0

Perancangan Filter Pasif Untuk Mengatasi Harmonisa Pada Gardu Penyearahan Pusat Listrik Aliran Atas – PT KAI Commuter Jabodetabek Indonesia

Posted by Ekki Kurniawan (33212019) on May 6, 2013 in Prosiding/Konferensi |

Ppt Perancangan Filter Pasif Untuk Mengatasi Harmonisa Pada Gardu

Perancangan Filter Pasif Untuk Mengatasi Harmonisa Pada Gardu Penyearahan Pusat Listrik Aliran Atas (Pdf file)

Gardu Listrik KRL Stasiun UI Terbakar

Sabtu, 24 Oktober 2009 16:08 WIB | 2.530 Views
Depok (ANTARA News) – Gardu listrik kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Sabtu terbakar. Hal tersebut mengakibatkan ratusan penumpang terlantar.

“Terbakarnya gardu listrik tersebut mengakibatkan perjalanan kereta api terganggu,” kata seorang petugas, di stasiun UI, Depok, Sabtu.

Petugas tersebut akhirnya menyarankan penumpang untuk mencari alternatif kendaraan lain ke tempat tujuannya masing-masing. “Mungkin masih lama mas, coba naik bis aja, karcisnya bisa ditukar,” katanya kepada seorang penumpang.

Petugas di stasiun UI pun mengumumkan melalui pengeras suara, agar penumpang mencari angkutan umum lainnya. “Ada kebakaran di gardu aliran listrik atas, kereta tidak bisa diberangkatkan,” katanya.

Ratusan penumpang yang kecewa karena perjalanannya terganggu, akirnya menukar karcis untuk beralih menggunakan sarana tarnsfortasi lainnya.

“Saya mau naik bus saja,” kata Wati, penumpang yang akan menuju Bogor.

Salah seorang penjaga gardu Karmawan mengatakan, kebakaran tersebut terjadi pukul 13.20 WIB. “Ada suara ledakan dan asap hitam mengepul ke udara,” katanya. Pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi.(*)

Editor: Aditia Maruli.

Berikut adalah sebagian dari isi papernya.

Pendahululan

Kereta Api Rel Listrik (KRL) merupakan salah satu alat transportasi masal yang efektif dan dapat diandalkan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Ibukota. Energi listrik diperoleh dari PLN yang didistribusikan dari gardu-gardu ke KRL melalui
sistem Pusat Listrik Aliran Atas (PLAA). PLAA yang dipakai menggunakan jenis arus searah, sehingga dalam gardu tersebut harus dipasang konverter yang mengubah dari arus bolak balik (ABB) menjadi arus searah (AS). Masalah yang
dapat ditimbulkan dari konverter tersebut adalah arus dan tegangan harmonisa. Keberadaan harmonisa yang dapat menurunkan kualitas daya listrik dan pemanasan lebih. Kebakaran yang terjadipada gardu KRL-UI Depok tahun 2009 dapat
dimungkinkan karena efek harmonisa. Untuk mengatasi harmonisa tersebut perlu dipasang filter.
Paper ini dimaksudkan untuk merancang jenis dan kapasitas filter yang harus dipasang pada setiap gardu PLAA AS-KRL. Kontribusinya diharapkan menjadi pertimbangan untuk diterapkan sehingga terjadi peningkatkan efisiensi dan kestabilan sistem catu daya KRL di Indonesia.

Abstrak
Kereta Rel Listrik (KRL) PT KAI Commuter Jabodetabek Indonesia dicatu oleh sistem Pusat ListrikAliran Atas Arus Searah (PLAA AS). PLAA AS merupakan gardu-gardu KRL yang tersebar berdekatandengan rel KRL. Dalam gardu KRL tersebut terdapat penyearah 6 atau 12 pulsa untuk mengubah arusbolak balik menjadi arus searah. Dampak dari proses penyearahan ini adalah  arusharmonisa yang dapat menurunkan kualitas daya listrik, menimbulkan pemanasan lebih dan bahkan kebakaran pada
transformator. Untuk mengatasinya diusulkan dipasang bank kapasitor dan filter fasif penala frekuensitunggal harmonisa ke-11. Bank Kapasitor dipasang pada busbar pertama dekat ke sumber tiga fasa PLN, filter dipasang pada busbar kedua berdekatan dengan transformator. Simulasi dengan Simulink-Matlab menunjukkan bahwa pemasangan filter menghasilkan penurunan nilai arus harmonisa total rata-rata yakni untuk penyearah 6 pulsa dari 25,36% menjadi 0,91% , dan untuk penyearah 12 pulsa dari 11,64% menjadi 0,43%.
Kata kunci : Gardu, harmonisa, filter, transformator, penyearah.
Abstract
KRL or Electrical Railway System in Indonesia is supplied by rectifier substations which are distributed along beside the railway. Each substation has rectifier to convert alternating current to direct current. Rectifying process causes harmonics current reducing quality of power, overheating and even burning in
transformer. To overcome these problems, we proposed to install a capacitor bank and the 11th single tone frequency passive filter. The bank capasitor was put at the first busbar close to PLN three phase voltage source, meanwhile the filter was put at the second busbar near transformer. The results of simulations by Simulink-Matlab showed some reducing of average total harmonic current caused by filter installation i.e. for 6 pulse rectifier from 25.36% to 0.91% , and for 12 pulse from 11.64% to 0.43%.
Key words : Substation, harmonic, filter, transformer, rectifier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2012-2021 Philosophy of Doctor Preparation All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.2.4.1, from BuyNowShop.com.