PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA BEKASI

Permasalahan dalam Instansi dan solusi menggunakan Teknologi Informasi

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi merupakan lembaga pelatihan kerja milik pemerintah dibawah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Tugas utama BBPLK Bekasi yaitu menyelenggarakan pelatihan, sertifikasi serta mendukung penempatan tenaga kerja, khususnya di bidang Elektronika dan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK).

Dewasa ini Indonesia sedang dihadapkan pada permasalahan besar dibidang ketenagakerjaan yaitu jumlah penganggur. Menurut angka Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Februari tahun 2017 mencapai 7,01 juta orang atau 5.33 %. Dengan jumlah penganggur sebanyak ini, selain berpengaruh terhadap masalah ketenagakerjaan, tentu juga berdampak pada semakin besar jumlah penduduk miskin yang diduga dapat menimbulkan kerawanan sosial, dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Untuk mengatasi masalah tersebut Kementerian Ketenagakerjaan selalu berusaha meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja melalui berbagai pelatihan dan pemagangan agar memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan kebijakan pembinaan pelatihan dan produktivitas melalui Program Kios3in1, yaitu program yang mengintegrasikan pelatihan, sertifikasi dan penempatan (baik di dalam maupun di luar negeri) dalam satu koordinasi yang terpadu, agar dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja dalam rangka penanggulangan pengangguran dan pada saatnya dapat mengentaskan kemiskinan.

Aplikasi Kios3in1 adalah paket program aplikasi komputer yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam sistem manajemen pengelolaan kegiatan pelatihan, sertifikasi dan penempatan tenaga kerja berbasis web. Program aplikasi ini merupakan bagian terintegrasi dalam sistem manajemen pelatihan, sertifikasi dan penempatan tenaga kerja yang diharapkan dapat mendukung pelayanan kepada masyarakat luas, terutama kepada para pencari kerja (penganggur) dan kepada para pengusaha yang membutuhkan tenaga kerja. Program ini dirancang khusus untuk membantu masyarakat sebagai bagian dari infrastruktur manajemen ketenagakerjaan dengan tingkat kebutuhan pertukaran data dan informasi (data and information exchanged) yang sangat cepat dan akurat serta dapat terdistribusi atau di akses dari jaringan internet.

Pengukuran Kinerja Solusi yang Diterapkan

Penggunaan aplikasi Kios3in1 menunjang efisiensi dan efektifitas pelayanan kepada masyarakat. Pengukuran kinerja aplikasi Kios3in1 ini dapat dilihat dari beberapa aspek:

  • Efektifitas Waktu

Para pencari kerja tidak perlu datang bahkan antre ke Balai Latihan Kerja untuk mencari informasi pelatihan, sertifikasi dan bursa kerja. Cukup dengan membuka aplikasi Kios3in1 di laman web, pencari kerja dapat mendaftar pelatihan, mengikuti sertifikasi atau melamar pekerjaan dengan waktu yang relatif singkat.

  • Efektifitas Biaya

Walaupun di tahap awal harus mengeluarkan biaya untuk membangun sistem aplikasi ini, untuk selanjutnya biaya operasional dapat ditekan melalui pengurangan penggunaan kertas dan alat tulis.

  • Tingkat Kegunaan

Bagi peserta pelatihan, aplikasi ini sangat membantu terutama para pencari kerja yang tinggal di luar Bekasi. Bagi perusahaan, aplikasi ini dapat menjadi akses untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bagi pegawai Balai Latihan Kerja, aplikasi ini memudahkan untuk telusur data peserta pelatihan karena semua data tersimpan pada database. Sehingga tidak perlu lagi menyimpan tumpukan berkas pendaftaran peserta pelatihan.

 

Permasalahan yang Belum Terselesaikan dengan Teknologi Informasi

Dengan adanya aplikasi Kios3in1 masyarakat di Kota Bekasi maupun luar kota dapat dengan mudah mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan di BBPLK Bekasi. Pada semester pertama 2017, peserta pelatihan yang berasal dari luar kota bahkan luar jawa cukup meningkat. Namun sebagian dari mereka mengeluhkan adanya proses seleksi tulis dan wawancara. Pada proses seleksi tulis dan wawancara, calon peserta harus datang ke BBPLK Bekasi untuk mengikuti seleksi secara langsung. Tentunya hal ini memberatkan para calon peserta dari luar kota, khususnya luar jawa.

Solusi Teknologi Informasi yang Perlu Diterapkan

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka solusi yang dibutuhkan adalah sebuah sistem informasi yang dapat mendukung proses seleksi online. Sistem ini dapat diakses oleh seluruh pendaftar pelatihan tanpa harus datang langsung ke Balai Latihan Kerja. Pembuatan sistem seleksi online dapat mendukung aplikasi Kios3in1 yang sudah tersedia. Diharapkan dengan solusi IT ini, dapat meningkatkan jumlah dan pemerataan peserta pelatihan sehingga terciptanya angkatan kerja yang terampil dan berdaya saing di seluruh Indonesia.