Apa Itu Pekerjaan dan Profesi serta Perbedaan Keduanya

Perlu Anda ketahui bahwa pekerjaan dan profesi memiliki makna yang berbeda. Pekerjaan merupakan suatu kegiatan atau aktivitas, bisa berupa bisnis yang dilakukan untuk menghasilkan uang (nafkah). Sedangkan profesi merupakan kegiatan atau aktivitas khusus, yang memerlukan keterampilan dan pengetahuan tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Pekerjaan?

Pekerjaan adalah suatu kegiatan yang tidak bergantung pada suatu keahlian, keterampilan, pengetahuan, kualifikasi, dan pelatihan  khusus. Sehingga, tidak semua orang bertumpu pada satu profesi, melainkan setiap orang dimungkinkan untuk memiliki pekerjaan.

Dalam arti luas, pekerjaan merupakan aktivitas utama yang dilakukan oleh setiap manusia. Sedangkan pekerjaan dalam arti sempit merupakan suatu tugas atau pekerjaan yang bisa menghasilkan uang. Menurut orang awam, pekerjaan seringkali dianggap sebagai sinonim dengan profesi, padahal tidak demikian.

Ciri-Ciri Suatu Pekerjaan

  1. Tidak mengandalkan keterampilan dan pengetahuan khusus.
  2. Dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  3. Umumnya, memiliki status yang rendah di kehidupan masyarakat.
  4. Hanya menghasilkan sedikit uang.

Contoh Pekerjaan

  1. Operator.
  2. Penjaga warnet.
  3. Tukang ketik di rental.
  4. Dan lain-lain.

Operator merupakan seorang yang menjaga suatu channel. Operator berhak untuk melakukan banned atau kick kepada seseorang yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan pada channel tersebut.

Apa Itu Profesi?

Profesi adalah suatu kegiatan yang sangat bergantung pada keterampilan, pengetahuan, kualifikasi, atau pelatihan tertentu. Seorang profesional menawarkan layanan dan jasa yang disediakannya dengan aturan dan protokol dalam bidang yang  dikuasainya. Seorang profesional pun menerima gaji sebagai upah atas jasa atau layanan yang diberikannya.

Ciri-Ciri Profesi

  1. Menguasai keterampilan, pengetahuan, atau keahlian khusus yang didapatnya dari pelatihan, pendidikan, dan pengalamannya selama bertahun-tahun.
  2. Profesi memiliki status yang tinggi di kehidupan masyarakat.
  3. Pada umumnya, akan menerima gaji/menghasilkan uang yang banyak.

Contoh Profesi

  1. Programmer
  2. IT Support
  3. AutoCAD Drafter
  4. Sales
  5. IT HelpDesk
  6. Web Developer
  7. Web Designer
  8. Web Chief Editor
  9. Python Developer
  10. Graphic Designer
  11. Java Developer
  12. Android Developer
  13. Dan lain-lain

Pekerjaan dan profesi memang dua hal yang berbeda, sehingga keduanya tidak dapat dijadikan sinonim satu sama lain. Sekarang, Anda sudah tahu perbedaan beserta contoh-contoh pekerjaan dan profesi. Mudah untuk dibedakan bukan?

Artikel ini disponsori oleh: LP3I Kuliah Langsung Kerja