Jenis-Jenis Mobil Penumpang yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini, ada banyak jenis mobil penumpang yang digunakan. Setiap jenis mobil penumpang tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Selain itu, harga, desain dan varian lainnya pun berbeda-beda. Apa sajakah jenis-jenis mobil penumpang tersebut? Simaklah penjelasannya berikut ini.

  1. MPV

MPV adalah salah satu mobil yang sering digunakan para pedagang dan juga dijadikan sebagai mobil keluarga. Mengapa demikian? Ini karena mobil MPV memiliki ruang yang besar dan tempat duduk yang bisa memuat 7 penumpang. Contoh mobil MPV atau “Multi Purpose Vehicle” adalah Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan Daihatsu Xenia.

  1. SUV

SUV atau “Sport Utility Vehicle” adalah mobil yang memiliki performa tinggi yang cocok untuk menempuh jalanan dengan kondisi kurang baik. Dengan kata lain, mobil jenis ini dikhususkan untuk offroad atau medan yang kurang mendukung perjalanan yang nyaman. Salah satu mobil SUV yang terbaru dan bagus performanya adalah mobil SUV DFSK Glory 580. Mobil jenis ini memiliki desain yang tangguh dan sporti. Harganya pun terjangkau untuk salah satu produk mobil SUV. Selain itu, DFSK Glory 580 ini juga merupakan mobil penumpang yang nyaman untuk dikendarai dengan desain yang sporti.

  1. Sedan

Sedan merupakan jenis mobil perkotaan yang lebih mengutamakan pada kenyamanan pengendara di jalanan kota. Performanya cukup besar dengan kecepatan yang tinggi. Berbeda seperti sebelumnya, mobil jenis ini lebih mahal dan karena itulah hanya orang berduit saja yang membelinya. Contohnya adalah Toyota Vios, Honda City dan lain sebagainya.

  1. Hatchback

Hatchback merupakan sub dari Sedan. Ini merupakan turunan dari jenis mobil penumpang Sedan yang lebih mengkhususkan pada peniadaan bagasi. Bagian belakangnya didesain seperti MPV sehingga kabin akan terintegrasi dengan bagasi. Biasanya mobil jenis ini bisa memuat hingga 5 penumpang. Contohnya adalah Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go dan lain-lain.

  1. Sport Car

Jenis mobil penumpang ini adalah yang memiliki tenagan sangat besar. bentuknya menyerupai Sedan. Hanya saja desainnya membentuk desain sporti. Berbeda dengan yang lainnya, jenis mobil sporti lebih sering dibeli untuk memenuhi prestise, kepuasaan diri atau kemewahan semata. Contohnya adalah Lamborghini, LaFerrari, McLaren, Buggati, BMW i8 dan lain lain-lain.

  1. Coupe

Yang terakhir ada Coupe yang berasal dari kata couple. Ini artinya bahwa mobil ini khusus untuk 2 tempat duduk atau sepasang saja. Ini merupakan jenis mobil mewah yang berharga serupa dengan sport car. Dan biasanya ada sport car yang merupakan coupe, tetapi banyak mobil coupe yang tidak termasuk sport car.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *