Penasaran Perusahaan Alibaba Bergerak di Bidang Apa Saja? Ini Jawabannya

Alibaba group merupakan perusahaan terbesar yang berasal dari Tiongkok. Pada tahun 1999, Jack Ma mendirikan Alibaba group. Hingga kini Alibaba group sudah berkembang di 200 negara, untuk membangun bisnis di berbagai bidang. Perkembangan bisnis yang semakin pesat tersebut, kemudian menghasilkan pasar kapitalis pada awal tahun 2020. 

Bidang yang Digeluti Alibaba

Alibaba bergerak dalam beberapa bidang, yang diwujudkan dalam bentuk pasar atau platform bisnis. Dari platform bisnis tersebut, Jack Ma mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Diperkirakan bisa mencapai hingga ratusan triliun. Sehingga tidak heran bila produk – produk yang dihasilkan Alibaba, banyak dikenal seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia.

  • Perdagangan secara Grosir

Perdagangan barang secara grosir, biasa dilakukan melalui marketplace 1688.com. Ada berbagai barang yang bisa Anda dapatkan dalam jumlah besar dan harga murah dengan cara belanja di Alibaba. Mulai dari alat elektronik, pakaian, hingga peralatan rumah tangga. Biasanya marketplace 1688.com ini, dimanfaatkan untuk tengkulak barang oleh para pedagang kelas atas. 

  • Penghubung Konsumen dengan Produsen

Penghubung antara konsumen dengan produsen barang, ternyata juga digeluti oleh Alibaba. Kegiatan tersebut, dilakukan dengan menggunakan marketplace AlieExpress.com. Sehingga Anda hanya perlu menentukan barang apa yang hendak dibeli, lalu pihak AlieExpress.com akan mencari produsen dan distributor dari Tiongkok. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran.

  • Media Cetak dan Digital

Media cetak dan digital digeluti oleh South China Morning Post. Pada Desember 2015, Jack Ma memutuskan untuk membeli perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis di bidang hiburan, pembentukan liputan seputar Tiongkok, hingga media cetak. Hingga kini bisnis South China Morning Post selalu menampilkan berita – berita terupdate tentang Tiongkok.

  • Pemetaan dan Navigasi

Bidang pemetaan dan navigasi dijalankan oleh perusahaan AutoNavi. Perusahaan tersebut  berasal dari Tiongkok, yang diakuisisi pada tahun 2014. Semua data pemetaan, disediakan untuk perusahaan Google dan Apple Inc. Hingga kini, sudah ada lebih dari 100 juta pengguna AutoNavi. Salah satunya berasal dari Negara Tiongkok sendiri. 

  • Pembayaran Online

Pembayaran online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Alipay. Hingga kini, sudah ada lebih dari 500 juta pengguna aplikasi Alipay yang tersebar di berbagai dunia. Bahkan sudah bisa bersaing dengan PayPal. Uniknya Alipay ini bekerja sama dengan 65 lembaga keuangan, visa, dan mastercard. Kini Alipay menjadi layanan keuangan dalam kegiatan bisnis Alibaba.

  • Film 

Alibaba group menggeluti bidang film, yang awalnya bernama China Vision Media. Kemudian pihak Alibaba membeli saham yang dimiliki China Vision Media tersebut, sebesar 60%. Saat itulah nama China Vision Media, berganti menjadi Alibaba Pictures Group.

Ada beberapa bidang yang digeluti oleh Alibaba Group. Mulai dari perdagangan grosir, penghubung konsumen dengan produsen, hingga film. Adanya berbagai bidang tersebut, bertujuan untuk mengembangkan bisnis agar lebih luas lagi. Sehingga tidak heran, bila semua produk yang dihasilkan Alibaba Group dapat dikenal oleh seluruh penduduk dunia.