Membangun Sebuah Bisnis

Membangun sebuah bisnis adalah sebuah sesuatu yang di idamkan berbagai banyak orang. Untuk memulainya mengkin banyak orang yang bisa melakukannya. Tapi banyak juga yang memiliki bisnis tapi tak mampu bertahan dan akhirnya colaps. Lalu bagaimana agar sebuah bisnis bisa berkembang dan bertahan. Itulah yang ingin saya pelajari, mungkin temen-temen para jagoan bisnis ada yang memberikan masukan..?

Dari beberapa hal yang pelajari dari orang-orang sukses terdekat saya ada beberpa point yang harus saya perhatikan dalam memulai sebuah bisnis.

Lakukan bisnis yang anda sukai.
Sesuatu yang anda lakukan akan berhasil apabila sesuai dengan hobi dan kegemaran anda. Bahkan banyak orang yang sukses berawal dari hobi mereka yang di tekuni.

Tetap fokus pada satu bidang
Di sinilah biasanya ketika sedikit kesuksesan mereka meningkat, biasanya mereka tergiur oleh bisnis lain yang menurut mereka lebih menguntungkan. Disinilah letak godaan itu berada. Seharusnya kita bertahan dan tetep fokus pada satu bidang. Atau bias juga kita melakukan beberapa inovasi terhadap produk-produk kita biar terlihat selalu baru. Dan bagaimana caranya kita mempunyai nilai lebih di banding dengan rival atau pesaing kita.

Lakukan dengan totallitas atau 100%
Rumus ini saya dapatkan dari sebuah coaching bisnis yang menyatakan bahwasanya ketika sesuatu yang tidak 100% maka hasilnya akan 0(zero). Ibarat pesawat yang membutuhkan kecepatan sekian knots untuk landing jika kekurangan sedikit saja kecepatannya maka akan gagal landing.

Lakukan inovasi dan mengikuti perkembangan jaman
Untuk selalu up todate dan mengikuti perkembangan jaman adalah hal wajib dalam membangun sebuah bisnis. Bayang kan jika sesuatu yang kita jual hanya itu-itu saja. Akan ada titik jenuh pada pelanggan kita. Hal inilah harus kita lakukan inovasi dan modivikasi produk kita mengikuti tren dan perkembangan jaman. Terlebih di berkembang pesatnya era teknologi sekarang ini.

Lakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati dalam menghadapi klien anda
Intinya ketika sesuatu yang kita lakukan di awali dari hati maka akan menghasilkan sesuatu yang lebih. Nilai lebih bisnis kita kadang terletak pada hubungan emosional antara anda dan klien anda.

Mungkin itulah ilmu bisnis yang sementara ini saya dapatkan. Mari kita bertukar ilmu untuk memulai bisnis. Sharingkan ilmu anda di sini..! dan kita diskusikan bersama..

Still believe the miracle if you need your dream come true –¬†arin –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *