02nd Dec2021

Cara Mandi Bayi Baru Lahir Dengan Aman

by hidayathandarianto

CARA MANDI BAYI BARU LAHIR DENGAN AMAN – Bagi setiap Bunda yang baru saja dianugerahi seorang malaikat kecil, Mandi si kecil akan menjadi satu aktivitas yang asing dan terasa menakutkan. Terlebih, Bunda belum tahu bagaimana cara Mandi bayi baru lahir.

Padahal, Mandi si kecil tidak sulit kok, Bunda, jadi Bunda tidak perlu merasa takut saat akan melakukannya. Memang, si kecil yang mungil akan bergerak-gerak di tangan Bunda, dan mengusapkan sabun ke tubuhnya akan menjadi hal yang cukup sulit. Terlebih tubuh si kecil masih amat rentan dan rapuh.

Akan tetapi, seiring waktunya, Bunda akan menjadi terbiasa Mandi si kecil nantinya. Bunda akan menjadi luwes, dan tidak takut lagi.

Bahkan Bunda bisa Mandi sembari bermain dengan si kecil. Kegiatan Mandi si kecil pun pasti akan terasa lebih menyenangkan.

9 Cara Mandi Bayi Baru Lahir

Keamanan si kecil selalu menjadi hal utama yang perlu Bunda perhatikan ketika Mandi si kecil. Apalagi jika Bunda baru pertama kali melakukannya, pasti akan terasa kaku dan bingung. Nah, supaya Bunda lebih mudah dalam Mandi si kecil, yuk simak tips cara Mandi bayi baru lahir berikut ini :

1. Tidak Boleh Meninggalkan Bayi Di Dalam Ember Mandinya

Hal paling penting dan tak boleh Bunda lupakan ketika Mandi si kecil adalah Bunda tidak boleh meninggalkan si kecil tanpa pengawasan di dalam ember mandinya. Hal tersebut untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan pada si bayi.

2. Menyiapkan Semua Peralatan Mandinya

Sebelum mulai Mandi si kecil, sebaiknya Bunda siapkan semua peralatan mandinya, seperti sabun, shampo, handuk kecil, terlebih dahulu.

Jika Bunda masih melupakan perlengkapannya di saat Mandi si kecil dan ingin mengambilnya, bawa si kecil bersama Bunda.

3. Selalu Hati-Hati Saat Mandi Bayi

Selalu hati-hati ketika Mandi si kecil ya Bunda. Gunakan kain untuk menutup keran air yang ada di atas kepala si kecil agar ia tidak terbentur.

4. Menempelkan Alas Anti Selip Di Dasar Ember Mandi Si Kecil

Saat Mandi bayi, sebaiknya Bunda juga menempelkan alas anti selip di dasar ember mandi si kecil, agar embernya tidak licin dan si kecil aman dari bahaya tergelincir.

5. Pastikan Suhu Air Yang Di Gunakan Pas Untuk Mandi Si Kecil

Pastikan suhu air yang Bunda gunakan untuk Mandi si kecil tidak terlalu panas atau pun tidak terlalu dingin. Air yang hangat, atau pada suhu sekitar 400C bisa memberikan rasa nyaman pada si kecil ketika ia mandi. Setelah mandi pun si kecil tidak akan merasa kedinginan.

6. Jangan Mandi Si Kecil Jika Ia Baru Selesai Makan

Sebisa mungkin, jangan Mandi si kecil jika ia baru saja selesai makan. Biasanya, bayi baru lahir akan muntah setiap kali selesai makan.

Jika Bunda Mandinya selepas makan, bukan tidak mungkin si kecil akan muntah di dalam ember mandinya. Bunda jadi harus Mandinya ulang dengan air hangat yang baru.

7. Mandi Bayi Baru Lahir Dengan Baby Bather

Cara Mandi bayi baru lahir dengan baby bather merupakan pilihan lain yang bisa Bunda gunakan ketika Mandi si kecil.

Baby bather adalah ember mandi alternatif untuk si kecil yang terbuat dari besi yang berlapis kain sebagai alasnya. Menggunakan baby bather jelas akan lebih mudah, karena si kecil akan terbebas dari bahaya tergelincir akibat dasar ember mandi yang licin.

8. Gunakanlah Sabun Khusus Untuk Bayi

Agar kulit si kecil tetap lembut dan wangi, gunakan sabun yang khusus diciptakan untuk kulit bayi yang sensitif ya, Bunda.

Apabila si kecil baru saja lahir, Bunda bisa menggunakan Zwitsal Baby Bath Classic.atau Zwitsal Baby Bath 2 in 1. Jika rambut si kecil sudah mulai tumbuh Bunda bisa mulai menggunakan Zwitsal Shampoo Aloe Vera, Kemiri, Seledri agar rambutnya tumbuh sehat dan tebal.

9. Menjemur Si Kecil

Setelah mandi, Bunda bisa mengajak si kecil ke luar. Sinar matahari pagi sangat bagus untuk kulit si kecil, sehingga Bunda bisa menjemur si kecil selama 5 menit.

Mandi si kecil bukan hanya bermanfaat untuk menjaga tubuh si kecil agar senantiasa selalu bersih, melainkan bisa membangun ikatan yang lebih kuat antara Bunda dan si kecil.

Katanya, bayi yang memiliki ikatan kuat dengan ibunya cenderung akan tidur lebih nyenyak. Jadi, jangan takut lagi untuk Mandi si kecil yang baru lahir ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*