0

Tugas Pertama Metoda Penelitian

Posted by Ekki Kurniawan (33212019) on May 4, 2013 in Uncategorized |

Welcome in “Good Morning” Spirit !

Assalamu’alaikum dan Salam Sejahtera kawan-kawan semua

Berikut ini tugas pertama dari matakuliah Metoda Penelitian yang diampu oleh Doktor Dwi :

Read paper: “How to Succeed in Graduate School: A Guide for Students and Advisors”

Submit online your answer for the following questions (Deadline: Wednesday, 5 Sept at 23.55):

What topics that you think are the most useful to help you go through your PhD work for the next 3-5 years and explain what you have learned from these topics?

What obstacles that might prevent you from completing your PhD work and how would you overcome/anticipate these?

Write your answer in roughly a half to one page.

Available from: Thursday, 30 August 2012, 08:30
Tanggal penyelesaian: Wednesday, 5 September 2012, 23:55
Terakhir diubah: Wednesday, 5 September 2012, 04:10 (431 kata)

The most of useful topics to help me go through my PhD works for the next 3 – 5 years are before your start doing research, keep motivated in writing dissertation, attending conference and publication.

Penjelasan dalam bahasa Indonesia :

Pendahuluan:

Memulai penelitian adalah pekerjaan berat dan membosankan. Buatlah daftar kegiatan/log book penelitian, menuliskan setiap ide atau gagasan, masalah-masalah yang menarik, dan fikirkan berbagai kemungkinan solusinya. Tuliskan outline paper, kutipan-kutipan yang menarik, kemudian baca ulang secara periodik.

Motivasi Kuat dalam menulis disertasi

Agar tetap semangat dan terjaga motivasi berkesinambungan. Buat jadwal pertemuan dengan pembimbing, hadiri seminar-seminar, bahkan ikuti kegiatan-kegiatan extrakurikuler seperti olah raga dan musik yang teratur. Untuk menulis disertasi, lakukan penelitan dan tuliskan hasilnya dalam bentuk log book dan jurnal-jurnal. Diperlukan tahapan dan manajemen yang sistematis. buat rencana dan target mingguan, harian bahkan tiap setengah jam-pun dapat membuat tujuan yang realistik.

Hadiri Seminar/Konferensi

Walaupun tidak membawa makalah, menghadiri seminar sangat bermanfaat. Hal ini dikarenakan pada saat seminar kita akan bertemu dengan beberapa orang yang memungkinkan untuk berdiskusi berkaitan dengan ide-ide kita. Kita akan mendapatkan informasi hasil penelitian terbaru. Kita dapat membandingkan hasil penelitan satu dengan yang lain.

Publikasi Paper /Jurnal

Mempublikasikan gagasan sangat penting untuk mendapatkan feedback dari pembaca. Hal ini akan memaksa kita untuk mengklarifikasi ide-ide kita agar sesuai dengan kontek kekinian dalam bidang yang kita minati. Paper yang baik memiliki sifat significant content – original, Isinya cukup penting/bermanfaat dan tidak mengandung unsur plagiarisme, keaslian tulisan tersebut dapat dipertanggung jawabkan. Gagasan-gagasan yang penting harus dibina dan diuji dengan baik dan menggunakan gaya penulisan yang baik.

Tingkat signifikansi tergantung ke mana paper itu disubmit. Ide-ide pendahuluan dan kemajuan pekerjaan lebih cocok ditampilkan pada workshop atau symposium; Jika sudah tersusun rapih dan teruji maka sangat cocok dimasukan ke Jurnal Ilmiah. Salah satu cara ke mana jurnal itu di submit, perbanyak membaca publikasi (Proseding/Jurnal tahun ini dan tahun terdekat sebelumnya). Metoda lain adalah berkonsultasi dengan menunjukkan draft atau outline paper pada pembimbing. Teman teman satu kelompokan peminatpun dapat dimintai komentar dan nasehatnya.

The obstacles that might prevent you from completing your PhD work and how would you overcome/anticipate these?

Obstacles :

1. Pembuatan disertasi cukup berat karena bersifat philosophy, komprehensif,melibatkan banyak aspek, berbagai instansi dll.

2. Tidak fokus terhadap pekerjaan,ada kegiatan lain.

3. Biaya,keterbatasan alat & bahan riset.

Cara mengatasinya :

1. Buat manajemen kerja dan waktu yang baik.

2. Bekerjasama dengan teman-teman,konsultasi dengan pembimbing.

3. Bekerja keras, berfikir cerdas, cari dana penelitian/beasiswa dan berdo’a selalu kepada Tuhan YME.

Nama : Ekki Kurniawan

Nim : 33212019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2012-2021 Philosophy of Doctor Preparation All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.2.4.1, from BuyNowShop.com.