Terapkan Tips Berikut Ini Supaya Pendidikan Bahasa Asing Pada Anak Dapat Berlangsung Sukses

Di jaman globalisasi ini, penguasaan lebih dari satu bahasa sangat diperlukan. Fasih dua bahasa atau bilingual terbukti berguna bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan intelektual. Maka dari itu, banyak orang tua yang memutuskan untuk memberikan pendidikan bilingual pada anaknya seawal mungkin.

Jika Anda ingin membesarkan anak dengan dua bahasa, maka di bawah ini ada caranya agar pembelajaran bilingual anak dapat sukses. Beberapa strategi di bawah juga dapat diterapkan pada anak yang telah belajar dua bahasa.

  • Meningkatkan kualitas bahasa

Interaksi tatap muka dengan orang lain merupakan hal yang penting bagi anak untuk memperoleh bahasa. Misalnya membaca buku pada anak bisa membantu perkembangan bahasa, sedangkan paparan televisi yang tidak berkualitas membuat rendahnya kosa kata pada anak.

Arti paparan televisi berkualitas rendah merupakan acara yang tidak ditujukan untuk anak-anak, televisi yang dinyalakan hanya sebagai latar suara, menonton sendiri, dan menonton terlalu dini. Dengan kata lain, Anda wajib memberikan interaksi tatap muka lebih banyak atau memberikan tontonan yang memiliki kualitas terbaik.

  • Menentukan strategi yang berjalan dengan mulus untuk keluarga Anda

Tidak ada satu cara dalam pendidikan bilingual yang teridentifikasi sebagai satu metode terbaik. Contohnya, metode “satu lawan satu” umumnya dipakai orang tua X berbicara bahasa A dan orang tua Y berbicara bahasa B. Atau contoh cara lain yaitu anak diajarkan untuk memakai bahasa ibu di rumah, sedangkan anak diajarkan untuk memakai bahasa asing di sekolah.

Anda dapat membuat strategi sendiri, contohnya beberapa orang tua melaporkan anak-anak bisa memahami setiap kalimat dari film, setelah menontonnya berkali-kali. Lalu mereka membiarkan anak-anak menontonnya dalam bahasa Spanyol serta anak punya kosa kata bahasa Spanyol.

  • Memperhatikan sekolah yang memiliki pendidikan bilingual

Ada banyak pilihan pendidikan bilingual di tempat penitipan anak yang pengasuhnya menggunakan bahasa asing. Jika anak Anda telah memasuki usia sekolah, pertimbangkan sekolah yang punya pendidikan bilingual. Sekolah pendidikan bilingual punya  paparan dua bahasa yang konsisten di semua mata belajaran, yang akan meningkatkan kemampuan dua bahasa bagi anak.

Jika sekolah dengan pendidikan bilingual tidak ada di daerah Anda, maka Anda bisa memberikan kursus bahasa asing setelah pulang sekolah atau di akhir pekan.

  • Menaikan kuantitas bahasa

Banyaknya bahasa yang diterima oleh anak akan menjadi penguasaan kosakata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar) berkembang. Semakin banyak masukannya, maka akan kian jago bahasanya. Anda jangan meremehkan kemampuan kemampuan anak menyerap bahasa-bahasa tersebut karena anak dapat memahaminya dengan baik.

  • Berikat dukungan secara langsung

Keanekaragaman asupan bahasa pada anak merupakan kunci lain yang bisa membantu perkembangan bahasa. Memiliki interaksi dengan banyak orang secara reguler bisa mempercepat kemahiran bilingual. Dengan kata lain, anak wajib mempunyai interaksi yang beragam dengan seluruh anggota keluarga seperti kakek, nenek, atau teman bicara bahasa asing yang berguna bagi perkembangan anak.

Saat memberikan pendidikan bilingual, pastikan Anda selalu ikut perkembangan bahasa bilingual. Terdapat banyak miskonsepsi dalam membesarkan anak bilingual. Misalnya, ada kepercayaan bahwa pembelajaran bilingual dapat membuat anak punya gangguan bahasa dan gangguan belajar karena anak bingung saat mendengar dua bahasa.

Kepercayaan ini wajib untuk dihilangkan. Anak bilingual menggapai pencapaian yang sama dengan anak monolingual. Malah, mereka punya kecerdasan emosional yang lebih bagus.

baca: asmaul husna mp3

Meskipun tidak ada aturan yang pasti dalam membesarkan anak bilingual, hal yang terpenting yang diterapkan oleh Anda yaitu dengan memberikan dukungan yang penuh kasih sayang. Metode pendidikan bilingual yang digunakan tergantung dengan kondisi rumah tangga, daerah yang Anda tinggali, serta sumber daya yang ada untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *