Memulai Bisnis Online Sendiri

8 Trik Lengkap Untuk Sukses Dalam Memulai Bisnis Online Sendiri , Apabila menoleh pada kehidupan di beberapa puluh tahun ke belakang, tentu kita masih ingat bahwa banyak sekali orang berseliweran dari rumah ke rumah untuk menawarkan produk yang mereka jual.

Bahkan untuk menarik lebih banyak perhatian orang, tak jarang pula dibuat sebuah kegiatan khusus untuk mendemonstrasikan sebuah produk yang ditawarkan. Begitulah kira-kira sulitnya zaman dahulu bagi para marketing untuk memesarkan produk yang dijualnya.

Beruntunglah kita hidup di zaman ini, di mana hari ini zaman telah bergerak, dan pola marketing konvensioanl pun mulai beralih ke tahapan yang baru. Yap! Sekarang sudah zamannya internet loh. Apapun yang kita lakukan pasti tak akan lepas dari hal itu. Maka, inilah yang kemudian mendasari sebuah strategi pemasaran baru yang disebut dengan internet marketing.

CARA KILAT INI YANG BUAT PENGHASILAN MENINGKAT

Dari segi penamaan pun sebenarnya kita sudah agak mengerti.  Internet maketing terdiri dari dua kata yang membangunnya,  yaitu “internet” yang diartikan sebagai jaringan yang dapat menembus ruang dan waktu, serta membuat kita terhubug dengan ber-millyaran orang di luar sana. Sedangkan “marketing” adalah sebuah cara atau startegi yang umunya digunakan untuk memasarkan suatu produk/jasa pada audiens yang sesuai dengan target pasar yang ingin diraihnya.

Lalu, apa sih manfaat dari internet marketing?

Banyak sekali manfaat dari internet marketing bila kita analisa secara satu-satu. Namun saya hanya akan memaparkan manfaat yang pastinya satu hal yang kalian harus tahu dan perlukan bagi kelangsungan bisnis kalian. Kita akan ulas di sini.

Penjualan Meningkat

Bagi anda yang bergerak di ranah bisnis jual-beli, tentu hal yang ingin didengar pertama kali adalah bagaimana cara internet marketing meningkatkan sebuah penjualan, ‘kan?  Maka tenang, kami tempatkan manfaat itu diurutan awal, agar kalian bisa tersenyum lebar. Secara sederhana dengan adanya internet membuat bisnis anda jadi mudah dijangkau oleh orang di mana saja.

Berkat internet pulalah anda seharusnya sudah mempunayi website, di mana anda bisa mempromosikan produk, memasangang iklan, dan membuat calon pembeli datang mengunjungi toko online anda. Tentu apa hasilnya? Penjualan anda akan melesat dan meningkat pesat.

Sekarang, bagaimana caranya mengoptimalkan wesbsite sebagai sarana pemasaran?

Penggunaan website secara optimal dapat anda mulai dari isi konten yang tersusun dengan rapih dan sangat baik. Hal tersebut pun tentu harus disesuaikan pula dengan tujuan bisnis anda. Jika anda menjual pakaian, maka konten pun harus diisi dengan update tren fashion, katalog produk terbaru, atau bahkan model yang menjadi brand ambassador produk anda.

Periksa pula kembali tata letak dari isi website, design, dan tema warna yang diambil. Pastikan pula SEO telah teroptimalisasi dengan baik. Kenapa hal-hal itu begitu penting? Sebab itulah langkah yang nantinya menentukan target pemasaran anda. Jika perancanaan anda sudah matang, namun website anda masih berantakan, jangan harap internet marketing dapat mencapai tujuan.

Setelah itu, lalu apa?

Jika dalam urusan website anda telah berhasil membangunnya dengan sangat baik, maka selanjutnya manfaatkan social media sebagai sarana pendukung lainnya. Kenapa media sosial? Sebab jika website diibaratakan sebagai rumah atau kantor tempat produk anda bernaung, maka sosial media ibarat sarana untuk mengantarkan calon pembeli anda ke tempat itu.

Peluang anda dalam mempromosikan produk akan lebih mudah, karena tempat ini banyak dihuni oleh para pengguna internet dari seluruh dunia. Ajaklah mereka penasaran dengan produk anda, sehingga mau tidak mau mereka mengunjungi laman website yang anda miliki.

Dalam promosi melalui sosial media pun anda sebaiknya melakukan riset terhadap kejadian yang sedang menjadi trending, dan merelavansikannya dengan produk anda. Tentukan pula channel yang sesuai untuk meraih pangsa pasar anda, apakah melaui facebook. Twitter, instagram, atau lainnya? Selain itu, pengetahuan dasar seperti SEO pun diperlukan untuk menunjang strategi internet marketing anda menjadi sangat luar biasa.

 

BISNIS ANDA MELEJIT DI ATAS, SETELAH TAHU TEKNIK INI

 

Manusia adalah makhluk yang tak akan pernah berhenti mencari, baik itu kekayaan, popularitas, bahkan pasangan. Tak heran bila sebagian orang mendefinisikan hidup sebagai sebuah jalan yang tak hentinya-hentinya melakukan pencarian. Lantas di zaman modern ini, apakah manusia akan terus melakukan hal itu? Jawabannya Ya. Mereka akan terus mencari, tanpa henti.

Bedannya di era sekarang mereka dapat dibantu dengan sebuah alat yang dinamakan “search engine”. Terdapat beragam pula brand yang berguna sebagai mesin pencari, misal; google, yahoo, bing, dan ask. Semakin banyaknya pula mesin pencari, menuntut sebuah teknik baru muncul, yang dinamakan sebagai SEO (Search Engine Optimization).  Apakah itu? kami akan mengulasnya dalam tulisan yang menarik ini.

Secara Definisi

Dalam dunia digital marketing SEO menjadi sebuah hal yang sangat berpengaruh. Bagaimana tidak, banyak para marketer di dunia menggunakan teknik ini untuk membuat perusahaan tempat dia bekerja mendapatkan hasil yang sangat optimal. Namun banyak orang pula yang belum tahu definisi dari SEO ini.

Bila anda mencari di google, dengan kata kunci Apa itu SEO? Bergam hasil pun akan bermunculan. Maka tugas kami di sini adalah mengumpulkan dan menginterpretasikannya, agar anda tidak perlu repot mencari definisi yang sulit dimenegerti. Baiklah, kita mulai!

Secara definisi sederhana, SEO (search engine optimization) adalah sebuah proses dalam pemanfaatan mesin pencari agar menarik banyak pengunjung website secara alami. Pemanfaatan itu dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menempatkan nama website kita diurutan paling atas, tujuannya agar semakin banyak orang lebih mudah menemukannya dengan kata kunci yang kita kehendaki.

Menurut penelitian, orang-orang lebih cenderung meng-klik atau memilih website yang berada diurutan 3 (tiga) teratas. Alasannya selain hemat waktu, mereka pun tidak mau repot mencarinya lagi.

Di Negara kita, Indonesia, terminologi yang digunakan untuk SEO adalah optimalisasi mesin pencari. Selain itu, search engine terpopuler seperti google pun mendefinisikan SEO sebagai “Search Engine Optimizer”. Mengacu pada definisi-definisi tersebut, kecendurangan penilaian yang terjadi ialah penempetan SEO sebagai sebuah subjek atau alat yang melakukan sebuah proses optimaliasi pada sebuah mesin pencari. Sejatinya, kedua hal tersebut penilaiannya sebenarnya sama saja.

Tolak Ukur Keberhasilan SEO

Keberhasilan dalam proses SEO secara sederhana bila terjadi sebuah pencarian alami atau organik, dan urutan website kita muncul teratas, maka itu sudah mencari sebuah keberhasilan. Contohnya; dalam kata kunci pencarian “Rumah Murah”, bila website kita menduduk 10 (sepuluh) peringkat terbaik maka itulah keberhasilan dari proses SEO yang kita upayakan.

Kadang pula, semakin canggihnya teknologi, peluang bisnis pun akan segera terbuka. Seperti dalam kasus pencarian sebelumnya, kadang kala 3 (tiga) web yang muncul teratas berupa iklan yang memang sengaja dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk meraup keuntungan lainnya. Hal itu pun tentu akan membuat kita bingug dalam menentukan pilihan.  Tapi jangan khawatir, hasil pencarian alami dengan iklan dapat dibedakan bila kita teliti. Sebab yang iklan biasanya kanmenunjukan sebuah anomali dan logo “Ads” berwarna kuning.

Selain itu, hal tersebut pun memicu sebuah pengklasifikasian dua jenis pencarian, yaitu organik dan berbayar. Organik adalah pencarian alami yang hanya menggunakan SEO, sedangkan berbayar adalah jasa yang digunakan melalui iklan berbayar untuk meraup berbagai keuntungan.

Istihal-Istilah dalam SEO

Jika sebelumnya kita telah sedikit mengerti tetang apa itu SEO, dan bagaimana tolak ukur keberhasilnnya, maka sekarang adalah bahasan tentang komponen yang ada di dalamnya. Check this out!

Keyword Researcher (kata kunci pencarian)

Terdapat dua alat yang bisa digunakan sebagai referensi dalam menentukan kata kunci, yaitu Google Adwords Keyword Planner dan Ubbersuggest. Kenapa menggunakan dua alat itu? sebab dalam proses ini anda diharuskan untuk mencari kata kunci yang berpotensi relevan dengan apa yang anda inginkan. Para penyedia jasa SEO akan mencarinya dalam skala pencarian tertinggi, dan menggunakan dua alat tersebut.

On Page Optimization (optimasi pada halaman)

Komponen dalam SEO selanjutnya adalah dengan cara memanfaatkan proses optimasi pada laman website yang anda miliki. Hal tersebut akan erat pula kaitannya dengan URL, Judul halaman, gambar, dan lainnya yang berhubungan website anda.

Off Page Optimization (optimasi bukan pada halaman)

Sebab mereka berada bukan pada halaman website, maka dapat dikatan bahwa hal ini erat kaitannya dengan faktor ekseternal. Maka dari itu, biasanya orang melakukannya dengan menggunakan social media sebagai alat bantunya.

White Hat SEO

Dalam komponen ini, penggunaan cara legal dilakukan agar mendapatkan hasil pencarian yang maksimal. Etika mesin pun dipakai agar mesin pencari selalu menghasilkan hasil yang stabil.

Black Hat SEO

Jika di atas merupakan cara yang legal, maka Black Hat adalah cara yang curang. Bagaimanapun biasanya mereka tak sabar untuk membuat website mereka berada pada urutan teratas. Sayangnya cara curang tidak akan stabil dan bertahan lama, sebab algoritma penentuan ranking selaku terjadi.

Baiklah, setelah paparan-paparan ringkas di atas, maka sekarang anda sudah sedikit mengerti tentang SEO. Jangan ragu untuk mulai menerapkannya pada bisnis anda. Kalau pun anda masih bingung untuk menggunakan SEO, kami selau siap membantu anda. Hubungi kami di website ini ya! Semoga selalu bermanfaat.

 

 

Langkah Terakhir?

Nah, ini adalah langkah terakhir yang sebaiknya anda lakukan pula. Jangan lupa, bagaimanapun skala bisnis anda, baik lokal atau interlokal tentu pangsa pasar yang paling  terdekat adalah pasar lokal. Maka dari itu, membangun relasi dengan mesin pencari buatan lokal pun dapat membantu upaya internet marketing anda. Menjadi urutan dalam mesin pencari lokal tentu dapat mendongkrak awareness pengguna internet tentang bisnis anda juga, kan? Karen itu, buatlah pula strategi yang tepat untuk pemasaran di pasar lokal.

Pesan Tambahan

Setelah anda membaca keseluruhan dari tulisan ini, tentu anda semakin tahu satu hal yang baru. Sekarang pun anda pasti ingin mulai berbenah diri, dan merencanakan strategi internet marketing yang akan dilakukan. Bagus! Anda memang sudah seharusnya seperti! Tapi apakah rasa kebinguan pun masih menyelimuti anda, bukan? karena bilamana internet marketing ini merupakan sesuatu yang baru bagi bisnis anda, sebaiknya anda bertanya pada ahlinya. Karena itu, jangan khawatir! dalam website ini kami selalu ada untuk anda, kami pun membuka kesempatan untuk bekerjasama dalam jasa internet marketing ini. Pensaran? Hubungi kontak kami di website ini. semoga selalu bermanfaat!

 

 

Leave a Reply