Jauhi Saja Hal Berikut Ini Kalau Tidak Mau Baterai Smartphone Anda Cepat Rusak

Kasus terbakarnya baterai smartphone di waktu belakangan ini menjadi masalah yang sangat serius terutama di Indonesia.

Kasus ini sudah menelan banyak korban, baik itu anak-anak hingga bahkan pada orang dewasa. Tidak bisa dipungkiri bahayanya sebuah smartphone ternyata dapat menjadikan banyak penggunanya mengalami hal yang tidak harapkan.

Salah satu penyebab paling sering dari baterai smartphone yang terbakar atau rusak yaitu terlalu lama men-charge baterainya, sehingga baterai yang terlalu banyak menerima kekuatan listrik pastinya akan meledak. Selain itu, penyebab apa lagi yang sering terjadi ?

  • Memakai Jenis Baterai Palsu Yang Sangat Beresiko

Setiap jenis smartphone apapun setelah 1 tahun pemakaian. Namun, masalah dalam pergantian baterai smartphone adalah harganya.

Harga baterai yang asli memang terkenal dengan harganya yang sangat mahal, jadi tidak heran kalau kian banyak penjual aksesoris smartphone yang menjual baterai dari berbagai brand dengan harga miring, padahal tergolong baterai abal-abal.

Karena harganya yang sangat  murah dari barang aslinya, tidak jarang pengguna smartphone membeli semua produk palsunya. Pemilihan yang salah itulah yang membuat baterai yang telah terpasang akan rusak dan memicu banyak nya kasus seperti ledakan.

  • Terdapat Beberapa Cacat Produk Pada Waktu Pembuatan

Selain dari faktor-faktor di atas, terdapat beberapa kesalahan dari pabrik juga dapat membuat baterai terbakar. Meskipun sudah lolos dari pemeriksaan kualitas dan uji coba, belum tentu produk itu aman dipakai. Adanya cacat produk memang telah tidak asing lagi, bahkan vendor kelas atas pun pernah melakukannya.

  • Memakai Earphone Waktu Smartphone Tengah Dalam Kondisi Di charge

Faktor yang biasanya sering dilakukan adalah penggunaan earphone sekaligus sedang charge smartphone. Meskipun hanya masalah mudah dan tidak penting, hal tersebut tetap tidak boleh diterapkan langsung.

Bahayanya memakai earphone saat smartphone sedang charge akan membuat radiasi semakin meningkat dan smartphone akan meledak. Anda yang tengah memakai earphone pun akan terkena efeknya langsung, yaitu tubuh bisa ikut terbakar. Jadi, jangan untuk memakai earphone pada saat tengah di charge.

  • Faktor Yang Paling Sering Terjadi Yaitu Human Error

Siapa yang mengatakan meledaknya baterai smartphone hanya disebabkan karena baterainya yang telah rusak dari pabriknya?

Pemikiran yang seperti itulah terkadang yang membuat kita takut dalam membeli sebuah smartphone, padahal faktor lain yang paling umum yaitu dengan adanya human error atau kesalahan dari penggunanya sendiri prediksi SGP jitu.

Beberapa macam kesalahan pemakainya yang asalan tentu bisa mengakibatkan baterai smartphone meledak secara mendadak. Misalnya saja kalau Anda terlalu lama menaruh sebuah smartphone-nya di tempat yang panas, seperti terkena sinar matahari, secara garis besar akan memuat baterai rusak serta jadi mudah meledak.

Jadi, jangan sampai Anda menaruh smartphone-nya di sembarang tempat. Taruh saja di tempat aman yang tidak terkena panas langsung, seperti tas, atas meja, serta yang sebagainya.

  • Selain Baterai, Charger Palsu Dapat Menjadi Pemicu Baterai Meledak

Saat smartphone masih ada di pabrik, tentu ada ahli-ahli yang menerapkan uji coba untuk kesesuaian tegangan baterai dan kekuatan arusnya.

Karena itulah, setiap jenis smartphone punya beberapa tipe charger yang berbeda-beda. Saat Anda memakai charger palsu atau yang berbeda, smartphone Anda akan memiliki masalah fatal dan terjadilah terjadi ledakan.

Karena masalah itu, usahakan Anda memakai sebuah charger dari produk aslinya saja. Jika pun Anda lupa membawa charger, lebih baik Anda memakai Power Bank saja, daripada akan meminjam charger teman, karena belum tentu kekuatan dari volt nya sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *