Ini Lho Kumpulan Jenis Serta Ukuran RAM Dari Kapasitas Paling Kecil Sampai Pada Yang Paling Jumbo

RAM adalah salah satu komponen paling utama dan penting bagi komputer. Selain processor, RAM juga adalah salah satu penentu seberapa cepat komputer atau laptop dapat dapat membaca sebuah program dan lalu memprosesnya. Semakin besar ukuran kapasitas RAM, maka semakin cepat juga sebuah komputer bisa membaca dan menjalankan aplikasi tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika sebuah komputer memiliki kapasitas RAM yang kecil, kinerjanya tentu akan jadi lebih lemot.

Perkembangan dari RAM (terutama pada PC) dikabarkan akan tumbuh pesat dalam bentuk peningkatan kapasitas yang sangat signifikan. Didasari oleh pertumbuhan harddisk yang saat ini dapat mencapai ukuran 24 terabyte, banyak ahli yang memprediksi bahwa beberapa tahun kedepan RAM untuk komputer pribadi akan menyentuh ke ukuran 1 terabyte.

Lalu seperti apa pembahasannya? Ini dia ulasan selengkapnya.

Saat ini, RAM biasanya menggunakan tipe RAM DDR 3. Namun seperti itu, telah ada pengembangan yang baru dari tipe RAM ini, yakni jenis RAM DDR 4 dengan kapasitas yang sangat jumbo, namun masih sangat jarang untuk dapat digunakan. Berikut merupakan 4 jenis RAM jika dilihat socketnya, DDR 1, DDR 2, DDR 3 dan DDR 4

  • Ram Berkapasitas Dibawah 1 GB

Memang, pada saat ini komputer atau laptop yang punya ukuran RAM dibawah 1 GB dapat dinilai ketinggalan zaman dan jadul. Komputer atau laptop yang punya ukuran RAM dibawah 1 GB biasanya terdiri dari banyak kapasitas ukuran, mulai dari ukuran 512 KB sampai 512 MB.  OS atau masih menggunakan command DOS untuk menjalankannya.

  • Ram Berkapasitas 1 GB

Barulah, dengan berkembangnya dunia teknologi yang kian canggih, RAM naik ke ukuran 1 GB, dengan kapasitas ini merupakan tipe  RAM dengan tipe DDR 1, yang saat ini sepertinya juga telah sangat jarang digunakan lagi. Penggunaannya pun masih terbatas pada office dan juga pada beberapa game yang berukuran mini, karena lebih banyak dipakai pada komputer dengan processor Intel di bawah Pentium 4 hingga pada Pentium 3.

  • Ram Berkapasitas 2 GB

Generasi selanjutnya yaitu jenis RAM DDR 2 dan DDR 3. Apabila di kombinasikan dengan processor yang memiliki dual slot memory, maka suatu komputer bisa menampung kapasitas RAM dengan total 4 GB. Kapasitas RAM sebesar 4 GB sudah lebih dari cukup untuk keperluan komputer modern saat ini.

  • Ram Berkapasitas 4 GB

Kemudian RAM dengan ukuran 4 GB, adalah RAM generasi DDR 3. Bagi komputer atau laptop yang punya dual slot memory, bisa menggunakan 2 x 4 GB sehingga total punya kapasitas RAM sebesar 8 GB. Pada saat ini hampir seluruh komputer ataupun laptop menggunakan RAM berjenis DDR 3 baik itu dengan memakai kapasitas 2 ataupun 4 GB.

  • Ram Berkapasitas 8 GB

Untuk sekarang  ini pengembangan baru untuk sebuah RAM pada komputer atau laptop yaitu tipe DDR 4. Dimana jenis yang satu ini dapat dikatakan sangat bagus dan mendukung kapasitas RAM dengan itu bisa dapat kalian pilih karena dapat menjalankan banyak aplikasi agen slot online indonesia dengan sangat baik dan juga dapat berjalan secara smooth tanpa lag.

  • Ram Berkapasitas 16 GB

Untuk anda yang masih tidak puas dengan komputer atau laptop anda yang tentunya punya kapasitas RAM sebesar 8 GB, RAM jenis DDR 4 ini juga ada versi yang lebih jumbo lagi, yaitu RAM dengan ukuran sekitar 16 GB. Jika laptop atau PC anda mendukung dual-slot memory, anda dapat mengkombinasikan 2 RAM 16 GB sehingga akan mendapatkan kapasitas RAM dengan jumlah 32 GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *