browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Perkembangan Peradaban Manusia Dan Teknologi Terkini

Posted by on November 26, 2018

Manusia akan selalu mencari cara untuk mempermudah hidup, dan oleh karenanya akan semakin banyak teknologi terkini yang akan bermunculan untuk mempermudah hidup.

Manusia sudah menempati planet bumi ini sekitar 200 ratus ribu tahun lamanya, dan baru 500 tahun sebelumnya manusia melakukan revolusi saintifik yang memberikan jalan kepada teknologi terkini untuk bermunculan. 

Semua teknologi yang bermunculan dan kita rasakan dan gunakan saat ini berawal dari revolusi industri 500 tahun yang lalu dan oleh karenanya tergolong sangat muda dari umur peradaban manusia.

Berbagai Teknologi Canggih Hari Ini

Secara teknis, semua teknologi manusia yang dikenal pasca revolusi ilmiah dikenal sebagai teknologi terkini. Tetapi artikel ini akan membatasi pengertian teknologi tersebut dengan menekankan keumuman penggunaan dan kecanggihan teknologi tersebut yang kita rasakan hari ini. Berikut adalah beberapa teknologi tersebut. 

Internet 

Meskipun kemunculan internet paling awal bermula pada tahun 1960an, teknologi internet yang kita kenal seperti hari ini barulah muncul satu dekade lalu, yaitu di sekitar tahun 1990-an. Hal ini menjadikan teknologi internet merupakan sebuah teknologi yang muda dan paling kekinian dibandingkan dengan penemuan teknologi lainnya.

Teknologi medis 

Berbagai teknologi medis hari ini seperti X-ray, kemoterapi dan lainya merupakan teknologi yang sangat baru jika dibandingkan dengan umur perkembangan teknologi itu sendiri. Hal ini dikarenakan berbagai alat-alat medis tersebut membutuhkan perhitungan dan kompleksitas yang sangat tinggi sehingga butuh waktu lama untuk merumuskan dan mengembangkanya. 

Teknologi antariksa 

Hal ini juga tergolong baru karena revolusi ilmiah tidak menyangkut teknologi antariksa. Dunia roket itu sendiri pertama kali dipatenkan oleh werner von braun untuk roket yang digunakan oleh nazi untuk melawan sekutu pada tahun 1933. 

Hingga hari ini, perkembangan roket terus mengalami perkembangan, hingga akhirnya muncul roket falcon 9 yang bisa kembali ke tanah setelah peluncuran. 

Ternyata banyak juga perkembangan teknologi lebih canggih yang didasarkan pada teknologi teknologi yang sudah disebutkan diatas, satu yang sudah menerapkannya adalah Pindad dengan teknologi militer seperti tank Kaplan MT Sang Harimau Hitam.

Kaplan MT Sang Harimau Hitam

Kaplan MT adalah hasil dari kerjasama antara perusahaan pengembang senjata Indonesia yaitu pindad, dan perusahaan senjata turki. 

Kaplan MT merupakan sebuah tank berkelas menengah yang sangat cocok untuk medan Indonesia yang berkepulauan dan rural area. Teknologi militer Indonesia sudah mampu untuk membuat tank berkualitas tinggi dengan memiliki beberapa spesifikasi seperti:

Persenjataan yang mematikan

Berbagai senjata yang dipasang di Kaplan adalah , meriam utama berdiameter 105mm, senjata mesin 7.62 mm dan peluncur granat asap. Berbagai persenjataan tersebut sangatlah mematikan dan merupakan spesifikasi yang hampir setara dengan tank amerika Abram. Dengan memiliki tank ini, daya gempur infanteri Indonesia pastinya akan bertambah
mematikan dan efektif.

Sistem peringatan laser

Di setiap tank modern, terdapat sistem peringatan bidikan dengan laser. Hal ini untuk memberitahukan awak tank bahwa mereka sedang dibidik oleh senjata anti-tank seperti javelin kornet. Awak tank bisa mengeluarkan granat asap untuk mengacaukan bidikan mereka dan menyelamatkan mereka dari kehancuran.

Daya tempuh yang jauh

Tidak ada yang pasti di medan perang, dan oleh karenanya sebuah tank harus mampu untuk memiliki durabilitas yang tinggi untuk bisa bermanuver secara cepat. Kaplan MT mampu untuk menempuh jarak 450 KM dan oleh karenanya bisa mencapai medan tempur secara cepat untuk memberikan tekanan kepada pasukan musuh.

Teknologi militer Indonesia memang tidak bisa dibandingkan dengan Australia atau amerika karena memang sangat jauh dari segi kualitas dan kuantitas, meskipun begitu, pindad terus melakukan inovasi untuk melakukan pengejaran dan pembaharuan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda mengenai teknologi militer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *