BISNIS IDEAL DENGAN MEDIA SOSIAL

Berbicara tentang pengguna internet di Indonesia yang semakin hari semakin meningkat menunjukkan bahwasanya warga di negara kita di hari ini mulai memiliki sebutan lain. Yes! Jika dalam kamus bahasa Inggris kata “warga Negara” berarti “citizen”, maka dalam dunia maya mereka disebut “netizen”.

Sayangnya dalam bahasa Indonesia, kata itu belum memiliki padanan sehingga agak sulit juga mengartikannya. Terlepas dari pembahasan terminologi tersebut, ternyata ada hal yang lebih sering diperbincangkan. Apakah itu? media sosial.

8 Trik Lengkap Untuk Sukses Dalam Memulai Bisnis Online Sendiri Di hari ini sering sekali hal itu disebut dan kadang kala menjadi sebab-musabab suatu pertentang dalam sebuah berita. Sebut saja kasus yang menyeret Calon Gubernur Jakarta beberapa pekan lalu, apa yang menjadi penyebabnya? Penyebaran Video yang dilakukan oleh seseorang di jejaring media sosial.

Lantas apakah media sosial seburuk itu? tentu tidak, semua bergantung pada penggunaan dari para pemakainnya. Intinya di dunia ini selalu ada dua sisi yang berlainan, baik dan buruk, begitupun dengan media sosial.

Bagi para pebisnis, media sosial merupakan peluang yang baru untuk mereka mengoptimalkan bisnis yang sedang digelutinya. Lantas, apa saja manfaat media sosial ini bagi sebuah bisnis? Mari baca ulasan kami di bawah ini.

Meningkatkan atensi pada brand

Media sosial diyakini sebagai salah satu sarana yang ampuh dalam menyampaikan atau mempromosikan produk yang kita jual pada pembeli.

Bagaimana tidak, hari ini pengguna media sosial semakin hari semakin tak terkendali. Menurut penelitian, apabila Facebook menjadi sebuah Negara, maka ia akan melebihi jumlah penduduk di Indonesia. gila kan? Ya! Tapi itulah faktanya. Maka tak heran apabila media sosial memegang peranan penting  bagi keberlangsungan para penggiat usaha.

Dalam peranan tersebut media sosial pun menjadi tokoh sentral dalam membangun sebuah brand awareness. Ibratnya, semakin sering kita memposting  produk yang dijual di beranda media sosial kita, maka akan semakin sering pula orang melihatnya, menyukainnya, membagikannya, dan bahkan membelinya.

Hal tersebut tentu membantu proses promosi kita. Apabila terus dilakukan secara berkala, tak heran bila orang akan semakin tidak asing dengan apa yang kita tawarkan.

Memperluas Ruang untuk Promosi

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa banyak sekali orang yang bermain sosial media di dunia ini. Maka dari  itu, manfaat selanjutnya tentu akan mempermudah kita untuk memperluas target pasar bagi produk yang kita jual.

Sederhannya, orang luar negeri pun akan mudah menemukan produk kiita melalui akun media sosial yang kita gunakan. Jadi, kita pun tak perlu repot-repot ke luar negeri, tinggal duduk manis, bermain dengan jari, dan abracadabra, produk kita sampai di tangan mereka.

Pada awalnya mungkin hal itu terdengar gila, namun itulah kenyataan yang harus kita hadapi di hari ini. Selain itu, persaingan pun akan semakin sulit sebab penantang akan datang dari mana-mana. Oleh karena itu, persiapkan diri anda, dan bersaing secara cerdas.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Dengan semakin seringnya orang melihat dan aware pada produk yang kita jual, dan semakin luas pula kita mempromosikannya, maka loyalitas pelanggan pun akan terbangun secara nyata. Bagaimanapun, mereka akan sulit berpindah ke lain hati bila kualitas dari produk kita sudah terbukti.

Alasan inilah yang kemudian melatarbelakangi terciptanya kesetiaan antara pelanggan dan penjual. Berkat sosial media pula, para penjual jadi serasa lebih dekat untuk menyapa, dan meberikan perhatian pada pelanggan setia mereka.

Setelah atensi dapat diraih, promosi telah berhasil melakukan ekspansi, dan loyalitas terbangun dengan abadi, kemudian sekarang bagaimana? Maka, selamat bagi anda, dan silahkan mencobannya. Semua manfaat tersebut dapat anda raih dengan satu cara, yaitu “konsisten”.

Sayangnya, dewasa ini konsistensi para pengelola bisnis di sosial media masih jarang ditemukan. Buktinya, baik perusahaan besar atau pun kecil masih menganggap hal ini sebagai hal biasa. Padahal jika mereka sudah tahu manfaat di atas mungkin akan berpikir dua kali dan bergegas melakukan perawatan pada media sosial miliknya.

Apa yang harus dilakukan?

Pada dasarnya, dunia maya sama halnya dengan dunia nyata. Jika kita ingin dikenal di dunia nyata, maka kita harus sering bersosialisasi dengan seksama. Cara ini pun sama halnya dengan dunia maya, kita pun harus sering bersosialisasi dengan para pengikut kita di media sosial.

Banyak hal yang bisa dilakukan, yang paling mendasar adalah lakukan selalu update di status media milik kita, lalu mintalah teman untuk membagikannya, dan posting ulang di jejaring miliknya. Kuncinya tetap sama, yaitu “konsisten”.

Namun jika anda bingung untuk mengurusi akun bisnis anda di sosial media, maka jangan khawatir. Kami selalu ada untuk membantu anda. Sebab media sosial yang selalu aktif dan up to date merupakan persepsi dan kunci awal bagi keberlangsungan bisnis anda di masa mendatang.

Bukankah anda tidak mau kan bisnis anda hanya dipandang sebelah mata, hanya karena orang-orang melihat akun sosial media yang tidak terawat dan terjaga? Bukankah anda tidak mau juga kan citra perusahaan yang dibangun tiba-tiba luntur hanya karena media sosial yang tidak terurus dan terartur? Maka tunggu apalalagi, hubungi kami di website ini. Semoga selalu bermanfaat.

Leave a Reply