Peringkat Halaman Yang Salah Untuk Kata Kunci Anda

Pelajari apa yang harus dilakukan ketika Google memberi peringkat halaman yang salah untuk kata kunci Anda dengan metode langkah demi langkah ini untuk mendapatkan lalu lintas ke halaman yang tepat.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Google Memberi Peringkat Halaman Yang Salah Untuk Kata Kunci Anda
Anda telah mengambil semua langkah yang Anda yakini perlu untuk menentukan peringkat halaman untuk kata kunci tertentu – dan kemudian halaman lain di situs Anda muncul untuk kata kunci tersebut.

Ini adalah masalah umum yang membuat frustrasi. Saat halaman “salah” muncul, Google tidak mengenali halaman yang Anda maksudkan sebagai tujuan terbaik untuk lalu lintas, untuk beberapa alasan.

Terlepas dari kenyataan bahwa halaman yang Anda maksud mungkin merupakan tujuan terbaik, logika tidak berlaku di sini; hanya algoritma yang menentukan peringkat dan berbagai teknik SEO dapat mencoba untuk memperbaikinya.

Dengan munculnya halaman “salah”, pengalaman pengguna Anda mungkin terpengaruh, Anda mungkin memiliki lebih sedikit konversi, atau rasio pentalan, RKT, atau metrik keterlibatan Anda bisa lebih rendah dari yang seharusnya.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki masalah tersebut. Mari lihat.

Cara Meningkatkan Sinyal Peringkat Halaman Untuk Kata Kunci Tertentu
Langkah 1: Evaluasi Maksud Pengguna Kata Kunci Fokus Anda
Niat pengguna pada dasarnya adalah tujuan yang dimiliki seseorang ketika mereka mengetikkan istilah pencarian di Google.

Selama satu atau dua tahun terakhir, memastikan halaman yang ingin Anda rangking untuk kueri cocok dengan maksud pengguna menjadi penting.

Apakah tujuan untuk membeli sesuatu? (Transaksional)
Apakah tujuannya untuk menemukan situs web atau halaman tertentu? (Navigasi)
Apakah tujuannya untuk menemukan informasi yang berguna untuk menjawab lebih lanjut pertanyaan yang Anda miliki? (Informasi)
Menyesuaikan konten Anda dengan tujuannya sangat penting.

Misalnya, jika kata kunci fokus Anda adalah “laptop anggaran terbaik 2021” dan Anda ingin halaman produk atau halaman kategori Anda diberi peringkat untuk ini, Anda mungkin tidak punya kesempatan.

Contoh SERP untuk pencarian laptopTangkapan layar oleh penulis, November 2021.
Pada contoh di atas, Anda dapat dengan jelas melihat bahwa semua situs web peringkat teratas berasal dari agregator pihak ketiga dan situs ulasan tempat mereka mencantumkan perbandingan laptop terbaik.

Faktanya, tidak ada satu pun produsen atau situs ritel yang mendapat peringkat di Halaman 1 untuk ini sehingga Anda perlu mengalihkan fokus dari kata kunci ini sama sekali atau memahami apa yang Anda hadapi untuk menyelaraskan dengan lebih baik.

Langkah 2: Evaluasi Konten Di Halaman
Setelah memastikan konten Anda cocok dengan maksudnya, Anda dapat melanjutkan untuk memastikan konten pada halaman yang relevan dioptimalkan .

Beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan pada diri sendiri untuk dianalisis lebih lanjut adalah:

Apakah kata kunci fokus utama saya ada di judul halaman saya?
Apakah saya merujuk kata kunci fokus utama saya dalam deskripsi saya?
Bagaimana panjang salinan saya dibandingkan dengan situs peringkat 10 Teratas atau 20 Teratas?
Apakah situs pesaing menggunakan kata kunci semantik bersama yang perlu saya masukkan ke halaman saya?
Apakah halaman saya menjawab pertanyaan yang mungkin harus dipahami pengguna lebih lanjut tentang topik ini?
Dua alat yang keduanya melakukan pekerjaan yang sangat baik membantu Anda menganalisis dan menjawab pertanyaan di atas adalah Asisten Penulisan SEMrush dan Clearscope.

Langkah 3: Evaluasi Tautan Internal Anda
Sinyal tautan adalah yang memberi tahu Google bahwa sebuah halaman itu penting, jadi pastikan Anda memiliki jumlah halaman yang cukup di situs web Anda yang menautkan kembali ke halaman yang ingin Anda tingkatkan.
Majukan bisnis Anda dengan pemasaran konten Tingkatkan visibilitas online Anda, jangkau pelanggan baru, dan dorong penjualan dengan perangkat pemasaran konten lengkap ini.

Coba gratis
IKLAN
Coba tambahkan 3-5 tautan internal dari halaman yang relevan secara topikal dengan otoritas tinggi.

Cara cepat untuk melakukannya adalah pergi ke Ahrefs, masukkan domain Anda, lalu navigasikan ke “Halaman Teratas”.

Buka Ahrefs, masukkan domain Anda, lalu navigasikan ke “Halaman Teratas”Tangkapan layar oleh penulis, November 2021.
Ini akan memberi tahu Anda halaman mana yang paling otoritatif di situs Anda, dan kemudian Anda hanya perlu menemukan halaman yang paling relevan dan menambahkan tautan ke URL target Anda.

Kiat Bonus: Anda bisa agresif dengan teks jangkar internal jadi gunakan kata kunci fokus Anda sebagai teks jangkar tautan internal Anda.

Langkah 4: Evaluasi Tautan Eksternal Anda
Aturan yang sama berlaku untuk tautan eksternal seperti halnya tautan internal.

Tautan menunjukkan kepada Google bahwa situs dan halaman itu berharga, jadi jika Anda memiliki banyak tautan eksternal yang mengarah ke halaman yang salah untuk kata kunci tertentu, itu akan memengaruhi kemampuan Anda untuk menentukan peringkat halaman yang benar.

Jika demikian, bicarakan dengan situs-situs tersebut dan minta mereka untuk menautkan ke halaman yang benar.

Sejalan dengan itu, jika Anda tidak memiliki tautan eksternal yang mengarah ke halaman yang benar, itu akan mengirim pesan ke Google bahwa halaman ini tidak berharga dan tidak boleh diberi peringkat dengan baik. Mungkin sesederhana melakukan penilaian tautan untuk memperbaiki masalah Anda.

Langkah 5: Lihat Data Pengguna Anda
Apakah Anda memiliki rasio pentalan yang tinggi untuk halaman yang relevan?

Rasio klik-tayang yang buruk?

Tingkat konversi yang buruk?

Jika orang-orang membuka halaman yang relevan dan pergi dengan cepat, atau tidak dapat/tidak mau menavigasi halaman dan berkonversi, itu dapat memengaruhi peringkat Anda secara keseluruhan.

Gunakan Google Analytic s atau perangkat lunak seperti Hotjar untuk merasakan data pengguna Anda sehubungan dengan halaman ini, dan kemudian rancang ulang halaman untuk menghindari masalah apa pun yang dialami pengguna Anda.

Cara Menurunkan Atau Mengurangi Sinyal Peringkat Halaman Saat Ini
Setelah Anda meningkatkan peringkat halaman yang ingin Anda tingkatkan, Anda sebenarnya perlu menurunkan peringkat halaman yang saat ini diperingkat untuk istilah pencarian Anda.

Saya tahu itu bertentangan dengan hampir semua ajaran SEO, tetapi itulah yang perlu terjadi untuk memastikan bahwa halaman yang relevan dapat diberi peringkat.

Anda dapat melakukan ini dengan menghapus semua jejak kata kunci dan istilah terkait dari halaman yang tidak relevan.

Kemudian, atur ulang tautan internal Anda sehingga mengarah menjauh dari halaman ini dan menuju halaman yang benar.

Hal yang sama berlaku untuk tautan eksternal: hubungi beberapa webmaster dan minta mereka untuk mengarahkan tautan mereka ke halaman yang benar.

Gunakan Pengalihan 301 Jika Semua Yang Lain Gagal
Gunakan pengalihan 301 jika semua langkah yang disebutkan di atas gagal. Hapus saja halaman yang salah dan gunakan 301 redirect ke halaman yang tepat yang ingin Anda indeks. Ini akan memberi tahu Google bahwa Anda telah secara permanen memindahkan halaman lama ke halaman baru dan ekuitas apa pun yang dimiliki halaman lama akan ditransfer ke halaman baru, sehingga memberikan lebih banyak dorongan.

Peringkat Halaman “Salah” Dapat Diperbaiki
Ketika halaman yang salah muncul untuk kata kunci target Anda, itu adalah masalah yang terlalu umum yang dapat berdampak negatif pada pengalaman pengguna Anda.

Namun, dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, Anda seharusnya dapat mengatasi masalah tersebut dan mengarahkan lalu lintas ke halaman yang Anda maksud.

Hasil akhirnya akan menjadi pengalaman pengguna yang lebih baik saat lalu lintas Anda mulai mencapai tujuan yang tepat, dan Anda juga akan mulai melihat peningkatan metrik keterlibatan.

Leave a Reply