Menu dan Fitur Lengkap Setara Daring di Setara.kemdikbud.go.id

Adanya pandemi Covid-19 yang terjadi sejak dua tahun yang lalu, membuat semua aktifitas masyarakat dibatasi. Termasuk salah satunya adalah aktivitas belajar mengajar.

Demi mengurangi penyebaran Covid-19, maka sistem pembelajaran di Indonesia dibuat menjadi pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring. Untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring tersebut, pemerintah merilis website setara.kemdikbud.go.id.

Website ini sangat membantu tenaga pendidik dalam menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Lalu bagaimana cara penggunaan website setara.kemdikbud.go.id? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Menu pada Website Setara Kemdikbud

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, website setara.kemdikbud.go.id ditujukan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar. Sehingga guru akan lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Sebenarnya ada banyak platform yang menyediakan fitur serupa. Namun, kebanyakan platform tersebut berbayar karena dikelola oleh pihak swasta.

Sementara website setara.kemdikbud.go.id dikelola oleh pemerintah melalui Kemdikbud. Sehingga bisa diakses oleh siswa dan guru di Indonesia secara gratis.

Dalam website setara.kemdikbud.go.id terdapat beberapa menu utama yang bisa Anda pilih, diantaranya sebagai berikut.

1. Beranda

Menu “Beranda” merupakan menu yang pertama kali muncul saat Anda membuka situs http://setara.kemdikbud.go.id/kesetaraan. Pada menu “Beranda” berisi penjelasan tentang program Setara Daring. Selain itu terdapat juga penjelasan tentang Setara Mobile, yang merupakan aplikasi dari Setara Kemdikbud yang bisa diunduh melalui Play Store.

2. Paket A

Menu selanjutnya adalah menu “Paket A” yang berisi tentang program layanan kesetaraan pada jenjang Pendidikan Dasar atau SD mulai dari kelas 1-6.

3. Paket B

Menu yang ketiga adalah menu “Paket B”. Pada menu ini berisi tentang program layanan kesetaraan pada jenjang Pendidikan Menengah Pertama mulai dari kelas VII-IX.

4. Paket C

Menu selanjutnya adalah menu “Paket C”. Pada menu ini berisi program layanan kesetaraan pada jenjang Pendidikan Menengah Umum mulai dari kelas X-XII.

5. Panduan UPK Moda Daring

Terakhir, Anda akan menemukan menu “Panduan UPK Moda Daring”. Pada menu ini berisi modul online tentang Panduan Penyelenggaraan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) Tingkat Satuan Pendidikan Moda Daring.

Fitur seTARA Mobile

Selain melalui website setara.kemdikbud.go.id, Anda bisa juga mengakses melalui aplikasi seTARA mobile. Berikut ini beberapa fitur yang ada pada seTARA mobile.

1. Registrasi Akun

Fitur yang pertama yaitu “Registrasi Akun”. Fitur ini digunakan untuk melakukan registrasi akun agar bisa mengikuti pembelajaran menggunakan seTARA daring. Registrasi akun bisa Anda lakukan satu kali pada awal penggunaannya.

2. Login Akun

Jika telah berhasil melakukan registrasi akun, maka selanjutnya jika ingin mengikuti pembelajaran melalui seTARA mobile maka cukup login dengan memasukkan  username dan password yang telah terdaftar.

3. Melihat Postingan

Fitur ini digunakan untuk melihat postingan dari tutor berkaitan dengan pengumuman atau pemberitahuan seputar pembelajaran di seTARA.

4. Gabung Kelas

Fitur “Gabung Kelas” dapat dimanfaatkan jika ingin bergabung dalam kelas pembelajaran. Caranya adalah dengan memasukkan kode kelas yang telah diberikan oleh tutor.

5. Akses Daftar Kelas

“Daftar Kelas” berisi daftar semua kelas pembelajaran yang diikuti dalam seTARA mobile.

7. Akses Daftar Anggota

Jika ingin mengetahui siapa saja yang tergabung dalam kelas yang diikuti, maka bisa melihat melalui fitur ini.

8. Akses Daftar Mapel

Jika ingin mengetahui daftar mata pelajaran apa saja yang akan dipelajari dalam kelas tersebut maka bisa memilih fitur ini.

9. Akses Materi Modul

Dalam pembelajaran melalui seTARA mobile, peserta didik dapat mempelajari materi dalam bentuk teks, gambar, audio bahkan video.

10. Akses Penugasan Modul

Sebagai bahan evaluasi pembelajaran, pada akhir sesi pembelajaran, peserta didik diminta untuk mengisi soal sebagai bentuk penugasan.

Referensi terkait: