RSS
 

Catatan Pendek: Pelibatan Banyak Pemangku Kepentingan pada Program Wirausaha Mandiri

05 Sep

[slideshare id=4135806&doc=group3tugaskewirausahaancilok-3m11-100518031251-phpapp01]

Kewirausahaan bukanlah suatu perlombaan Sprint, namun ia lebih merupak perlombaan marathon. Tidak ada jalan pintas atau satu resep manjur dalam usaha untuk meningkatkan jiwa wira usaha di Indonesia. Namun apa yang dilakukan oleh salah satu Bank dengan Program Wirausaha Mandiri adalah usaha yang tidak kenal lelah dalam memberikan jiwa dan semangat kewirausahaan di Indonesia.

Salah satu contohnya saya perhatikan dan pelajari dari apa yang dilakukan Bank Mandiri pada Program Wira Usaha Mandiri adalah bagian dari CSR berbasiskan “Multi Stakeholder Engagement” (Pelibatan Banyak Pemangku Kepentingan) dari Kewirausahaan. Bank Mandiri mencoba melibatkan sebanyak-banyak “key stakeholder” yang secara pareto dapat memberikan impak terbesar terhadap nyawa dan jiwa kewirausahaan.

Sebagai “Change Agent”, dosen dan mahasiswa dilibatkan untuk membentuk Heart (hati, niat baik atau qalbun), yang diikuti Head (Cara Berfikir, Keilmuan dan Pengetahuan) kemudian diakhiri Hand (Cara Bertindak) yang terstruktur untuk menciptakan “Change” dan “Myelin” kewirausahaan di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri Bank Mandiri mencoba menciptakan “ketergantungan positif” (Positive Addiction) terhadap dosen dan mahasiswa kepada lini bisnisnya.Selama ini memberikan sinergi dan “win-win solution”, CSR-preneur ini akan memberikan “Avalanche Effect” (Efek Bola Salju) terhadap perekonomian Indonesia karena akan menciptakan banyak wirausaha (baca: profit center) serta mengikis atau mengurangi jiwa “priyayi dan amtenaar” (baca: cost center) piramida angkatan kerja di Indonesia.

Semoga semakin banyak institusi lain yang melakukan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dari program ini yang dapat memberikan Usaha Bersama menciptakan angkatan kerja yang siap jadi “profit center” dan bukan “cost center”…..Amin

Catatan:

Tulisan ini kan terus direvisi dan dimodifikasi sesuai kebutuhan 🙂

 
 

Tags: ,

Leave a Reply