Google Text To Speech, Fitur, Cara Pakai dan Keunggulannya

Bisa dikatakan jika Google Text to Speech adalah salah satu aplikasi Android yang cukup menarik dan tentu bisa diandalkan untuk membantu para pengguna untuk melakukan pencarian informasi. Ya, dengan menggunakan aplikasi ini, pencarian pada informasi bisa dilakukan dengan lebih simple dan tentu saja lebih mudah.

Seperti namanya, aplikasi besutan Google ini akan mengubah input teks atau text menjadi suara atau speech. Artinya, jika biasanya Anda mengetikkan kata sebagai keyword atau keterangan pencarian, dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda hanya tinggal mengatakan apa yang akan Anda cari.

Download: Kumpulan Nada Dering Sahur MP3

Sekilas, aplikasi ini cukup unik. Namun, dalam penggunaannya, aplikasi ini akan memudahkan pengguna di mana mereka tidak perlu repot mengetikkan detail yang ingin mereka cari di Google –terutama untuk keyword yang panjang, dan hanya perlu mengatakannya.

Ragam Fitur Google Text to Speech

Aplikasi ini hadir dengan beragam fitur yang bisa dikatakan cukup lengkap dan menarik. Adanya beragam fitur ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk menggunakannya.

Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi Google Text to Speech diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pilihan bahasa dan suara

Aplikasi Google Text to Speech menyediakan cukup banyak variasi suara dan bahasa yang didukung. Menurut detail yang tersedia, aplikasi ini mendukung lebih dari 220 suara dan 40 jenis bahasa yang berbeda.

Lihat juga: Cara Download Suara Google Translate Sound of Text Jawa

  • Wave Net voice

Fitur ini akan memudahkan sistem untuk mendeteksi suara dari pengguna. Dengan adanya fitur ini, maka perintah suara bisa dipahami dengan lebih baik sehingga apa yang dicari bisa ditampilkan dengan maksimal

  • Dukungan teks dan SSML

Fitur ini adalah alat bantu untuk pengguna guna melakukan custom suara mereka untuk menambahkan nomor, waktu atau melakukan pause dan juga mengatur ulang instruksi pelafalan

  • Pitch tuning

Pitch tuning akan membantu pengguna untuk mengatur ulang pitch pada pilihan suara. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 20 semitones yang bisa dimanfaatkan

  • Speaking rate tuning

Speaking rate tuning akan membantu pengguna untuk mengatur rate dari suara mereka untuk menjadi lebih cepat atau lebih lambat dari setting awal. Dengan pengaturan ini, sistem akan memberikan respons yang lebih maksimal.

Referensi lainyahttps://www.sebuahutas.com/2021/04/cara-pakai-sound-of-text-untuk-whatsapp.html

Dengan fitur yang tersedia, bisa dikatakan jika Google Text to Speech menjadi aplikasi andalan untuk melakukan pencarian informasi dengan lebih mudah. Tentu, fitur terbaru nantinya pasti akan hadir seiring dengan pembaruan yang dilakukan.

Aplikasi Google Text-to-speech
Aplikasi Google Text-to-speech

Bagaimana Cara Menggunakan Google Text to Speech?

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan umum yang sering muncul, terutama untuk pengguna yang baru mengetahui adanya Google Text to Speech. Memang, ada pengaturan yang harus dilakukan untuk menggunakan fitur dalam aplikasi ini. Hanya saja, pengaturan yang dimaksud cukup mudah dan simple.

Referensi lainnya: Text to Speech Terbaik Bahasa Indonesia

Untuk menggunakan aplikasi Google Text to Speech, beberapa hal awal yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Instal aplikasi Google Text to Speech terlebih dahulu dari Google Play
  • Masuk ke menu pengaturan smartphone yang digunakan
  • Pilih opsi aksesibilitas
  • Pilih opsi vision, disesuaikan dengan perangkat yang digunakan
  • Pilih opsi ‘select to speak’
  • Klik OK

Keunggulan Google Text to Speech Untuk Pencarian Informasi

Hadirnya Google Text to Speech memberikan variasi baru yang bisa digunakan untuk mencari informasi menggunakan smartphone. Tentu saja, ada beberapa keunggulan dari aplikasi ini yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda perlu menggunakannya.

Aplikasi ini menggunakan program API atau Application Programming Interface di mana akan membuatnya sangat mudah untuk digunakan. Ya, dengan menggunakan Google Text to Speech, Anda akan mendapatkan opsi yang fleksibel untuk melakukan pencarian hingga melakukan panggilan yang lebih interaktif.

Lihat pula: Text to Speech suara Pria

Selain itu, aplikasi ini menawarkan lebih dari 30 suara dalam berbagai bahasa dan varian. Dengan beragam variasi suara ini nantinya Anda bisa mengintegrasikan aplikasi dan perangkat dengan lebih mudah. Tidak hanya untuk smartphone saja, melainkan untuk perangkat lain seperti PC, speaker, dan lainnya.

Tentu, dengan beragam keunggulan yang ditawarkan, tidak salah jika Anda menggunakan Google Text to Speech untuk memaksimalkan penggunaan smartphone Anda. Segera saja dapatkan aplikasi ini dan memanfaatkan beragam fitur yang tersedia.