Anda Seorang Desainer Bangunan Manfaatkan Software Ini Untuk Dukung Kinerja Agar Maksimal

Sebelum kecanggihan teknologi untuk mendesain bangunan umumnya para Arsitek menggambar desainnya secara lansung di atas kertas. Hal ini pastinya akan memakan waktu yang cukup lama kalau kita bandingkan dengan sekarang yang notabennya telah dibantu dengan kecanggihan fitur dari sebuah software CAD.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dengan adanya software desain bangunan, sekarang untuk mendesain rumah ataupun gedung bisa dikerjakan dengan bantuan software khusus yang memang dibuat khusus bagi para arsitektur dalam merancang bangunan, baik dalam bentuk 2D maupun bentuk 3D.

Nah, untuk kalian yang sedang menekuni dunia arsitektur atau memang telah mahir dalam bidangnya. Dibawah ini beberapa software desain bangunan terbaik untuk laptop yang direkomendasikan khusus pengguna pemula sampai dengan kalangan profesional:

  • Menggunakan Software : Microstation

Untuk kalian yang baru terju pada dunia desain pada perangkat lunak CAD, mungkin software ini menjadi sebuah software yang tepat untuk kamu terapkan. Sebab memang fungsinya yang mudah digunakan, software ini juga tergolong mudah digunakan bagi pengguna awam.

Melalui software desain bangunan yang satu ini, kamu bisa mendesain sebuah bangunan rumah sederhana dengan parameter ukuran sangat detail serta bisa dilihat dari sudut pandang manapun. Sebagai kelemahan tidak dapat membaca gambar dari AutoCAD yang pada dasarnya sangat perlu kompatibilitasnya bagi sebuah software desain bangunan.

  • Menggunakan Software : Punch Software

Walau diberikan dengan harga yang lumayan tinggi, software ini juga merupakan software desain bangunan terbaik yang mampu memberikan kualitas foto. Dengan hasil yang nyata dan nampak sempurna dengan fitur LightWorks. Dengan seperti itu, pengguna tentu bisa memperoleh sebuah desain perumahan sampai proyek besar seperti gedung dan proyek besar lainnya dengan lebih cepat.

  • Menggunakan Software : Revit Architecture

Selain mampu memperoleh gambar dalam bentuk 2D maupun 3D dalam format DWF, software ini juga mendukung beberapa format file untuk proses eksport dan import, mereka adalah berbentuk DWF, DWG, DGN, BMP, AVI, SKP, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Didukung dengan fitur Interference Check, melalui fitur ini kalian juga bisa menggabungkan beberapa model dari file yang berbeda menjadi satu file yang utuh. Contohnya desain dari Arsitek digabungkan dengan struktur dengan MEP.

Selain itu, ada juga berfungsi untuk mengetahui kalau ada komponen yang bertabrakan atau tidak tepat pada tempatnya. Melihat kegunaannya, software lebih cocok untuk digunakan dalam mendesain konstruksi bangunan proyek yang sangat besar. Dimana dalam hal ini sudah mendukung untuk konsep BIM atau Building Information Modeling.

  • Menggunakan Software : SketchUp

Software ini merupakan sebuah perangkat lunak desain grafis yang telah dikembangkan oleh Trimble. Namun seiring berjalannya jaman, Google juga sudah membeli hak cipta dari software ini sehingga kepopulerannya semakin meroket.

Kelebihan software ini dibanding dengan perangkat lunak serupa berupa mulai dari tampilannya yang menarik dan simpel, mudah dipakai oleh pengguna awam, software-nya sangat ringan untuk dijalankan, dan yang paling utama software desain bangunan ini bisa kita download secara gratis pada versi SketchUp Make.

Seputar dukungan fiturnya, telah menyediakan toolbar utama yang berisikan kumpulan alat-alat kerja, dilihat dari pencil untuk menuangkan garis pada gambar, rectangle atau persegi, circle atau lingkaran, serta arc atau melengkung untuk menjadikan berbagai objek sesuai dengan harapan.

Setelah kalian membuat bidang datar pada area gambar, kalian juga bisa menjadikannya dengan bentuk 3D dengan menggunakan fitur push atau pull. Selain itu juga masih banyak berbagai fitur menarik lainnya yang harus kalian coba dan rasakan kelebihannya judi slot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *