TextHelp, Aplikasi Spesial Untuk Membantu Sahabat Berkebutuhan Khusus

Kalian ngerasa gak sih, semenjak kemunculan Android banyak permasalahan sehari – hari yang solusinya ada di aplikasi smartphone? Salah satunya adalah TextHelp, aplikasi yang diperuntukan bagi teman – teman berkebutuhan khusus.

Tak hanya itu, aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu penyandang disleksia, merupakan perangkat lunak berbayar yang sangat baik untuk menemukan kata yang Anda cari, dan juga berguna untuk koreksi suatu ejaan.

TextHelp merupakan aplikasi yang menyediakan bantuan untuk membaca dan menulis bagi penyandang kebutuhan khusus. Dikembangkan oleh Google for Education2 dan Microsoft gold3,  kini aplikasinya tersedia di perangkat Windows, iOS, Android, Chrome, dsb.

Texthelp

Apa itu TextHelp ?

Aplikasi berbasis suara dan tulisan ini diperuntukan bagi penyandang disabilitas. Bahkan, kini TextHelp juga banyak digunakan oleh banyak orang yang mengalami kesulitan membaca (disleksia).

Aplikasi ini memang sengaja dibuat, karena banyaknya kasus–kasus kesulitan membaca dan menulis di banyak negara. Bahkan, saat uji coba aplikasi baru ketahuan nih kalau peminatnya bukan cuman anak–anak tapi juga orang dewasa.

Keunggulan Aplikasi TextHelp ?

Di luar negeri, TextHelp sudah banyak dikenal dan digunakan di banyak instansi pendidikan. Nah, beberapa keunggulannya adalah berikut ini :

  1. TextHelp meraih penghargaan untuk Secondary Digital Product Learning di BETT Award London. Jadi sudah pasti aplikasi ini terpercaya dan teruji handal.
  2. Teknologi ini dibuat dan telah diuji di oleh banyak orang. Sehingga saat peluncurannya, TextHelp yakin akan mampu mengubah hidup baru para penggunannya.
  3. Selain mudah digunakan, TextHelp juga membantu para Guru dan siswa untuk berkembang di berbagai program study. Siswanya gak hanya termotivasi namun juga ikut terlibat saat menggunakan aplikasi tersebut.

TextHelp

Fitur – fitur Apa Aja Yang Ada di TextHelp ?

Gak cuman ada satu, ternyata TextHelp ternyata memiliki 6 fitur yang sangat membantu untuk orang dengan kebutuhan khusus lho !

1. Read and Write

Toolbar Read and Write ngebantu banget untuk membuat dokumen, file, dan halaman web lebih mudah diakses. Gak cuman dipakai oleh para siswa, fitur ini juga membantu karyawan untuk bekerja dan saling berkirim chat di WhatsApp Mod.

2. Browsealoud

Fitur ini cukup inovatif karena bisa membantu menambah ucapan, membaca dan menerjemahkan ke situs web khusus. Nah, fitur ini cocok banget buat penderita Disleksia, Literasi Rendah, Gangguan Penglihatan atau Orang asing (Non Inggris).

3. TextHelp Fluency Tutor

Fitur ini cocok untuk guru yang memiliki murid berkebutuhan khusus. Karena fitur ini bisa bikin murid jadi rajin untuk membaca. Dan gurunya bisa dengan gampang memantau perkembangan baca dari muridnya.

4. TextHelp Speechstream

Nah, fitur ini pas banget digunakan saat belajar online di masa pandemi. TextHelp Speechstream sifatnya fleksibel dan berbasis cloud, jadi cara pakai nya gak ribet sama sekali.

5. TextHelp Equation

Kalau fitur ini, untuk murid – murid khusus yang kesulitan dalam mata pelajaran matematika. Jadi guru dan murid bisa dengan mudah membuat persamaan matematika, grafik, dan masih banyak lagi.

6. TextHelp Copycert

Bisa dibilang ini adalah fitur editor yang membantu sebuah tulisan untuk disortir. Jadi misalkan ada kata – kata yang mengandung unsur dewasa, kasar atau bermuatan politik bakalan disortir.

Gimana Cara Pakai TextHelp ?

Gak seperti yang kita bayangkan, ternyata cara menggunakannya cukup mudah lho! Kamu cukup mendownload aplikasinya, bisa melalui PC, App Store ataupun Play Store. Kemudian, tinggal register sesuai data – data kamu yang benar.

Jika sudah tunggu email notifikasi dan konfirmasi, nah setelah itu maka kamu bisa menjelajahi semua fitur – fitur lengkapnya. Ada dua pilihan berbayar atau trial sesuai dengan kebutuhan kamu.

Gimana, keren banget ya aplikasi TextHelp ini. Jika Anda ingin mencobanya segera registrasi dan gunakan fitur premiumnya secara gratis selama 30 hari. Anda dapat mencoba satu per satu semua fitur yang ada pada aplikasinya.

Semoga informasi ini dapat membantu kamu atau temanmu mencari solusi dari permasalahan kalian ya. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga kamu untuk membantu mereka memberikan solusi permasalahan yang serupa. Selamat mencoba.

Referensi: Cara membuat suara google