0

Sistem Chopper Untuk Penghemat Daya Pompa Air Rumah Tangga (Inovasi Kecil)

Posted by Ekki Kurniawan (33212019) on September 26, 2012 in Inovasi |

Pengantar

Definisi-definisi:

“Inovasi”(http://avin.filsafat.ugm.ac.id/downloads/hasildiskusi/kuliah%206.pdf).Inovasi adalah mengkreasikan dan mengimplementasikan sesuatu menjadi satu kombinasi baru (Schumpeter).Menurut Wess & Farr (dalam De Jong & Kemp 2003) adalah semua perilaku individu yang diarahkan untuk menghasilkan,memperkenalkan, dan mengaplikasikan hal-hal ‘baru’, yang bermanfaat bagi masyarakat ataupun berbagai level organisasi.

Sistem Chopper Untuk Penghemat Daya Pompa Air  Rumah Tangga

Dalam kehidupan rumah tangga air adalah keperluan utama. Masak,makan, minum, mandi, mencuci piring selalu menggunakan air. Air dapat diperoleh dari PDAM maupun sumur sendiri. Untuk menyalurkan air biasa digunakan pompa elektrik. Daya yang diserap oleh motor pompa tersebut cukup tinggi. Berikut adalah tabel daya listrik penggunaan pompa air rumah tangga.

Terlihat bahwa daya listrik yang diserap untuk jenis pompa sumur dangkal berkisar antara 195-1010 Watt. Jenis sumur dalam memerlukan daya listrik minimum 450 W.  Jika setiap hari pompa listrik (misalkan 300W) dihidupkan selama 1 jam, maka energi yang diperlukan tiap bulan rata-rata 1 x 30 x 300 = 900Wh.

Kapasitor dan Induktor yang dapat menyimpan energi sementara. Hal ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Konsep arus bolah balik di searahkan, kemudian di chopper dan di inverterkan. Chopper menggunakan sistem pensaklaran (On-Off) Transistor X.Sehingga energi yang diambil sumber tidak berterusan,Komponen L diisi energi pada saat transistor ON, kemudian dilepaskan pada saat OFF. Komponen  C menyimpan energi pada saat transistor OFF kemudian disaluran ke beban pada saat ON.

Gambar skematik rangkaian daya dan pompa

Sistem DC Chopper menggunakan tipe boost. Tegangan keluaran pada beban Vo dapat dinaikan sesuai dengan pengaturan duty cycle-nya. Beban Motor bersifat induktif. Pada saat tidak terhubung ke sumber energi yang tersimpan pada motor tersebut dapat memutarkan mesin pompa, arus dialirkan melalui kapasitor C seperti terlihat pada gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2012-2021 Philosophy of Doctor Preparation All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.2.4.1, from BuyNowShop.com.