2 Cara Kompres File PDF Online dan Offline

Cara kompres file pdf – Bagi Anda yang pekerjaannya sangat sering berhubungan dengan komputer, mungkin sudah familiar dengan jenis atau tipe file yang ada. Untuk file dokumen tulis misalnya, bentuk yang paling umum biasanya berekstensi .doc atau .pdf. File yang berekstensi .doc mengindikasikan bahwa file tersebut bisa dibuka dan diedit isinya menggunakan program Microsot Word, sedangkan untuk file berekstensi .pdf biasanya tidak bisa diedit isinya dan bisa dibuka dengan berbagai macam program pembaca file PDF.

Cara Kompres File PDF TentangselulerDiantara program-program yang bisa digunakan untuk membaca file PDF adalah Adobe Acrobat Reader dan Foxit Reader. Besar ukuran file PDF umumnya tidak terlalu besar, hanya beberapa MB saja. Tergantung seberapa banyak isi file serta banyaknya gambar di dalam file. Semakin banyak gambar maka semakin besar ukuran file PDF yang dihasilkan. Hal ini tentu menjadi masalah bila Anda akan mengirimkan file tersebut melalui e-mail.

Akan membutuhkan waktu cukup lama untuk upload dokumen tersebut ke e-mail, apalagi jika Anda menggunakan koneksi internet yang lemot. Solusinya Anda bisa kompres atau mengecilkan ukuran file PDF Anda sebelum mengirimkannya via e-mail. Ada beberapa cara kompres file PDF, baik online maupun offline. Untuk yang dengan cara online, terdapat beberapa situs yang menyediakan layanan kompres file pdf. Salah satunya adalah smallpdf. Situs ini memiliki tampilan antarmuka yang cukup mudah digunakan.

Anda tidak perlu mendaftar keanggotaan terlebih dahulu untuk menggunakan fiturnya. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pergilah ke situs http://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  2. Lakukan drag & drop file pdf yang akan dikecilkan ukurannya dari komputer Anda atau klik “Pilih File“.
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai 100% dan setelah itu proses mengkompres ukuran file akan berjalan otomatis.
  4. Setelah selesai klik tombol “Unduh File Sekarang“. Selesai.

Cukup mudah kan? Anda bisa juga memanfaatkan aplikasi Microsoft Word 2013, cara kompres file PDF adalah sebagai berikut :

  1. Buka Microsoft Word 2013, lalu pilih menu File – Open dan cari file PDF Anda.
  2. Ketika Anda membuka file berekstensi pdf di Office, maka secara otomatis akan diubah ke dalam bentuk file word terlebih dahulu. Jika ada pop up notifikasi, klik tombol OK untuk melanjutkan.
  3. Simpan kembali jadi file PDF dengan memilih pilihan File – Save As file.
  4. Pilih Save as type : PDF (*.pdf) dan Optimize for : Minimum size (publishing online), kemudian klik Save.

Sumber: https://tentangseluler.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *