Perbaikan Masalah dan Solusi Instalasi Listrik

Masalah kelistrikan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Saat ini kami akan mencoba menuliskan beberapa masalah kelistrikan sekaligus solusi yang perlu Anda ketahui.

Sebelum kita menyelami masalahnya, ketika masalah instalasi listrik kecil dan tidak menimbulkan ancaman atau tidak berisiko tinggi, Anda dapat memilih untuk memperbaikinya sendiri. Penting untuk anda mengetahui harga kabel nyy 2×1.5.

Namun jika masalah kelistrikannya besar dan rumit, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk memperbaikinya sendiri jika tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan tentangnya. Dalam hal ini, untuk amannya tentunya anda harus berkonsultasi dengan teknisi listrik terlebih dahulu karena jika tidak maka tindakan ini sangat beresiko bagi anda.

Sekarang mari kita ulas beberapa permasalahan kelistrikan beserta solusinya!

Transien

Transient, umumnya dikenal sebagai surge, adalah tegangan yang tidak stabil dan cenderung meningkat dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh gangguan tegangan tinggi pada aliran listrik.

Solusinya:

Periksa saluran instalasi listrik apakah ada yang salah dengan kabel instalasi Anda dan konsultasikan dengan teknisi listrik jika masalah sementara ini terus berlanjut.

Tidak adanya Sekring

Tidak adanya sekring seperti MCB, MCCB, LCB dan sejenisnya. Ini adalah perangkat terpisah yang digunakan untuk mendeteksi dan mencegah rangkaian tegangan rendah jika terjadi kebocoran arus. Sekring adalah suatu keharusan karena mengurangi kemungkinan sengatan listrik.

Solusinya:

Untuk mencegah sengatan listrik yang dapat terjadi karena kebocoran, Anda dapat memasang sekring di rumah Anda oleh teknisi listrik profesional.

Pemutus Sirkuit Terus Berjalan

Dari situ nama itu dibuat karena alat listrik ini berfungsi memutus rangkaian ketika mendeteksi ada yang tidak beres dengan aliran arus.

Solusinya:

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memeriksa panel listrik utama di rumah Anda karena di sanalah semua sakelar kendali utama berada. Anda akan melihat panel sakelar yang dimatikan atau tersandung. Anda hanya perlu menyalakannya kembali.

Jika masalah yang sama terus berlanjut, Anda mungkin harus menghubungi ahli listrik.

Bola Lampu Sering Rusak / Mati

Apakah Anda sering mengganti bola lampu? Sepertinya bohlam Anda tidak sebagus saat Anda membelinya sebelumnya. Tetapi jangan langsung mengatakan bahwa bohlam adalah masalahnya.

Ini sebenarnya bisa menjadi masalah listrik lain di rumah Anda. Ada banyak alasan mengapa bola lampu sering terbakar atau pecah, bisa karena voltase yang meningkat, bola lampu yang terlalu rapat, sirkulasi udara yang tidak tepat, dan lain sebagainya.

Solusinya:

Jika semuanya baik-baik saja dan satu per satu bohlam Anda terus-menerus rusak dan sia-sia, kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi dengan teknisi listrik. Ini untuk menghemat bohlam Anda agar tidak sering atau cepat rusak.

Kabel Melihat Keluar Dari Outlet

Kabel mencuat dari Stopkontak Titik ini mewakili masalahnya sendiri dengan jelas. Ketika sebuah rumah sudah tua, segala isinya juga menjadi tua, termasuk kabel-kabelnya. Kabel tampaknya keluar dari stopkontak karena kabel berlebih atau kabel tidak efisien.

Ini juga bisa terjadi di bangunan lain, bukan hanya rumah tua. Jika kabel terpasang dengan benar, ini mengurangi potensi kerusakan. Namun, Anda tidak dapat sepenuhnya mengandalkan perlindungan sementara karena bila stopkontak kehilangan daya rekatnya, maka akan mudah tergelincir. Karena itu, hal itu juga meningkatkan potensi terjadinya kebakaran; terutama jika soketnya mudah terbakar.

Solusinya:

Lakukan perbaikan dan kencangkan stopkontak Anda dan juga pastikan kabel terpasang dengan benar. Hal ini dapat mencegah percikan api yang mungkin terjadi jika kabel digantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *