Pengertian dan Contoh Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi ada yang disebut sebagai hubungan kausalitas. Apakah Anda tahu apa itu hubungan kausalitas? Ya, hubungan kausalitas merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang sering digunakan dalam teks eksplanasi. Terdapat dua jenis hubungan yang bisa Anda pahami dalam teks eksplanasi yaitu hubungan waktu dan hubungan sebab akibat.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa membuat teks eksplanasi dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga bisa memberikan informasi dengan sedetail mungkin kepada para pembaca. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Maksud dari hubungan kausalitas dalam contoh teks eksplanasi ini yaitu suatu kalimat yang menjelaskan tentang hubungan sebab akibat (kausalitas) suatu fenomena atau peristiwa yang tengah terjadi. Dalam pengertian lain yang dimaksud dengan hubungan kausalitas yaitu gabungan dua klausa atau lebih yang mempunyai hubungan sebab akibat.

Hubungan kausalitas ini ditandai dengan kata maka, oleh karena itu, kalau, jika, bila, oleh sebab itu dan sehingga. Apabila Anda ingin mencari hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi, carilah kalimat yang menggunakan beberapa kata yang sudah disebutkan tadi.

Contoh Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Nah, dalam semua teks eksplanasi tentu saja terdapat beberapa hubungan kausalitas. Bagi Anda yang penasaran dengan seperti apa contoh hubungan kausalitas, yuk simak beberapa contohnya di bawah ini:

  • Kantong semar merupakan salah satu tumbuhan yang bisa tumbuh di rawa-rawa. Tambahan makanan tumbuhan ini adalah serangga yang memiliki banyak kandungan nitrogen. Kantong semar ini membutuhkan banyak kandungan nitrogen karena hidupnya yang berada di rawa-rawa yang memiliki sedikit nitrogen
  • Saat ini para petani sering kali menggunakan banyak pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan. Akibatnya dapat mempengaruhi populasi hewan maupun cacing yang berada di dalam tanah. Disamping itu, pestisida yang disemprotkan ke dalam tanaman, sebagiannya dapat terbawa oleh air dan mengalir ke sungai-sungai yang dapat membunuh ekosistem laut
  • Lingkungan rumah kami kebanjiran karena banyak warga yang membuang sampah ke sungai. Pada saat hujan deras, debit air menjadi lebih banyak dan menyebabkan sungai meluap. Hal inilah yang menyebabkan banjir di daerah kami
  • Harga pakaian di supermarket itu sedang ada diskon besar-besaran, oleh sebab itu banyak sekali pengunjung yang datang pada hari ini
  • Rupiah menjadi semakin melemah akibat naiknya harga minyak dunia
  • Makan malam akan segera siap kalau kakak ikut membantu ibu memasak di dapur sekarang.

Demikian ulasan mengenai hubungan kausalitas yang bisa Anda pahami. Setelah mengetahui tentang apa itu hubungan kausalitas seperti di atas. Kini, Anda bisa membuat teks eksplanasi dengan sempurna lengkap dengan strukturnya dan kaidah kebahasaan yang digunakan. Bagi Anda yang akan membuat teks eksplanasi, selamat mencoba!