Apa Perbedaan Peta dan Atlas

Jika Anda menganggap Peta dan Atlas adalah hal yang sama, Anda tak sendirian. Ada banyak orang yang beranggapan sama dengan Anda. Mungkin itu karena Peta dan Atlas sama-sama merupakan himpunan  petunjuk kawasan tertentu atau seluruh dunia berdasarkan wilayah, letak geografis, dan letak astronomis. Padahal, faktanya Peta dan Atas itu berbeda.

Ingin tahu apa saja perbedaan antara keduanya? Simak ulasannya di bawah ini.

Lihat juga: Peta Indonesia PDF Lengkap [HD Version]

Perbedaan Peta dan Atlas

Sebelum membahas perbedaan Peta dan Atlas, mari pahami dulu pengertian keduanya. Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh kawasan bumi dari atas, yang dilukiskan di atas bidang datar dengan simbol-simbol dan skala yang diperkecil. Sedangkan, Atlas adalah himpunan banyak peta yang disusun menjadi sebuah buku.

Perbedaan Peta dan Atlas antara lain :

  • Bentuk

Dari pengertian tersebut di atas dapat diketahui bahwa bentuk Peta adalah lembaran. Bisa berupa kertas, poster, atau styrofoam. Sedangkan Atlas berbentuk buku, mulai dari ukuran pocket sampai besar.

  • Indeks

Perbedaan yang kedua, Atlas memiliki indeks untuk memudahkan pengguna mencari letak kota, gunung, dan sungai maupun unsur lainnya pada peta. Sedangkan Peta tak memiliki indeks.

  • Info Tambahan

Perbedaan yang terakhir, Atlas memuat informasi yang lebih lengkap dibandingkan Peta. Informasi tersebut diantaranya seperti jumlah penduduk, sektor pariwisata, suhu, flora dan fauna, serta hasil tambang.

Nah, itulah ulasan perbedaan Peta dan Atlas yang penting untuk Anda kenali. Sekarang tentu Anda sudah bisa membedakan Peta dan Atlas dan tak akan salah paham lagi.

Artikel edukasi menarik lainnya: