Cara Paling Ampuh Untuk Mengobati Rasa Sakit Atau Ngilu Pada Lutut

Merasakan rasasakit pada bagian lutut dapan mengakibatkan kesulitan dalam bekerja, bermain, dan mungkin juga menjalani hidup. Ada banyak pilihan untuk mangatasirasa sakit pada bagian lutut.Namun tergantung pada tingkat keburukan dan gejala yang dialami, perlu adanya kesabaran untuk memilih perawatan baik untuk rasa sakit Anda. Dibawah ini beberapa hal untuk menjadikanrasa sakit pada lutut berkurang dan bahkan tak balik lagi:

  • Menggunakan Ekstrak Jahe

Jahe merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang sangat teruji efektif. Jahe tersedia dalam berbagai varian. Manfaat baik dari jahe terbukti ampuh meringankan sakit perut dan mual dan juga mampu menghilangkan rasa sakit pada cedera lutut atau arthritis. Sebuah penelitian pasien arthritis menemukan kalau jahe manjikan untuk mengurangi rasa sakit bila digunakan dalam kombinasi dengan obat resep untuk arthritis.

  • Menggunakan Kulit Pohon Willow

Penelitian juga sudahmembuktikan bahwa kombinasi dari penggunaan kulit pohon willow dan pengobatan lainnya untuk nyeri lutut mampu meredakan nyeri ringan sampai sedang. Banyak orang pada umumnya mengunyah kulit kayu atau menyeduhnya untuk membuat teh. Namun, Anda sebaiknya mamakai kulit pohon willow tidak berlebihan sebab bisa keracunan jika dalam jumlah yang banyak.

  • Menggunakan Kunyit

Kunyit merupakansalah satu jenis rempah yang sangat terkenal dalam masakan India yang memberikan mereka warna emas yang indah dan rasa yang menarik. Kunyit menyimpan kurkumin, antioksidan yang menjadi pelindung tubuh dari bakteri dan virus yang dapat merusak sel-sel dan jaringan. Kunyit juga dipakai untuk mencegah peradangan pada orang dengan arthritis.

  • Menggunakan Olahraga Dan Manajemen Berat Badan

Dengan melakukan beberapa latihan sehari-hari mampu mengurangi nyeri lutut dengan menjaga sendi aktif dan manjauhkan kekakuan. Semakin Anda manyadang berat badan labih, semakin berpotensi maningkatkan tekanan pada lutut, maka sangat penting untuk mengontrol berat badan yang ideal.

  • Menggunakan Obat Non-Steroid Anti-Inflamasi

Obat yang satu inimerupakan obat untuk mengurangi peradangan pada sendi dan otot. Obat ini mampumenyembuhkan pada peradangan yang tergantung pada kondisi kesehatan pengguna. Contohnya, orang dengan penyakit ginjal atau hati sebaiknya tidak mamakai NSAID.

Anda boleh membeli NSAID yang dijajakan di pasaran atau dengan resep dokter. Obat ini sering dipakai untuk pengobatan arthritis. Obat ini bekerja dengan menghalangi enzim dalam tubuh yang mengakibatkan peradangan, khususnya enzim berkode Cox-1 dan Cox-2.

Enzim ini menjadi peran penting dalam menjadikan prostaglandin yang adalah kelompok lipid yang dibuat pada kawasan kerusakan jaringan atau infeksi untuk mengelola proses peradangan. Dengan merasakan enzim Cox, NSAIDmenghambat tubuh Anda dari menciptakan banyak prostaglandin.

  • Menggunakan Analgesik

Analgesik merupakan satu obat untuk menghilangkan rasa sakit dengan mengakibatkan mati rasa atau untuk mempengaruhi ketidaksadaran selama operasi berlangsung. Obat ini dibuat khusus hanya untuk menghilangkan rasa sakit. Mungkin ada beberapa efek samping yang bisadiderita seperti sakit perut atau mulas. Kalau Anda tidak dapat mamakai NSAID sebab alergi atau masalah ginjal atau hati, dokter mungkin menganjurkan obat ini.

  • Menggunakan Kortikosteroid

Kortikosteroid biasanyapopuler dengan steroid. Namun, ini tak sejenis steroid yang dipakai atlet untuk mendapatkan massa otot dan manambah kekuatan. Obat itu adalah steroid anabolik dan juga obat ilegal. Kortikosteroid merupakan kimia sintetis dimanfaatkan untuk menyerupai hormon kortison pada tubuh. Obat ini manekan angka produksi bahan kimia yang mengakibatkan peradangan pada sendi. Untuk itulah dalam penggunaan obat ini harus dengan resep dokter agar kita tidak salah penggunaan.

Sumber: https://www.inter188.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *