Skip to content


Usaha Tambang Batubara Di Indonesia

Usaha Tambang Batubara Di Indonesia. Usaha tambang batubara merupakan bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan yang besar, sehingga banyak orang yang ingin memulai bisnis. Namun untuk memulainya, kita perlu mengetahui cara memulai usaha pertambangan yang aman dan formal.

Karena batubara merupakan sumber energi yang diatur dalam UU Pertambangan, maka tidak mungkin melakukan usaha ini tanpa izin. Beginilah cara memulai bisnis pertambangan yang bisa dijadikan panduan.tambang batubara, alat berat tambang batubara, kecelakaan tambang batubara, truk tambang batubara, tambang batubara kalimantan timur, tambang batubara terbesar di indonesia, tambang batubara kalimantan, mobil tambang batubara, tambang batubara kalimantan selatan, tambang batubara terbesar di dunia, insiden tambang batubara, proses tambang batubara, tambang batubara di kalimantan, insiden tambang batubara pama, blasting tambang batubara kpc, tambang batubara terbesar, kecelakaan kerja di tambang batubara, peledakan tambang batubara, kecelakaan kerja tambang batubara, tambang batubara sawahlunto, accident di tambang batubara, truck tambang batubara, tambang batubara kpc, tambang batubara tradisional, tambang batubara adaro, tambang batubara pt adaro, tambang batubara pama, animasi tambang batubara, tambang batubara kalsel, sangatta kota tambang batubara, blasting tambang batubara pama, tambang batubara bengkulu, tambang batubara ombilin sawahlunto, hd tambang batubara, reklamasi tambang batubara, tambang batubara jambi, tambang batubara bukit asam.
Mengapa batubara menjadi salah satu hal terpanas dan dapat membawa keuntungan besar? Karena batubara dapat memenuhi kebutuhan manusia terutama kebutuhan energi. Menurut data Outlook Energy yang dirilis oleh Komisi Energi Nasional (DEN) pada tahun 2014, Indonesia memiliki 119,82 miliar ton tenaga batu bara dan 28,97 miliar ton cadangan batu bara.
Angka ini juga menunjukkan bahwa negara saya adalah salah satu produsen batubara terbesar di dunia. Jadi, Anda tidak perlu meragukan manfaat mencoba di bidang ini. Kunci sukses usaha tambang batubara formal adalah perizinan. Jadi, jika Anda ingin menjadi pengusaha tambang batu bara yang sukses, Anda harus melengkapi lisensi ini dengan benar.
Industri pertambangan sendiri diatur dalam UU Pertambangan 2009 (UU Pertambangan dan Batubara No. 4). Selain itu, tata cara pemberian wilayah, izin, dan pelaporan kegiatan usaha pertambangan dan pertambangan batubara telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020.
Untuk mendapatkan izin usaha tambang batubara, berikut adalah ringkasan langkah-langkahnya:
Pastikan usaha yang dijalankan tidak ada kaitannya dengan kegiatan ekstraksi minyak atau gas bumi. Karena departemen ini dibatasi dalam operasi dan kepemilikan asing.
Selanjutnya, tentukan apakah kegiatan usaha yang dilakukan non-inti atau inti. Kegiatan inti adalah kegiatan berupa pencarian, eksplorasi, penyelidikan umum, pengolahan dan pemurnian, jasa pascatambang, reklamasi, pengangkutan, pembangunan tambang, lingkungan pertambangan, serta keselamatan dan kesehatan kerja. Pada saat yang sama, kegiatan selain kegiatan di atas adalah kegiatan non-inti.
Kemudian, perusahaan yang Anda operasikan harus perusahaan PT PMA atau perusahaan penanaman modal asing. Anda juga harus berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan dan menyerahkannya kepada Administrasi Umum Mineral dan Batubara. Sebagai catatan, tahap ini sangat penting. Jika Anda ingin mendapatkan lisensi, Anda seharusnya tidak menemukan kesalahan.
Perlu diketahui bahwa ada dua jenis izin yang dapat dipilih, yaitu: Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) dan Surat Tanda Daftar Perusahaan (SKT). Namun, nama umum dari izin tersebut adalah IUP, dan Anda dapat memperolehnya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Kemudian, pastikan Anda mengikuti prosedur penawaran. Ini akan menentukan apakah Anda memiliki hak atas tambang tertentu. Hanya pemerintah yang dapat menerapkan prosedur ini. Ketika Anda mendapatkan hak, Anda bisa mendapatkan IUP (Izin Usaha Pertambangan), dan usaha tambang batubara yang Anda miliki hanya bisa berjalan.
Inilah cara memulai bisnis pertambangan batu bara yang bisa Anda jadikan panduan. Dari informasi tersebut terlihat bahwa bisnis batu bara memang merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Namun, untuk menjalankan bisnis ini, izin resmi diperlukan untuk beroperasi secara normal. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli hukum untuk mempelajari cara mendapatkan izin perusahaan pertambangan dengan cepat dan efisien.

Posted in Tambang.

Tagged with , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .