Shrink Wrapping: Berbagai Jenis Shrink Film

Shrink film atau shrink wrap digunakan untuk menggambarkan jenis plastik yang mengencangkan atau “menyusut” di sekitar produk untuk membuat segel saat terkena sumber panas.

Alat yang dibutuhkan untuk mengecilkan pembungkus suatu barang antara lain heat sealer (untuk menutup ujung film yang terbuka) dan sumber panas (untuk mengecilkan film pada tempatnya). Jenis sealer panas yang paling umum adalah I-bar, L-bar, dan sealer impuls, sedangkan sumber panas yang paling umum adalah terowongan panas otomatis dan senapan panas manual.

Anda juga dapat berinvestasi dalam mesin bungkus menyusut yang mampu melakukan tugas memotong, menyegel, dan menyusut. Shrink film bisa datang dalam berbagai ukuran yang berbeda. Di sini, di The Packaging Company, kami membawa shrink-wrap dengan lebar mulai dari 6″-36″, dan beberapa ketebalan yang berbeda termasuk shrink wrap ukuran 50, 60, 75, dan 100.

Jenis Film Kecilkan
Ada beberapa jenis film menyusut yang tersedia untuk dibeli termasuk PVC, POF, dan PE. Simak apa saja manfaat dari masing-masing jenis shrink wrap berikut ini:

Film Kecilkan PVC PVC
PVC shrink wrap juga dikenal sebagai polyvinyl chloride shrink wrap dan pernah menjadi film shrink yang paling umum digunakan di seluruh dunia berkat keterjangkauan dan keserbagunaannya. Beberapa penggunaan paling umum saat ini untuk pembungkus plastik PVC termasuk kotak DVD dan CD, cakram permainan dan kotak perangkat lunak lainnya, kemasan ritel, kotak kemasan, dan barang-barang non-makanan lainnya. PVC shrink wrap memiliki ketahanan sobek yang lebih tinggi, namun lebih rentan menjadi rapuh setelah menyusut sehingga tidak disarankan untuk membungkus banyak produk atau untuk digunakan di lingkungan bersuhu tinggi atau rendah.

Film Penyusut Poliolefin (POF)
Poliolefin (POF) shrink wrap baru-baru ini mengambil judul untuk shrink wrap paling populer dan umum digunakan. Ini sebagian besar karena POF memiliki kualitas yang lebih tinggi dan lebih fleksibel dibandingkan dengan PVC. Selain itu, bungkus plastik poliolefin telah disetujui FDA dan aman untuk digunakan dengan produk makanan. Penggunaan umum untuk bungkus plastik POF termasuk barang cetakan dan kertas, makanan yang dipanggang, makanan beku seperti pizza, mainan kecil, permen, dan banyak lagi. Kejernihan tinggi, tusukan, dan shrink wrap tahan suhu ini juga terbuat dari 100% bahan daur ulang dan sangat cocok untuk menggabungkan beberapa item menjadi satu.

Film Penyusut Polietilen (PE)
Polyethylene atau PE shrink wrap adalah jenis film yang lebih kuat dan tahan lama yang biasanya digunakan untuk aplikasi industri. Sementara pembungkus plastik poliolefin dan PVC biasanya dimaksimalkan pada ketebalan 100 gauge, pembungkus polietilen dapat mencapai ketebalan pengukur hingga 1200. Penggunaan paling umum dari pembungkus plastik PE termasuk pembungkus multipak minuman, kapal pembungkus untuk penyimpanan, dan pembungkus palet.

Gaya Film Kecilkan
Seperti yang kita ketahui sekarang, shrink wrap hadir dalam beberapa bahan berbeda yang masing-masing memiliki manfaat uniknya sendiri. Selain itu, film menyusut hadir dalam berbagai gaya seperti yang tercantum di bawah ini:

Film Penyusut Bergaya Tabung
Shrink tubing adalah desain unik dari shrink film yang dilengkapi dengan dua sisi yang telah disegel sebelumnya. Ini memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah memasukkan produk mereka ke dalam tabung dan membuat tas menyusut dengan panjang khusus. Jenis shrink tubing ini memiliki film high gloss yang jernih dan sempurna untuk menampilkan produk Anda dengan bangga. Shrink tubing dapat digunakan dengan peralatan portabel atau otomatis, menjadikannya tambahan yang sempurna untuk bisnis apa pun.

Gulungan Film Kecilkan
Gulungan shrink wrap centerfold dibuat dengan melipat shrink wrap menjadi dua memanjang dan kemudian meletakkannya di atas gulungan. Ini paling sering digunakan dalam kemasan ritel karena memungkinkan pengecer untuk memasukkan produk mereka ke dalam saku dan menyegelnya sepanjang jalan (biasanya dengan sealer L-bar). Ini dapat digunakan untuk produk yang lebih besar dan biasanya dapat digunakan dengan peralatan otomatis dan manual.

Perbedaan Antara Shrink Wrap dan Stretch Wrap
Shrink wrap dan stretch wrap, meskipun tampilannya mirip dan seringkali bahannya mirip, digunakan dengan cara yang sangat berbeda. Seperti disebutkan di atas, shrink wrap dapat digunakan untuk satu atau beberapa produk dan digunakan untuk membuat segel anti rusak di sekitar produk dengan menyusutkan plastik dengan panas. Shrink film hanya membentang antara 50-75% dan tidak memiliki kemampuan untuk melekat pada dirinya sendiri.

Stretch wrap lebih sering digunakan untuk menyatukan kotak dan barang yang lebih besar dan mencegahnya bergeser, seperti selip kotak. Ini membentang di mana saja dari 100-300% dan memiliki kemampuan untuk melekat pada dirinya sendiri, tidak ada panas yang diperlukan untuk penggunaan stretch wrap.

Mencari Shrink Wrap Berkualitas Tinggi? Kunjungi Perusahaan Pengemasan Sekarang!
Apakah Anda mencari film menyusut berkualitas tinggi untuk bisnis Anda? Bungkus susut adalah cara terbaik untuk membuat segel tahan rusak yang akan melindungi produk Anda dan menjaganya agar tetap dalam kondisi baik untuk pelanggan Anda. Di The Packaging Company, kami bangga menawarkan produk berkualitas tinggi dan terjangkau kepada pelanggan dan pemilik usaha kecil kami. Lihatlah bermacam-macam Produk Shrink Wrap PVC dan Produk Shrink Wrap Polyolefin (POF) kami hari ini untuk memulai!

Leave a Reply