakup, Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Banggai, Kabupaten Morowali, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala, Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Buol, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Sigi, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Morowali Utara, dan Kota Palu.

Jumlah Aparat Sipil Negara (ASN) pemda Sulawesi tengah pada semester I 2019 ialah 12.323 orang. Jumlah itu bertambah bila dibanding Desember 2018 yaitu sekitar 12.462 orang.

Dari segi politik, Sulawesi tengah kelihatan cukup demokratis. Hasil penyeleksian anggota DPRD memperlihatkan tidak satu juga parpol yang memimpin DPRD tingkat I. Golkar dan Nasdem sebagai partai dengan anggota paling banyak, yakni sekitar 7 anggota dari 45 bangku yang ada. Diikuti oleh Gerindra dan PDI-P masing-masing 6 bangku. Seterusnya Demokrat, PKB, dan PKS mendapat 4 bangku. Hanura, Perindo, dan PAN mendapat 2 bangku, dan PPP dengan 1 bangku.

Presiden Joko widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengucapkan selamat ke Longki Djanggola (kiri) dan H Soedarto (ke-2 kiri) selesai dikukuhkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi tengah di Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/6/2016). Dalam sambutannya, Presiden minta supaya mereka setia pada janji kampanye, mengentaskan kemiskinan, dan membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat Sulawesi tengah.

Politik

Dalam sejarahnya, bentuk politik di Sulteng tidak bisa dipisah dari Partai Golkar, terkecuali pada Pemilu pertama 1955. Partai ini memimpin pencapaian suara semenjak 1971 sampai awalnya periode reformasi. Tetapi, supremasi Golkar di Sulawesi tengah mulai tertandingi oleh partai-partai yang lain. Bahkan juga dalam Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, Golkar tak lagi raih suara paling banyak.

Pada Pemilu 1955, partai-partai bercorak agama benar-benar memimpin daerah Sulawesi tengah dengan ambil 89 % suara. Rinciannya, Masyumi raih 39,52 % saat itu, dituruti Partai Syarikat Islam Indonesia yang raih 31,92 %, dan Partai Kristen Indonesia mendapatkan 16,33 %.

Kebalikannya Partai Nasional Indonesia (PNI), partai bercorak nasional, yang di beberapa teritori berjaya, di sini cuman mendapatkan 7,65 %. Partai Komunis Indonesia (PKI) bahkan juga tidak raih satu % suara juga. Peta politik Pemilu 1955 itu tak lagi tercermin pada zaman Orde Baru sampai kebebasan Pemilu 1999.

Masuk zaman Orde Baru, kemasyhuran partai-partai politik, khususnya partai Islam yang sempat dirintis pada pemilu awalnya langsung tersuruk. Di lain sisi, Golkar memimpin pencapaian suara sepanjang 7 kali pemilu di Sulawesi tengah, semenjak tahun 1971.

Pada Pemilu 1971, Golkar raih suara 76,84 %, selanjutnya 79,3 % suara pada Pemilu 1977, 81 % suara pada Pemilu 1982, 83 % suara pada Pemilu 1987, 81 % suara pada Pemilu 1992, dan 84,89 % suara pada Pemilu 1997.

Saat itu, aksi partai-partai politik, khususnya partai Islam, tersuruk selama saat Orde Baru. Masyumi yang ditakdirkan berusia pendek rupanya tidak sanggup mewarisi kebesarannya ke penerusnya. PSII terdaftar cuman raih 48.186 (10,6 %) suara, Parmusi 42.053 (9,2 persen), NU 18.596 (4 persen), dan Perti cuman 231 suara.

Kecilnya pencapaian suara partai-partai Islam itu mengidentifikasi robohnya kemasyhuran politik Islam. Bahkan juga pascafusi partai tahun 1973, cara parpol, terutamanya partai Islam, jadi makin kecil karena kehadiran mereka di hilangkan dari kancah politik nasional.

Pada Pemilu 1977 PPP cuman mendapat 102.552 (19,3 %) suara dari 531.782 pemilih. Turunnya pencapaian suara PPP ini rupanya berjalan terus sampai Pemilu 1997. Secara beruntun, PPP raih 16 % suara pada Pemilu 1982, 12 % suara pada Pemilu 1987, 11 % pada Pemilu 1992, dan 10,39 % suara pada Pemilu 1997.

Semenjak partai-partai nasionalis, Kristen, dan sosialis itu difusikan ke Partai Demokrasi Indonesia (PDI), pencapaian suaranya juga tersuruk. Pemilu 1977 jadi saksi tersuruknya suara PDI sampai 1,4 %. Sepanjang 4x pemilu selanjutnya partai berlambang kepala banteng ini cuman sanggup mencatatkan rekor paling tinggi pencapaian suaranya sampai 8,3 % dari 930.556 masyarakat Sulawesi tengah sebagai pemilih pada Pemilu 1992. Pada Pemilu 1997, PDI cuman raih 4,72 % suara.

Dalam penghimpunan bangku DPR Golkar dan PPP secara stabil sanggup menjaga jumlah bangku semasing. PPP dari Pemilu 1971 sampai 1997 terdaftar cuman kumpulkan satu bangku, sementara Golkar kumpulkan sekitar tiga sampai empat bangku.

Ada beberapa langkah berkampanye. Satu diantaranya ialah berjumpa dan bicara langsung dengan masyarakat. Prof. Dr. Emil Salim coba melakukan di Pasar Inpres Manonda, Palu, menyadap inspirasi pedagang kecil dari Suku Kaila di situ.

Masuk zaman Reformasi, peta kompetisi politik di Sulteng masih diwarnai oleh supremasi Golkar dalam penghimpunan suara. Pada pemilu 1999, Golkar raih suara paling banyak walau pencapaian suaranya turun dibanding pemilu-pemilu awalnya.

Dalam pemilu itu, Golkar raih suara sejumlah 54,56 % dari 1.073.931 suara yang syah. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang menyuap simpati rakyat Indonesia waktu itu raih 14,36 % suara, diikuti PPP dalam jumlah suara sejumlah 10,72 % suara. Partai-partai yang lain raih suara di bawah 3 %, seperti PAN, Partai Syarikat Islam Indonesia, Partai Kristen Nasional Indonesia, PBB, dan PKB.

Supremasi ke-3 parpol Golkar, PDI-P dan PPP kelihatan kembali pada Pemilu 2004 ini. Dari 1.119.319 suara yang masuk, Golkar sanggup kantongi 38,59 %, PPP mengantongi 7,0 %, dan PDI-P cuman sanggup kumpulkan 6,92 %.

Pada Pemilu 2009, Golkar masih tetap tempati posisi pertama walau pencapaian suaranya jauh turun jadi 18 %. Selanjutnya diikuti oleh Demokrat dengan suara 17 %, PKS dengan 9 % suara, Hanura dan PDI-P masing-masing mendapat suara 6 %, PAN mendapat suara 5 %, PDS dan Gerindra masing-masing mendapat suara 4 %, PPP mendapat suara 3 %, sedang PKB dan PBB mendapat suara 2 %.

Pada Pemilu 2014, Gerindra memenangi pentas politik Sulawesi tengah dengan pencapaian 182.217 suara (12,78 %). Diikuti oleh Demokrat dengan 174.006 suara (12,21 persen), Nasdem mendapat 171.289 suara (12,02 persen), dan PDI-P mendapat 143.106 suara (10,04 %).

Adapun partai-partai yang lain yang mendapat suara di bawah 10 %, yaitu partai Hanura (8,67 persen), PAN (6,81 persen), PKS (5,89 persen), PKB (5,04 persen), PPP (3,65 persen), PBB (1,83 persen), PKPI (1,75 %).

5 tahun selanjutnya, pada Pemilu 2019, gantian Nasdem yang sukses merampas pentas politik di Sulawesi tengah. Nasdem raih 271.513 suara (17,5 %). Gerindra ada di urutan ke-2 dengan pencapaian 206.117 suara (13,2 %). Diikuti Golkar mendapat 194.712 suara (12,5 %). Sementara partai-partai yang lain mendapat suara di bawah 10 %.

Kependudukan

Komunitas warga Propinsi Sulawesi tengah di tahun 2019 capai 3,05 juta jiwa, paling banyak ke-2 di Pulau Sulawesi sesudah Propinsi Sulawesi Selatan sekitar 8,82 juta jiwa.

Warga asli Sulawesi tengah terdiri dari 15 barisan etnis, yakni etnis Kaili di Kabupaten Donggala, Kota Palu dan beberapa Kabupaten Paringi Moutong. Etnis Kulawi diam di Kabupaten Donggala, etnis Lore di Kabupaten Poso, etnis Pamona di Kabupaten Poso, etnis Mori di Kabupaten Morowali.

Etnis Bungku diam di Kabupaten Morowali, etnis Saluan atau Loinang di Kabupaten Banggai, etnis Balantak di Kabupaten Banggai, etnis Taa di Kabupaten Banggai, etnis Bare’e di Kabupaten Touna, etnis Banggai di Banggai Kepulauan. Seterusnya, etnis Buol menempati kabupaten Buol, etnis Tolitoli di Kabupaten Tolitoli, etnis Tomini di Kabupaten Parigi Moutong, etnis Dampal di Dampal, Kabupaten Tolitoli, etnis Dondo di Dondo, Kabupaten Tolitoli, etnis Pendau di Kabupaten Tolitoli, dan Etnis Dampelas diam di Kabupaten Donggala.

Selainnya 15 barisan etnis itu, ada banyak suku kecil yang hidup di wilayah pengunungan, seperti suku Da’a di Kabupaten Donggala, suku Wana di Kabupaten Morowali, dan suku Seasea dan suku Daya di Kabupaten Buol dan Kabupaten Tolitoli.

Selainnya warga asli, wilayah ini ditempati juga oleh transmigran seperti dari Bali, Jawa, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Suku pendatang yang menempati daerah Sulteng ialah Mandar, Bugis, Makasar, Toraja dan etnis lannya di Indonesia semenjak awalnya era ke-19 dan telah membaur dengan warga asli.

Propinsi ini kaya bahasa wilayah. Hasil penskalaan Barbara F Grimes memperlihatkan dari faktor etnologi, ada 30 bahasa khusus dengan 67 jenis aksen yang dipakai oleh 928.200 orang sebagai bahasa ibu di Sulawesi tengah.

Warga Sulawesi tengah mayoritas beragama Islam. Terdaftar 72,36 % warganya beragama Islam, 24,51 % beragama Kristen, dan 3,13 % beragama Hindu dan Budha.

Mata pencarian mayoritas warga Sulteng dikuasai oleh pertanian. Angkanya capai 41,36 % dari 1,44 juta warga 15 tahun ke atas yang bekerja. Diikuti bekerja di bidang perdagangan besar 14,61 %, dan administrasi 8,36 %.

Masyarakat Kelurahan Lasoani, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi tengah, terima recikan air dari tetua tradisi dalam upacara pompaura posunu rumpu, Kamis (16/10/2014). Ritus ini dilaksanakan oleh warga Kaili, suku menguasai di Sulteng, untuk bersihkan daerah dari kemalangan, musibah, dan penyakit.

Index Pembangunan Manusia (IPM)

69,50 (2019)

Usia Keinginan Hidup

66,32 tahun (lelaki); 69,75 tahun (wanita) (2019)

Keinginan Lama Sekolah

12,95 tahun (lelaki); 13,50 tahun (wanita) (2019)

Rerata Lama Sekolah

8,75 tahun (2019)

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)

3,77 % (Agustus 2020)

Tingkat Kemiskinan

12,62 % (Maret 2020)

Rasio Begini

0,326 (Maret 2020)

Kesejahteraan

Pembangunan manusia di Sulawesi tengah terus alami perkembangan yang diikuti dengan bertambahnya nilai Index Pembangunan Manusia (IPM). Di tahun 2010, IPM Sulteng masih 63,29 selanjutnya bertambah jadi 69,50 di tahun 2019. IPM Sulteng itu masuk kelompok sedang.

Kenaikan IPM itu disokong oleh kenaikan elemen simpatisannya. Usia keinginan hidup Sulteng bertambah dari 64,17 tahun untuk lelaki dan 68,07 tahun untuk wanita di tahun 2010, jadi 66,32 tahun untuk lelaki dan 69,75 tahun untuk wanita di tahun 2019.

Di bagian pengajaran, keinginan lama sekolah (HLS) bertambah dari 10,99 tahun untuk lelaki dan 11,37 tahun untuk wanita di tahun 2010, jadi 12,95 tahun untuk lelaki dan 13,50 tahun untuk wanita di tahun 2019. Adapun rerata lama sekolah (RLS) bertambah dari 7,65 tahun di tahun 2010 jadi 8,75 tahun di tahun 2019.

Pengeluaran per kapita /tahun bertambah dari Rp 7,98 juta di tahun 2010 jadi Rp 9,48 juta di tahun 2018.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Sulawesi tengah pada Agustus 2020 terdaftar sejumlah 3,77 %, semakin tinggi 0,66 % dibandingkan TPT Agustus 2019. Bila disaksikan dari rumahnya, TPT di perkotaan condong semakin tinggi dibanding TPT di pedesaan. Pada Agustus 2020, TPT di perkotaan sejumlah 6,33 %, sedang TPT di pedesaan sejumlah 2,66 %. Dibanding tahun awalnya, terjadi kenaikan TPT di perkotaan sejumlah 1,60 %, begitupun dengan TPT di pedesaan yang bertambah 0,25 %.

Jumlah warga miskin di Sulteng 5 tahun paling akhir relatif statis. Tubuh Pusat Statistik Sulteng menulis pada September 2015 jumlah warga miskin 408.340 jiwa atau sekitaran 14,07 % dari jumlahnya warga. Jumlah itu cuman menyusut sedikit jadi 404.030 jiwa pada September 2019 (13,18 %) dan jadi 398.730 jiwa (12,92 %) pada Maret 2020. Walau ada trend turun, angka kemiskinan Sulteng semakin tinggi dari rerata nasional yang pada September 2019 terdaftar 9,22 % atau Maret 2020 sekitar 9,41 %.

Tidak kurang dari 80 % masyarakat miskin menetap di dusun. Jumlah warga miskin paling banyak ada di Kabupaten Parigi Moutong dengan 81.360 jiwa dan Donggala 55.830 jiwa. Keseluruhannya, warga miskin di Sulteng masih semakin banyak dibanding masyarakat Kota Palu, yang sejumlah 391.380 jiwa.

Pada Maret 2020, tingkat tertimpangan atau begini ratio Sulawesi tengah ialah sebesar 0,326. Angka ini alami pengurangan sebesar 0,001 point bila dibanding dengan Begini Ratio Maret 2019 yang sebesar 0,327.

Suwandi (27) dan Faisal (36), petugas dari Puskesmas Dombu Soi, Kabupaten Sigi, Sulawesi tengah, tengah layani penyembuhan keliling untuk warga suku Da’a yang tinggal di beberapa rumah pohon, akhir Agustus 2016. Medan berat jadi masalah untuk tenaga kesehatan yang mayoritas masih honorer ini.

Penghasilan Asli Wilayah (PAD)

Rp 1,02 triliun (2019)

Dana Perimbangan

Rp 3,09 triliun (2019)

Perkembangan Ekonomi

7,15 % (2019)

PDRB per kapita

Rp 54,70 juta/tahun (2019)

Inflasi

2,30 % (2019)

Nilai Export

702,66 juta dolar AS (September 2020)

Nilai Import

300,23 juta dolar AS (September 2020)

Ekonomi

Produk Lokal Regional Bruto (PDRB) Propinsi Sulawesi tengah capai Rp 166,40 triliun di tahun 2019. PDRB ini alami peningkatan sejumlah Rp 16,37 triliun dibanding dengan tahun 2018 yang capai Rp 150,03 triliun.

Susunan ekonomi Propinsi Sulawesi tengah menurut lapangan usaha tahun 2019 masih dikuasai oleh empat lapangan usaha khusus, yakni pertanian, kehutanan dan perikanan, pertambangan dan penggalian, industri pemrosesan, dan konstruksi.

Bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan menyumbangkan 25,96 % dari PDRB Sulawesi tengah. Tetapi, kontributor bidang ini selalu turun semenjak tahun 2015 yaitu 31,28 % jadi 25,96 % di tahun 2019.

Hasil produksi pertanian berbentuk padi, palawija, jagung, kedele, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, ubi kayu, talas, ganyong, gembili, dan tanaman serelia yang lain sorgum/cantel, jawawut, jelai, dan gandum.

Penyumbang PDRB paling besar ke-2 ialah bidang pertambangan dan penggalian sejumlah 15,13 %. Kekuatan pertambangan di wilayah ini diantaranya tambang nikel di Kabupaten Morowali, Kabupaten Banggai, dan Kabupaten Tojo Una-Una. Tipe tambang yang lain ialah minyak dan gas, batubara, galena, dan biji besi.

Adapun industri pemrosesan menyumbang 13,01 % untuk PDRB dan bidang perdagangan besar dan ketengan sejumlah 8,91 %.

Nilai PDRB per kapita Sulawesi tengah atas dasar harga berlaku semenjak tahun 2015 sampai 2019 semakin meningkat. Nilai PDRB per kapita capai Rp 37,38 juta di tahun 2015, bertambah jadi Rp 54,70 juta di tahun 2015.

Pergerakan kemajuan ekonomi Sulawesi tengah sejauh masa 2010-2019 selalu ada di atas pergerakan ekonomi nasional. Pergerakan ekonomi paling tinggi terjadi di tahun 2015 yaitu sejumlah 15,52 %, yang bawa Sulawesi Sedang jadi propinsi dengan kemajuan ekonomi paling tinggi ke-2 di Indonesia sesudah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Nilai export Sulawesi tengah pada September 2020 terdaftar sejumlah 702,66 juta dolar AS. Komoditas export khusus, diantaranya, besi, baja, mineral, dan bahan kimia organik. Adapun negara arah export khusus, diantaranya, China, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, India, dan Vietnam.

Nilai import Sulawesi tengah pada September 2020 sejumlah 300,23 juta dolar AS. Komoditas import khusus, diantaranya, besi, baja, beberapa mesin/pesawat teknisi, mineral, dan mesin/perlengkapan listrik.

Pengunjung nikmati pijaran sinar keemasan matahari senja di Pantai Kaluku, Dusun Limboro, Kecamatan Banawa tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi tengah, seperti kelihatan pada Minggu (10/7/2016). Pantai itu mulai diserang pencinta rekreasi bahari.

Di bidang pariwisata, Sulawesi tengah benar-benar kaya alam dan kebudayaan. Sulteng mempunyai beberapa tujuan rekreasi yang paling cantik, salah satunya Kepulauan Togean. Karena keelokan alam bawah lautnya, Togean mempunyai panggilan “The Coral of Triangle” dan sebagai Cagar Biorsfer Dunia yang diputuskan oleh Unesco pada Juni 2019.

Sulteng mempunyai Pulo Dua yang kekuatan bawah lautnya tidak kalah menarik. Pulo Dua bisa juga diperkembangkan sebagai rekreasi riwayat, karena dahulu di situ sebagai lokasi perang tentara Jepang jaman perang Pasifik, Pulau Sambori yang dipanggil “Raja Ampatnya Sulawesi”.

Tujuan yang lain ialah Danau Poso sebagai danau paling besar ke-3 di Indonesia dan Taman Nasional Lore Lindu sebagai komunitas hewan epidemik Sulawesi dan jadi situs batu megalitikum yang berumur beberapa ribu tahun.

Posted in Daerah.

Tagged with , , , , , .


Ahli kunci di BSD Tangerang 081280786520 terlaris di BSD Tangerang, Gading Serpong, Serpong, Alam Sutera, Modernland Karawaci Kota Tangerang Banten

Ahli kunci di BSD Tangerang 081280786520 terlaris di BSD Tangerang, Gading Serpong, Serpong, Alam Sutera, Modernland Karawaci Kota Tangerang Banten. Cari tukang kunci di tangerang tukang kunci, ulangi Kunci, service kunci, service kunci ya silahkan hubungi Squire Lock 081280786520 Ingin menggandakan kunci di Tangerang? Tidak perlu bingung gandakan di sana, ini bekerja sangat cepat di Juragan Kunci, Yang terbesar, profesional, datang ke alamat kami, atau Anda dapat menghubungi kami di 081280786520.

Dalam hubungan kehidupan bermasyarakat, negara harus Kehidupan sosial di tingkat internasional membutuhkan sistem Ini menentukan bagaimana manusia harus bergaul. sistem Pengaturan sosial ini telah menjadi saling menghormati dan Disebut etiket, etiket, etiket dan dan masih banyak lagi. Para ahli percaya bahwa moralitas tidak lebih dari aturan Perilaku, manusia terbiasa dengan hubungan antara satu sama lain Dan pastikan apa yang benar dan apa yang buruk. Menyalin tukang kunci adalah profesi informal.

Di lingkungan sekitar kita, tugas mereka adalah Salin atau salin kuncinya. Dalam produksi Kunci berulang, contoh pengalaman tukang kunci: Sangat “GAUL” dan “Ngenomi” mengakui bahwa mereka hanya membutuhkan Tidak ada lima menit, selama ada contoh. Proses produksi Menggunakan mesin, alat ukur dan dokumen. Ini adalah alat yang sama yang digunakan oleh tukang kunci Ini di pusat perbelanjaan mal.

Tentang biaya layanan pembuatan kunci Sangat terjangkau, cobalah untuk menjaga harga tetap rendah. Ini Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan. “Kami tidak ingin menghadapi Orang-orang panik karena kuncinya tertinggal di mobil dan kemudian Suku bunga tinggi,” katanya.

Kunci Eropa premium. Puji produk kunci mobil Eropa cenderung Ini rumit dan tidak sulit bagi pemilik mobil. Beberapa mobil Ekspor dari Jepang, jangan sering-sering menutup pintu mobil Tekan pelatuk. Oke, tutup dengan mengunci semuanya.

Tukang kunci duplikat biasanya menyediakan layanan berikut:

  1. Kunci duplikat dari berbagai kunci; rumah, sepeda motor, Mobil, gembok, loker, lemari arsip, rolling door.
  2. Kunci servis, perbaiki kunci rusak, kunci motor Hilang, loker diperbaiki, mobil terkunci di dalam, kunci rumah Hilang.

Tetapi bahkan jika remote control tidak mengganti baterai, kunci mobil bmw masih bisa menghidupkan mobil karena sistem sudah on Remote control tidak mempengaruhi sistem kunci anti-pencurian BMW Hanya merepotkan karena terbuka dan Pintu harus ditutup secara manual.

Profesi tukang kunci memang membutuhkan ketegasan dan Akurasi, karena sekali kita gagal, kita sia-sia Bahan utama asli. Lanjutkan dengan hati-hati untuk Pekerjaan tukang kunci bisa bertahan lama Langganan, tidak selalu berurusan dengan polisi, dia selalu Pertahankan kualitas setiap pesanan yang mengulangi layanan utama.

Ini adalah profesi, baik informal atau Harus memiliki etika profesi sebagai acuan Lakukan profesi dengan benar dan benar. Jadi salinan kunci ini adalah cara yang ampuh dan dapat diandalkan, apa itu? Jika Anda semua kesulitan menemukan yang baru, artikel di atas Sebelumnya ini tentang kunci duplikat, untuk kalian semua

Jika Anda merasa perlu menduplikasi dan butuh layanan pembuatan kunci, Anda dapat mencari di sekitar rumahmu. Selain lebih praktis, pengulangan kunci juga sangat berpengaruh Ini bagus untuk pabrikan karena tidak ada Tukang Kunci BSD Tangerang 081280786520 Best Seller BSD Tangerang, Gading Serpong, Serpong, Alam Sutera, Modernland Karawaci Semua orang bisa melakukannya.

Jika Anda ingin mengenal orang lain, terutama Pertanyaan kuncinya, cari saja di blog ini, karena semuanya ada disini Informasi kuncinya ada di sana, terima kasih telah mengunjungi blog Demikian informasi yang kami berikan semoga bermanfaat Tetap mengemudi untukmu.

Duplikat kunci panggilan 081280786520 di Tangerang, Tangerang murah, cepat, profesional dan bergaransi, Cakupan pelayanan kota tangerang, bagus Tingkat kabupaten Tangerang atau tingkat satu Desa Tangerang Tukang kunci Tangerang, tukang kunci Tangerang, tukang kunci Tangerang, Ahli kunci Tangerang, produsen duplikat kunci Tangerang, Layanan kunci Tangerang, kunci duplikat Tangerang, ahli layanan kunci Tangerang, pakar replikasi kunci Tangerang, Tangerang Banten terbaik dan terpercaya, Tukang kunci telepon ini dapat memecahkan masalah Kunci apa pun, tukang kunci jangka panjang, Kapten Kunci Tangerang telah menguasai masalah utama Mobil, sepeda motor, brankas, loker, lemari arsip, gembok, pintu Dan lain-lain. Jasa tukang kunci profesional tangerang menangani kunci Mobil, perangkat anti-pencurian, remote control, brankas terbuka, dan layanan:

  1. Servis dan perawatan kunci area Tangerang. Itu adalah Termasuk perbaikan kunci dan kunci anti-pencurian yang disebabkan oleh kunci yang rusak Salah, data hilang, reset, kesalahan kunci rusak. Terapkan ke
    Berbagai merk kunci, entah itu kunci mobil ala eropa, mobil Mobil Jepang, mobil Korea, mobil Amerika, mobil Jerman, mobil Inggris, dll. kunci Sepeda motor Eropa, Jepang, Amerika, rumah, kunci pintu kantor,
    Lemari pengisian pengaman dll.
  2. Kunci Tangerang berulang. Kunci duplikat atau lebih Popularitas suku cadang kloning, termasuk semua kunci dan segalanya merek,. Kunci rumah/pintu, kunci mobil untuk Eropa, Asia, Amerika, dll.Kunci sepeda motor, Eropa, Asia, Amerika dan kunci pengaman lainnya, replika Kunci anti-pencurian, duplikat remote mobil, dll.
  3. Layanan panggilan Tangerang. Apakah layanan panggilan? Tukang kunci datang ke tempat yang disepakati kedua belah pihak. melayani Anda dapat menghubungi layanan kami kapan saja, di mana saja
    Klausul kesepakatan harga dan jaminan keamanan.
  4. Jasa buka pintu mobil tangerang. Apakah layanan Layanan yang digunakan untuk membuka pintu mobil dengan kunci tertinggal di bagasi atau Di dalam mobil. Gunakan kunci master yang bebas dari keausan dan goresan, Melayani segala jenis monil, baik itu mobil Asia, seperti Toyota, Honda dll., BMW Eropa, Mercy, AUDI dan mobil Amerika lainnya, Ford jip dll.
  5. Layanan buka kunci Tangerang. Apakah layanan Tukang kunci biasanya hanya bertanggung jawab untuk membuka kunci telepon. Buka pintu rumah, apartemen, kantor, dll.
  6. Buka layanan Tangerang Safe. Aktifkan layanan dengan aman Mencakup semua merek, semua tipe, semua ukuran, termasuk manual Dan layanan digital, melayani Jabodetabek dan seluruh wilayah Indonesia
    Indonesia.
  7. Kunci utama. Adalah layanan pembuatan kunci utama, seorang anak Kunci dapat digunakan di semua rumah kunci. Bisa melamar Pintu, lemari arsip, lemari penyimpanan, gembok pintu, pintu kaca Kantor, hotel, dll.
  8. Perbaikan tukang kunci keamanan. Semua merek, semua ukuran, Semua tipe, semua wilayah khususnya Jabodetabek. Jadi jika ada masalah dengan kunci Anda, silakan lanjutkan Silahkan hubungi kami Seperti tercantum di atas, kami menerima jasa tukang kunci khusus Di Tangerang dan kemana kita sering pergi
    Memecahkan masalah utama yaitu BSD Tangerang, Gading seprong Tangerang, Serpong Tangerang, Alam Silk
    Tangerang, Karavac Tangerang, Citra Raya Tangerang, Bandara Soekarno Hatta.

Kami juga menyediakan jasa copy kunci mobil anti maling di Indonesia Tukang kunci Tangerang dan ahli kunci mobil anti maling Tukang Kunci BSD Tangerang 081280786520 Best Seller BSD Tangerang, Gading Serpong, Serpong, Alam Sutera, Modernland Karawaci. Kami menyediakan berbagai jasa ahli kunci mobil anti maling.

Buka pintu mobil tanpa goresan Layanan anti maling kunci mobil Pakar kunci mobil perangkat anti-pencurian Buat kunci anti maling agar semua kunci mobil tidak hilang Jika salah satu kunci anti maling anda hilang, silahkan reset kunci anti maling, Sehingga jika ada yang menemukannya tidak bisa masuk dan Tidak dapat menghidupkan mobil Anda. Sering disebut sebagai ahli kunci mobil Tangerang, Tangerang tukang kunci, replika kunci Tangerang, Duplikat Kunci Tangerang, Servis Kunci Tangerang.

Ahli Kunci Di Tangerang
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Batuceper
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Batu Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Batu Sari
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Batu Ceper
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kebon Besar
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Poris Gaga
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Poris Gaga Baru
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Poris Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Benda
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Belendung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jurumudi
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jurumudi Baru
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Benda
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pajang
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Cibodas
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jatiuwung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cibodas
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cibodas Baru
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cibodas Sari
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Uwung Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Panunggangan Barat
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Ciledug
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sudimara Barat
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sudimara Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sudimara Selatan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sudimara Timur
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Tajur
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Paninggilan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Paninggilan Utara
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Parung Serab
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Cipondoh
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Poris Plawad
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Poris Plawad Indah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Poris Plawad Utara
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Gondrong
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kenanga
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Ketapang
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Petir
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cipondoh
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cipondoh Indah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cipondoh Makmur
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Jatiuwung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Alam Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Keroncong
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasir Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jatake
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Manis Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Gandasari
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Karang Tengah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karang Mulya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karang Tengah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karang Timur
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pondok Pucung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Padurenan (Pedurenan)
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Parung Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pondok Bahar
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Karawaci
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Koang Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Nambo Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pabuaran Tumpeng
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasar Baru
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bugel
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Gerendeng
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Marga Sari
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suka Jadi
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cimone
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pabuaran
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sumur Pancing (Pacing)
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bojong Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karawaci
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cimone Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karawaci Baru
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Nusa Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Larangan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Gaga
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Larangan Indah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Larangan Selatan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Larangan Utara
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cipadu
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cipadu Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kreo
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kreo Selatan
Ahli Kunci Tangerang 0. Kecamatan Neglasari
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karang Anyar
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karang Sari
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Selapajang Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kedaung Baru
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kedaung Wetan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Mekar Sari
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Periuk
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Periuk
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Periuk Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Gebang Raya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sangiang Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Gembor
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Pinang / Penang
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cipete
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pakojan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Panunggangan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Panunggangan Timur
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Panunggangan Utara
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kunciran
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kunciran Indah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kunciran Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Nerogtog
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pinang
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sudimara Pinang
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Tangerang
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suka Asih
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sukarasa
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cikokol
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kelapa Indah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Babakan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sukasari
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Buaran Indah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Tanah Tinggi
Ahli Kunci Tangerang KABUPATEN TANGERANG BANTEN :
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Balaraja
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Balaraja
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cangkudu
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Gembong
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Saga
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sentul
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sentul Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suka Murni
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Talagasari
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Tobat
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Cikupa
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bitung Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bojong
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Budi Mulya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bunder
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cibadak
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cikupa
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Dukuh
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasir Gadung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasir Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suka Damai
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suka Mulya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suka Nagara
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Talaga
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Talaga Sari
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Cisauk
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Mekarwangi
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cisauk
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Dangdang
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suradita
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cibogo
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sampora
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Cisoka
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bojongloa
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Carenang
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Caringin
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cempaka
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cibugel
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cisoka
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jeung Jing
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karangharja
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Selapajang
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sukatani
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Curug
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Binong
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cukang Galih
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Curug Kulon
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Curug Wetan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kadu
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kadu Jaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suka Bakti
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Gunung Kaler
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cibetok
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cipaeh
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Gunung Kaler
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kanda Wati
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kedung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Onyam
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Ranca Gede
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sidoko
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Jambe
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Ancol Pasir
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Daru
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jambe
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kutruk
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Mekarsari
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasir Barat
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Rancabuaya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Suka Manah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Taban
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Tipar Jaya (Tiparraya)
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Jayanti
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cikande
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Dang Deur
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jayanti
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pabuaran
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pangkat
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasir Gintung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasir Muncang
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Sumur Bandung
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Kelapa Dua
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bencongan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bencongan Indah
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bojong Nangka
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Curug Sangerang (Curug Sangereng)
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kelapa Dua
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pakulonan Barat
Ahli Kunci Tangerang 0. Kecamatan Kemiri
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Karang Anyar
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kemiri
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kjlebet (Kelebet)
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Legok Sula Maju
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Lontar
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Patra Manggala
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Ranca Labuh
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Kosambi
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Dadap
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jatimulya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Belimbing
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cengklong
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kosambi Barat
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kosambi Timur
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Salembaran Jati
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Salembaran Raya
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Rawa Burung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Rawa Rengas
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Kresek
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Jengkol
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kemuning
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Koper
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kresek
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasir Ampo
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Patra Sana
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Ranca Ilat
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Renged
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Talok
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Tamiang
Ahli Kunci Tangerang Kecamatan Kronjo
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Bakung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Blukbuk
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cijeruk
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Cirumpak
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Kronjo
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Muncung
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pagedangan Ilir
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pagedangan Udik
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pagenjahan
Ahli Kunci Tangerang Kelurahan/Desa Pasilian

Posted in Jasa.

Tagged with , , , , .


Resep Nasi Goreng Jawa Simpel Dan Enak

Resep nasi goreng jawa merupakan salah satu masakan rumahan, dan menjadi makanan pokok ketika ratu dapur tidak ada waktu untuk memasak atau tidak ada bahan di lemari es. Bahan-bahannya sederhana, dan hampir setiap keluarga memilikinya, membuat resep nasi goreng ini mudah digunakan kapan saja, di mana saja.

Sebagai hidangan nasional kita yang dinikmati jutaan orang setiap hari, Anda tentu perlu mengetahui resep nasi goreng jawa. Hidangan ini akan melengkapi harta karun kuliner nasi goreng yang telah Anda kumpulkan selama ini untuk dinikmati setiap hari di rumah!

Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng Jawa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan untuk mengatasi masalah rasa lapar Anda—terutama saat malam tiba. Ya, mungkin ada banyak koki nasi goreng yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal Anda, tetapi tidak ada yang lebih baik daripada memasak sendiri. Apalagi jika bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Protein yang dibutuhkan adalah bakso ayam dan daging sapi. Penuhi kebutuhan serat Anda dengan menambahkan kubis dan caisim. Aduk semuanya dan campur dengan bumbu halus dan telur. Terakhir, tambahkan kecap manis, garam, merica, dan sedikit kecap.

bahan yang dibutuhkan:

1600 gr nasi putih
2 butir telur, kocok lepas
1 potong daging paha ayam atas bawah, iris tipis
6 bola daging sapi, iris
5 iris kubis, tanpa tulang dan cincang kasar
6 batang caisim, potong 3 cm
2 sendok makan kecap manis
1 bungkus nasi goreng royco bumbu lengkap
1 sendok teh garam
1 sendok teh lada putih
2 bawang merah, iris tipis
2 sendok makan minyak untuk menggoreng

bubuk rempah-rempah

3 siung bawang putih, goreng
4 pecan, goreng
6 bawang merah
3 buah cabai merah besar
5 ebi

Bagaimana cara melakukannya

  1. Minyak pemanas. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan telur di tengah panci. Aduk hingga menjadi butiran.
  2. Tambahkan ayam dan aduk hingga matang. Masukkan bakso sapi dan aduk sebentar. Tambahkan kubis dan kesim. Aduk hingga setengah layu.
  3. Tambahkan nasi. Mengaduk. Tambahkan kecap manis Bango, nasi goreng Royco Bumbu utuh, garam dan merica. Aduk hingga matang.
  4. Tambahkan daun bawang cincang. Aduk rata. melayani.

Resep nasi goreng, resep nasi goreng enak, resep nasi goreng jawa, nasi goreng resep, resep masak nasi goreng, resep bikin nasi goreng, resep nasi goreng jawa tengah, resep makanan nasi goreng, resep sederhana nasi goreng, resep membuat nasi goreng yang enak, resep+nasi+goreng, resep bumbu nasi goreng enak, resep bumbu nasi goreng sederhana, resep nasi goreng sedap, resep nasi goreng enak dan mudah, resep buat nasi goreng enak, resep masak nasi goreng yang enak, nasi goreng spesial resep, resep nasi goreng sederhana yang enak, resep nasi goreng bumbu iris, resep enak nasi goreng, aneka resep masakan nasi goreng, resep membuat nasi goreng enak, resep nasi goreng enak banget, resep resep nasi goreng.

Posted in Resep nasi Goreng.

Tagged with , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .