«

»

Jul 04

Manajemen Proyek: Pengertian, Karakteristik, Konsep, Fungsi

Memahami manajemen proyek
Baca cepat Buka

Manajemen proyek adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan dan mengendalikan) agar dapat mencapai tujuan proyek.

Tantangan terbesar dari sebuah proyek adalah untuk mencapai tujuan proyek dengan menyadari batasan yang dipahami sebelumnya. Secara umum batasannya adalah jumlah pekerjaan, jam kerja, dan anggaran pekerjaan. Dan ini biasanya disebut sebagai “tiga kendala” atau “tiga kendala”.
Memahami manajemen proyek menurut para ahli

Berikut ini adalah pengertian dari expert project management, antara lain sebagai berikut:

1. Setelah Garold D. Oberlender

Manajemen proyek adalah seni dan ilmu mengoordinasikan orang, peralatan, bahan, uang, dan jadwal untuk menyelesaikan proyek tertentu tepat waktu dan dalam batas biaya yang disepakati.
2. Menurut Olson (2003; 16)

Manajemen proyek adalah penerapan sumber daya, termasuk pengetahuan, alat, dan teknik, untuk merancang aktivitas proyek dan persyaratan proyek.

3. Menurut Budi Santoso (2003; 3)

Manajemen proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisir, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu dengan sumber daya tertentu dalam waktu tertentu. Manajemen proyek menggunakan staf perusahaan yang ditugaskan untuk tugas-tugas tertentu dalam proyek.
4. Menurut Wulfram I. Ervianto (2003: 19)

Manajemen proyek adalah keseluruhan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan koordinasi suatu proyek dari awal (ide) sampai akhir proyek untuk memastikan bahwa biaya proyek dilaksanakan tepat waktu, sesuai anggaran dan berkualitas.
5. Menurut Chase, Aquilano, Jacobs (2001; 58)

Manajemen proyek dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengarahan, dan pengelolaan sumber daya (personil, peralatan, bahan baku) untuk menyatukan aspek teknis, biaya, dan waktu suatu proyek.
Baca lebih lanjut: Memahami cuaca

6. Menurut H. Kerzner dalam Suharto (1997: 28)

Manajemen proyek adalah perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan dan pengendalian sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan jangka pendek yang ditentukan. Selain itu, manajemen proyek menggunakan sistem vertikal dan horizontal serta pendekatan hierarki (aliran aktivitas).
7. Setelah Sukanto

Manajemen proyek adalah upaya untuk merencanakan, mengatur, mengarahkan, mengkoordinasikan dan memantau kegiatan dalam proyek sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jadwal dan anggaran yang telah ditetapkan.

8. Menurut Ervianto (2005:21)

Manajemen proyek adalah keseluruhan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan koordinasi suatu proyek dari awal (gagasan) sampai akhir proyek untuk memastikan pelaksanaan proyek tepat waktu dengan biaya yang tepat dan kualitas yang tepat.
Properti manajemen proyek

Berikut ini adalah karakteristik manajemen proyek dalam kaitannya dengan manajemen, antara lain sebagai berikut:

Mengepalai organisasi proyek dan bekerja secara independen
Operator tunggal untuk mencapai tujuan proyek
Membutuhkan berbagai keterampilan dan sumber daya
Bertanggung jawab untuk menyatukan orang-orang dari fungsi atau disiplin kerja yang berbeda
Fokus pada ketepatan waktu dan biaya yang tersedia

Konsep manajemen proyek
1. Manusia

Orang memainkan peran paling penting dalam kaitannya dengan model kematangan manajemen utama berikut untuk komunitas perangkat lunak: rekrutmen, seleksi, manajemen untuk pekerjaan, pelatihan, kompensasi, pengembangan karir, desain tempat kerja, dan pengembangan / budaya organisasi dan tim. Organisasi dengan tingkat kedewasaan yang tinggi dalam manajemen manusia memiliki afinitas yang lebih tinggi untuk menerapkan praktik rekayasa perangkat lunak yang efektif.
masalah ke-2

Sebelum memulai proyek, perlu untuk menentukan objektivitas dan ruang lingkup, mempertimbangkan solusi alternatif, dan menentukan teknik dan batasan. Tanpa informasi ini, tidak ada perkiraan biaya yang andal dan tepat, penilaian risiko yang efektif, tugas proyek yang terperinci secara realistis, atau rencana proyek yang jelas dengan informasi kemajuan yang berarti.
proses ke-3

Proses perangkat lunak menyediakan kerangka kerja di mana rencana pengembangan perangkat lunak yang komprehensif dapat dibuat. Sejumlah kecil aktivitas kerangka kerja yang dapat diterapkan ke proyek perangkat lunak apa pun, terlepas dari ukuran atau kompleksitasnya. Sejumlah besar tugas yang berbeda, tonggak pencapaian, keterkiriman dan jaminan kualitas memungkinkan kegiatan kerangka kerja untuk disesuaikan dengan spesifikasi proyek perangkat lunak dan kebutuhan tim proyek. Manajemen dalam organisasi terdiri dari tiga tingkat pengambil keputusan manajemen, yaitu: tingkat manajemen bawah (operasi), menengah

 

Lihat Juga :

https://liga-indonesia.id/
https://www.bolt.id/
https://beautynesiablog.id/
https://psyline.id/
https://creasi.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://mandiriecash.co.id/
https://excite.co.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co