Mengenal Jenis Jenis Pasar Yang Ada Dalam Dunia Ekonomi Dunia Terhusus Buat Kalian Yang Masih SMA

Pada saat kalian ikut ke pasar serta mengamati kegiatan apa yang benar-benar terjadi di depan mata kalian. Ada banyak sekali kegiatan transaksi jual-beli.  Taukan kalian bahwa kegiatan ini sebenarnya pun tidak hanya terjadi di pasar. Hampir di semua aspek kehidupan yang pasti ada kegiatan jual-beli entak dimanapun dan kapan pun kalian berada.

Mulai dari yang nilai yang transaksinya sangat kecil sekali  sampai sampai dengan yang sangat besar. Tak hanya itu saja,  ada juga kegiatan jual-beli yang tidak mengharuskan produsen serta konsumen bertatap muka seperti layaknya jika kalian ke pasar. Supaya kalian lebih cepat mengenali jenis-jenis pasar, maka perhatikan beberapa jenis pasar dibawah ini:

  • Penjelasan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan suatu jenis pasar dengan jumlah penjual serta pembeli tak sedikit dengan produk bersifat homogen yang dijual. Pasar persaingan sempurna merupakan sebuah interaksi jual-beli atau juga permintaan serta penawaran dimana jumlah produsen atau penjual serta konsumen atau pembeli yang terlibat ada begitu banyak. Dapat kalian lihat pada produk-produk pasar persaingan sempurna seperti produk-produk pertanian, beras, gandum, atau mungkin kentang.

  • Penjelasan Pasar Monopolistik

Jika kalian perhatikan interaksi yang terjadi dalam pasar persaingan monopolistik adalah di mana adanya permintaan serta penawaran dari penjual atau produsen yang kemudian menawarkan barang yang sama namuan diantara merka memiliki ciri khusus. Sabagi contoh kalia dapat lihat pada produsen sabun, sampo, atau mungkin pasta gigi.

Struktur pasar yang terbangin pada jenis pasar monopolistik ini sangat mirip dengan pasar persaingan sempurna. Hanya saja yang membedakan adalaha kalau di persaingan sempurna semua produk yang dihasilkan sama. Sedangkan yang ada di pasar monopolistik produk yang dihasilnya tidak bersifat homogen namun bersifat terdiferensiasi atau terkhusus.

  • Penjelasan Pasar Monopoli

Kalau kalian perhtikan dalam Interaksi dalam pasar monopoli,  permintaan serta penawaran terjadi hanya pada antara satu penjual atau produsen dengan banyak sekali permintaan dari pembeli atau konsumen dan tidak sebaliknya. Dalam perusahaan monopoli mereka adalah sebagai satu-satunya produsen yang mengeluarkan barang.

Sehingga kurva permintaan yang akan dihadapi oleh pemilik perusahaan sama dengan kurva permintaan pasar tersebut. Sebagi contoh real kalian dapat perhatikan pada perusahaan listrik oleh PLN, kemudian minyak oleh Pertamina, serta angkutan kereta oleh PT KAI.

  • Penjelasan Pasar Oligopsoni Dan Pasar Monopsoni

Dalam pasar oligopsoni suatu bentuk pasar yang dikuasai lebih dari dua orang pembeli dengan penawaran dari beberapa produsen atau penjual adalah pengertiannya. Sebagai contoh kalian dapat lihat dari  petani jagung di pasar jagung kemudian dari sebuah desa bisa menjual jagungnya ke beberapa pedagang saja di desanya untuk dijual lagi ke kota.

Sedang dalam pasar monopsoni bentuk pasar yang dikuasai hanya oleh satu orang atau badan dengan penawaran dari beberapa penjual atau produsen adalah penjelasannya. Pada pasar ini umumnya terdiri atas hanya satu pembeli. Sebagai contoh kalian dapat perhatikan seorang tengkulak beras yang adalah sebagai satu-satunya pembeli atau yang penampung dari beras hasil panen petani beras.

baca juga: tata surya

  • Penjelasan Pasar Oligopoli

Dalam pasar oligopoli ini jika kalian simak secara intens mereka mempunyai struktur pasar yang hanya terdiri dari beberapa perusahaan saja. Sebagai bentuk lainnya dalam pasar oligopoli, paling sedikit hanya terdiri atas ada 2-10 penjual. Dan kalian bisa lihat pada produk pasar oligopoli ini pada industri mobil lalu baja kemudian seng dan atau juga perusahaan kertas.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *