Belajar Sejarah Penyebab Kemunduran Kerajaan Majapahit Secara Lengkap Pada Pembahasan Berikut

 

Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar diindonesia. Pada masa kerajaan majapahit sebagai salah stau kerajaan yang sangat disegani kerajaan lain. Majapahit berada di jawa timur dengan di kuasai seorang raja bernama raden wijaya. Kerajaan ini juga merupakan kerajaan indianisasi paling akhir di indoneisa yang lokasinya ada di jawa timur dengan dibangun kurang lebih sekitar abad 13 sampai dengan 16.

Pada tahun 1293 masehi beberapa pasukan mongol datang ditanah jawa guna membalaskan perusakan nama baik untuk kaisar cina yang dikenal dengan kibilai khan yang telah mengirimkan utusannya meng chi menuju kerajaan singasari untuk meminta upeti. Dan berikut ini beberapa penjelasan lengkap mengenai kemunduran majapahit:

  • Faktor Penyebab Utama Majapahit Gugur

Pada saat itu jayakatwang adipati dari kediri dengan melengserkan kertanegara dari saran yang sudah diberikan aria wiraraja lalu jayakatwang menawarkan pengampunan untuk raden wijaya dari menantu kertanegara dengan memberikan diri lalu raden wijaya pun diberikan hutan tarik.

Selanjutnya raden wijaya telah membuka hutan itu guna mendirikan desa yang baru yang diberi panggilan dengan majapahit, nama dari majapahit ini peroleh dari buah maja serta yang rasanya pahit. Namun kerena, kemunduran di kerajaan majapahit serta mengalami berbagai pelemahan majapahit dengan sejumlah faktor yang lalu menjadikan majapahit ini benar-benar jatuh.

Setelah itu hanya sebagai sejarah dari kerajaan majapahit dan juga peninggalannya. Perang diantara saudara yang menggerus kekuatan kekuatannya pula, seperti pada perang paregreng yang kemudian memicu adanya malapetaka guna rakyat serta para warga bangsawan pula dan mengurangi kekuatan dan tak adanya persatuan lagi.

Sejumlah kawasan melepaskan diri, karena pemerintahan pusat dari kerajaan majapahit ini mengurangi kekuatan dan juga semakin kacau, kemudian para adipati yang ada di jawa dan sejumlah kerajaan yang ada di luar jawa pun ikut dengan maksud melepaskan diri dari kerajaan majapahit.

  • Terjadi Banyak Perang Yang Membuat Majapahit Runtuh

Jadi, jautuhnya dari kerajaan majapahit ini dikarenakan oleh kejadian perang paregreg. Perang ini merupakan perang saudara yang dilakukan kedua anak dari hayam wuruk. Gajah mada mengangkat kusumawardhai menjadi pemerintah majapahit yang tidak ditakuti oleh bhre wirabhumi.

Rasa tidak senang ini yang kemudian berkembang sebagai perang saudara yang populer dengan perang paregreg oada tahun 1401 hingga 1206. Di dalam perang yang satu ini bhre wirabhumi terbunuh. Perang yang sangat panjang tersebut menjadikan majapahit jadi semakin lemah.

  • Akibat Pemberontakan Sadeng

Selain yang diatas,  disebabkan juga pemberontakan sadeng yang merupakan sebuah pemberontakan yang dirasakan dalam masa peerintahan tribhuwanatunggadewi. Pemberontakan ini juga bisa dipadamkan oleh gajah mada yang pada waktu tersebut baru saja diangkat sebagai patih daha.

  • Akibat Pemberontakan Kuti

Dilanjutkan dengan pemberontakan kuti dan juga semi pada tahun 1319. Pemberontakan tersebut merupkan yang begitu besar dan juga begitu berbahaya. Kuti ini berhasil mantahtai di ibu kota kerajaan dan akhirnya jayanegara tersepaksa melarikan diri menuju kawasan bedander.

Jayanegara kemudian diamankan dengan pasukan bhayangkari dari pimpinan gajah mada. Karena kepemimpinan inilah gajah mada kemudian yang dikerjakan pemberontakan kuti bisa dipadamkan. Kejadian bubat ini bermula dengan keinginan dari hayam wuruk yang hendak menikahi dyah pitaloka dari putri raja sunda permainan bolavita.

Gajah mada kemudian menghendaki agar putri sunda ini diserahkan pada hayam wuruk untuk menjadi tanda tundukannya raja sunda kepada majapahit. Tentunya ini keinginan yang disampaikan oleh sir baduga maharaka, karena memang ayahnya adalah dari syah pitaloka.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *