Apa Jenis Anda Sebagai Investor?

Investasi
Investasi

Memulai investasi jauh lebih mudah daripada zaman dahulu. Begitu juga dengan meningkatkan laba Anda jika Anda sudah berinvestasi. Tidak lagi hanya terbata pada institusi keuangan yang kaya atau besar. Semakin hari  orang-orang seperti ibu, ayah, mahasiswa dan bahkan anak-anak mencoba investasi yang dulu merupakan tempat bermain eksklusif orang kaya.

Namun sebelum menggali lebih lanjut, Anda harus menilai jenis investor apa sebenarnya Anda. Dalam beberapa tahun saya berinvestasi, saya telah melihat banyak belum menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan ini hanya datang dan pergi dan belakangan ini, dan saya melihat adalah al yang mengkhawatirkan.

Pikirkan sebentar … apakah Anda benar-benar memikirkan apa yang perlu Anda lakukan untuk mulai berinvstasi. Jika tidak, Anda perlu mempertimbangkan dengan serius jenis gaya investasi apa yang paling tepat untuk Anda.

Secara umum, gaya investasi ini untuk pasar saham, tapi bisa juga untuk orang yang berinvestasi di bidang lain misal emas, properti, valuta asing atau lainnya

Beli dan Tahan

Beli dan tahan, menempatkan uang mereka ke dalam saham yang mereka analisis bagus dan menahannya untuk 1 dan 50 tahun. Gaya investasi ini paling cocok untuk orang-orang yang berorientasi jangka panjang, tidak mencari keuntungan cepat dan memiliki analisis terhadap perusahaan yang baik. Orang yang menggunkan pendekatan ini yang paling terkenal adalah orang terkaya ketiga di dunia, Warren Buffet, jadi Anda bisa mengatakan bahwa itu bukan gaya yang buruk.

Tipe investasi ini juga bisa membeli instrumen investasi seperti reksadana, surat obligasi dan menahannya.

Pedagang

Pedagang adalah kebalikan dari pendekatan beli dan tahan dan melibatkan individu yang membeli dan menjual instrumen investasi dalam waktu yang singkat bisa hitungan jam, hari, atau minggu. Jika Anda memiliki banyak waktu dan siap untuk mengamati pergerakan pasar dekat maka pendekatan ini mungkin tepat untuk Anda.

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah analisis macam apa yang ingin Anda lakukan pada saham yang Anda pertimbangkan. Umumnya ada dua mazhab pemikiran, yang satu fundamental dan yang lainnya bersifat teknis. Anda akan selalu menemukan orang mendorong satu atau yang lain tetapi lebih masuk akal untuk menggabungkan campuran keduanya.

Fundamentalis cenderung melihat keuntungan perusahaan, arah manajemen, rencana masa depan / prospek pertumbuhan, ekonomi secara keseluruhan dan seperti perusahaan dan faktor ekonomi.

Sementara mereka yang memiliki latar belakang matematika atau ilmiah mungkin melihat grafik harga saham menggunakan berbagai teknik analisis seperti rasio, indikator dan tren untuk mengidentifikasi saham mana yang ingin mereka lihat lebih lanjut.

Anda harus menyadari bahwa mengandalkan sepenuhnya pada satu saja bukanlah hal yang paling bijaksana untuk dilakukan. Sebagai contoh grafik yang memiliki semua indikasi bahwa saham akan menjadi pilihan yang baik untuk masa depan tidak ada gunanya jika perusahaan akan mengajukan kebangkrutan. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, perpaduan keduanya harus dipertimbangkan.

Keputusan Investasi

Ketika Anda memutuskan apa jenis investor yang Anda inginkan, salah satu pertimbangan yang paling penting adalah ambang risiko Anda. Dengan kata lain, seberapa banyak Anda bersedia kehilangan. Ini akan berdampak pada gaya investasi yang Anda pilih dan juga akan memiliki hubungan dengan laba yang mungkin Anda inginkan.

Investor datang dalam berbagai bentuk dan tidak ada cara yang benar atau salah. Berbagai hal cocok untuk orang yang berbeda. Sangat penting bahwa Anda memutuskan metode mana yang paling sesuai dengan Anda dan Anda tetap menggunakan metode ini.

Suatu saat saya akan membuat artikel selanjutnya tentang pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan jenis investor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *