RSS
 

Pelatihan Deseminasi Festival Literasi Guru Pegerak di Kabupaten Kubu Raya

19 Oct

Pada Tanggal 18 s/d 22 Oktober 2021 Diselenggarakan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Deseminasi Festival Literasi Guru Pegerak oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Kabupaten Kubu Raya Tepatnya di Gardenia Resort & Spa Kubu Raya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh bapak M. Ayub, S.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten Kubu Raya dan didampingi Indah Yuliastuti, M.Pd selaku Kasi Diklat serta Kabid Pembinaan Ketenagaan yaitu Drs. Sunardi. S. Acara tersebut diadakan di hotel Gardenia Resort and Spa, Jl. Arteri Supadio, Kubu Raya, yang dihardirkan juga berbagai peserta guru pegerak dari beberapa kecamatan, Kabupaten Kubu Raya kota Pontianak Prov. Kalimantan Barat.

Awal acara tersebut adalah sambutan kata dari ibu Inda Yuliastuti, M.Pd selaku Kasi Diklat yang akan memberitahukan lama pelaksanaan acara, jumlah peserta, tujuan yang di inginkan serta banyaknya jumlah narasumber.

Dalam acara tersebut, harapan dari guru penggerak ini adalah mewujudkan suatu karya – karya baru dari penulis guru penggerak ini, dengan diadakannya program Pendidikan Guru Penggerak disingkat dengan PGP yang merupakan langkah strategis dari pemerintah untuk menjadikan guru yang berdaya dan memberdayakan dalam meningkatkan kualitas sistem pembelajarannya dengan proses hasil dari belajarnya peserta didik.
Pembukaan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kubu Raya, M. Ayub, S.Pd mengatakan bahwa tidak ada suatu karya baru apapun yang melesat naik ke atas manjadi popularitas, tanpa adanya suatu proses. Dan tidak ada yang tidak bisa, yang ada hanyalah belum terbiasa. Maksudnya adalah tidak ada suatu karya yang tidak bisa di kerjakan, yang ada hanyalah belum perna atau belum terbiasa mengerjakannya. Oleh sebab itu bakat akan muncul setelah minat diasah.

Guru penggerak adalah guru yang menyadari kegagalan itu adalah kehausan. Kenapa…? Karena sustru kegagalan merupakan awal kebenaran dan keberhasilan seorang guru. Apabila ada seorang yang takut gagal berarti ia adalah seorang pengecut, ujarnya bapak M. Ayub, S.Pd.

Kegagalan adalah sebuah kehausan, memang pasti ketemu dan tidak ada seorang pun di dunia ini mencoba menghindari dari kegagalan. Akan tetapi berawal dari kegagalan itu adalah punjak kejayaan dari setiap kegagalan, jika kegagalan tersebut mau diperbaiki terus menerus.

Dalam menuju kejayaan haruslah melalui dari beranjak, bergerak dan menanjak. Karena dari beranjak kita akan terbiasa bergerak maka lama kelamaan dalam karya usaha kita akan menanjak juga, insyaallah.

Namun yang paling terpenting dan utama, hikmah dari Festival Literasi Guru Penggerak ini, bahwasannya adalah semangat, luntur dan mudah dalam melakukannya. Konsep guru penggerak, bahwasanya semua anak didik memiliki potensi – potensi yang baik. Sebab para anak didik tersebut menunggu semua para guru penggerak khususnya yang ada di seluruh kecamatan, Kabupaten Kubu Raya.
Program Sekolah Penggerak (PSP)

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian malalui terciptanya pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dan mencakupi kompetensi serta karakter yang diawali dengan unggulnya Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu kepala sekolah dan guru penggerak yang baru.
Komunitas Guru Penggerak Kalbar
Pendidikan Guru Penggerakadalah program pendidikankepemimpinanbagi guru untukmenjadipemimpinpembelajaran.Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak.Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.
Topik Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak antara lain:
1.    FilosofiPendidikan Indonesia
2.    Nilai-nilaidanperan Guru Penggerak
3.    Membangunvisisekolah
4.    Membangunbudayapositif di sekolah
5.    Durasipembelajaran: Duabulan
Festival Literasi Guru Penggerak di KabupatenKubu Raya
Demi membantu mewujudkan tujuan-tujuan dari program Guru Penggerak, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikdan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) akanmenyelenggarakankegiatan Festival Literasi (Filtrasi) Guru Penggerak di 9 kabupaten/kotasasaranPendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 1 di wilayah Kalimantan. Salah satutahapankegiatan yang akandilakukanadalahDiklatDiseminasiFiltrasi Guru Penggerak.DalamrangkamemberikandukunganterhadappeningkatankemampuanliterasiKaryaTulisIlmiah Guru untukmendorongterwujudnyaprofilPelajarPancasilasekaligusmenguatkanupayapemberdayaankomunitas Guru Penggerak.
Proses pendidikan guru penggerakmenghadirkanberbagaimanfaatpositifbagipesertanya. Setidaknyaada 7 manfaatpenting program guru penggerakbagipendidikyaitu:Prosespendidikan guru penggerakmenghadirkanberbagaimanfaatpositifbagipesertanya. Setidaknyaada 7 manfaatpenting program guru penggerakbagipendidikyaitu:
1.    MengembangkanKompetensidalamLokakaryaBersama
2.    Meningkatkankompetensisebagaipemimpinpembelajaran yang berpusatpadamurid
3.    Pengalamanbelajarmandiridankelompokterbimbing, terstruktur, danmenyenangkan
4.    Pengalamanmendapatkanbimbingan/mentoring daripengajarpraktik (pendamping) pendidikan guru penggerak
5.    Mendapatkankomunitasbelajarbaru
6.    Pengalamanmendapatkanbimbingan/mentoring daripengajarpraktik (pendamping) pendidikan guru penggerak
7.    Mendapatkansertifikatpendidikan 306 JP danPiagam Guru Penggerak
Kegiataniniberlangsungselama 5 hari, yaknipadatanggal 18 Oktober 2021 s/d 22 Oktober 2021.Kegiatanberlangsung di Gardenia Resort and Spa, Jl.ArteriSupadio, Kubu Raya, Pontianak, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Indonesia, 78391.
Kegiataninimenghadirkansetidaknya 80 peserta yang terdiridari Guru Penggerak yang berasaldariberbagaisekolah di KabupatenKubu Raya.
Pembukaanacaraini di pimpinlangsungolehKepalaDinasPendidikanKabupatenKubu Raya, yakni M. AyubS.Pd. Dalamacarainibeliaumenegaskanbahwatidakadasesuatu yang tidakbisadilakukan, yang adahanyabelumterbiasa.Selainitu, beliaujugaberharapkepada guru-guru penggerak agar terussemangatdanterusmenekuniprogram Guru Penggerak, sepertimeningkatkankemampuanmenuliskaryailmiah.
Tujuan yang diharapkandari program FILTRASI ini adalah:
•    Meningkatkankemampuan guru penggerakdalammewujudkanliterasipancasila
•    Meningkatankaryatulisyagdibuatoleh guru penggerak
•    Mendongkrakkarakterpancasilapadamurid
Melalui Program Guru Penggerak, pendidikdapatmeningkatkankompetensinyasebagaipemimpinpembelajaran yang berpusatpadamurid. Selamapelaksanaan program, guru akandibimbingolehinstruktur, fasilitator, danPengajarPraktikprofesional.

 
 

Webinar Literasi Digital – Rahmad Widyo Utomo

27 Jul

Baca Lagi – Pada kesempatan kali ini Relawan TIK Kalimantan Barat diberi kesempatan untuk mengisi Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kubu Raya. Adanya tujuan Literasi Digital ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dimana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sebuah produk ciptaan manusia yang berupa alat dan saat ini menjadi suatu kebutuhan yang tak terlepaskan. Lahirnya Teknologi Informasi dan Komunikasi mempengaruhi setiap perilaku manusia terutama disaat ini pada generasi muda.

Bermedia digital menjadi sebuah budaya konsumtif yang sebenarnya dapat dilawan dengan budaya produktif. Namun berkembangnya teknologi secara pesat megakibatkan segala ancaman yang selalu mengintai kita. Semakin kita nyaman di dunia digital maka kita semakin terjebak dalam situasi yang berbahaya.

Webinar Literasi Digital Kubu Raya

Pada kesempatan kali ini di Webinar Literasi Digital Kabupaten Kubu Raya pada hari Rabu 21 Juli 2021 membawakan Tema “Pahami Internet dengan Literasi Digital yang Tepat”. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut guna meliterasi seluruh masyarakat yang berada di Kabupaten Kubu Raya dan Sekitarnya agar memahami fungsi, kegunaan dan keamanan dalam dunia digital.

Pada kesempatan kali ini juga di Webinar Gerakan Literasi Digital Kabupaten Kubu Raya mengundang para narasumber hebat yang ahli dalam bidangnya diantaranya :
Rahmad Widyo Utomo (Relawan TIK Kalimantan Barat & Founder Bacalagi.com) / Digital Skill
• Alexander Hendarno Laminto (CEO ThinkBIG Education and Learning Center for SMEs and Campus) / Digital Safety
• Insan Nur Akbar (Komika & Budayawan) / Digital Culture
• Aprilia Putri (News Anchor iNews TV & MNC News Channel) / Digital Ethics
• Ovi Darlin (Announcer & Master of Ceremony) / Moderator

Sesuai judul kali ini kita akan membahas mengenai Pemahaman internet dalam Literasi Digital agar dalam penggunaannya tepat dan terhindar dari dampak buruk.

Webinar Literasi Digital (Digital Skill)

Rahmad Widyo Utomo sebagai pengurus RTIK Kalimantan Barat serta sebagai Founder Baca Lagi membawakan pilar Digital Skill dengan tema “Mengenal Aplikasi Percakapan dalam Dunia Digital”.
Pada pemaparannya bahwa dalam aplikasi percakapan sangat sekali fitur-fitur yang belum kita ketahui seperti Google Meet, Zoom, Whatsapp, Telegram dan masih banyak lagi.
Dalam hal ini aplikasi percakapan sangat banyak digunakan sebagai penghubung antar dua manusia ataupun kelompok. Dan ternyata dalam aplikasi percakapan itu ada banyak jenisnya seperti pesan berbentu tulisan disebut denga Online Chat (pesan Teks), Voice Note (Pesan Suara), Video Call (Percakapa Video).

Paparan Penutup Digital Skill

Hal unik yang saya dapati dari sebuah pemaparan beliau ternyata di telegram itu terdapat fitur Channel dimana kita dapat memanfaatkan dalam mencari pertemanan maupun siaran ataupun bot. Selain itu juga ternyata Fitur Bot ini juga unik apabila kita ingin memulai obrolan dengan bot ini kita diharuskan menuliskan kata kunci baru bot ini mulai bekerja dalam membalas chat kita.

Rahmad Widyo Utomo mengatakan bahwa banyak aplikasi percakapan diluar sana yang dapat kita gunakan, sama seperti mencari pasangan hidup cocok cocokan maka dari itu apabila kita menggunakan aplikasi percakapan itu kembali lagi kediri kita masing masing enaknyaa menggunakan aplikasi percakapan yang mana.

Aplikasi percakapan ini memudahkan kita dalam melakukan percakapan jarak jauh, berbeda seperti zaman dahulu dimana ketika kita ingin memulai percakapan kita harus menulis dan mengirim surat kelokasi tujuan dan memakan waktu berhari-hari, atau dimana kita ingin menghubungi seseorang kita harus mengantri dan harus janjian seperti menggunakan wartel (warung telepon), Namun disaat sekarang ini kecanggihan teknologi semuanya bisa teratasi.

Dengan adanya aplikasi percakapan ini membantu yang jauh terasa dekat Rahmad mengatakan ketika menjalani hubungan jarak jauh (LDR) semua bisa aman terkendali tanpa harus menghawatirkan satu sama lain.
Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 Juta orang terliterasi secara digital pada tahun 2021 dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama yaitu Tips dan Trik Menjaga Keamanan Data Pribadi di Dunia Digital (Digital Safety), Main Aman Saat Berbelanja Online (Digital Culture), Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital (Digital Skill), dan Etika Menghargai Karya atau Konten Orang Lain di Media Sosial (Digital Ethics).

 
No Comments

Posted in Bacalagi

 

Ferianto Sebagai Instruktur Kegiatan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2021

16 Jun

yale

Ferianto Sebagai Instruktur Kegiatan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2021

PEMAGANGAN DALAM NEGERI / PBK

Sistem Pemagangan (Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2013/Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 22 Tahun 2009)

Sistem pelatihan kerja di dalam negeri yang diakui oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Diselenggarakan bagi mereka yang berusia minimal 18 tahun, untuk mempelajari pengendalian sikap kerja, pengetahuan dan ketrampilan berdasarkan pengalaman pelaksanaan tugas sesuai dengan program pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran kerja, kemampuan dan produktifitas.

Dukungan Penuh untuk Program Pemagangan

Kami memberikan dukungan dari pengenalan calon peserta magang, pembuatan dokumen kontrak yang diperlukan, kurikulum pemagangan dan dokumen yang wajib diajukan ke pemerintah, serta dalam aplikasi perijinan ke Dinas Tenaga Kerja.

※ Jumlah maksimal peserta magang adalah 30% dari jumlah karyawan yang dipekerjakan langsung (karyawan tetap dan kontrak). (Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.22 Tahun 2009)

Keuntungan Manfaat Sistem Pemagangan

  1. Peserta dapat mengikuti magang pada pekerjaan utama, tetapi dengan status bukan sebagai pekerja, melainkan peserta magang.
  2. Masa pemagangan adalah 1 tahun. Dengan mengevaluasi sikap kerja dan kompetensi peserta, mereka yang prestasinya baik dapat direkrut sebagai karyawan tetap setelah masa pemagangan selesai.
  3. Perusahaan mendapatkan nilai tambah, yaitu perusahaan telah melaksanakan program CSR, karena ikut berperan secara aktif dalam pembinaan calon pekerja di Indonesia.

Tahun 2021 ini kembali dibuka program pemagangan dalam negeri

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

yale

 

Ferianto Sebagai Narasumber Pandu Digital dengan materi Design Grafis

16 Jun

Ferianto Sebagai Narasumber Pandu Digital dengan materi Design Grafis

Indonesia sebagai negara yang terus mengembangkan sektor ekonomi digital untuk menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, perlu melakukan terobosan dengan mempersiapkan generasi muda yang adaptif di era Revolusi Industri 4.0 dengan dukungan pembinaan literasi digital dan pemberdayaan masyarakat. Luasnya wilayah Indonesia dan sebaran SDM yang memiliki pengetahuan literasi digital menjadi tantangan tersendiri untuk pencapaian tujuan di atas, maka Kominfo berusaha memenuhi kebutuhan SDM yang memiliki kemampuan untuk menjadi pendamping masyarakat dalam literasi digital melalui kegiatan/program Pandu Digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Relawan TIK Kalbar pun menggelar acara webinar Literasi Digital yang memuat materi Design Grafis,  kegiatan yang bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dan pemahaman mengenai Design Grafis ini hadir dalam bentuk seminar dan diskusi secara online lewat webinar.

Pada webinar kali ini hadir narasumber Ferianto S.Hut yang merupakan salah satu pengurus Relawan TIK Kalbar sekaligus founder dari lembaga kursus dan pelatihan Yale Communication

Manfaat menguasai Desain Grafis:

  1. Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis
  2. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis
  3. Mempersiapkan masyarakat (generasi muda/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampiakan dalam bentuk grafis.

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

 
 

Ferianto sebagai narasumber Webinar Nasional Pentingnya Memiliki Digital Skill di Masa Pandemi Covid 19

16 Jun

Ferianto sebagai narasumber Webinar Nasional Pentingnya Memiliki Digital Skill di Masa Pandemi Covid 19

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan terjadi dan membuat setiap orang harus beradaptasi. Namun apapun yang terjadi dengan adanya pandemi, ini menjadi momen setiap individu untuk membuka diri lebih dalam karena dengan begitu peluang akan datang. Namun semuanya dimulai dari satu hal yang paling mendadar yaitu dari cara berpikir terbuka.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi pun menggelar acara webinar Literasi Digital wilayah Jawa Barat untuk Kabupaten Garut,  kegiatan yang bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital ini hadir dalam bentuk seminar dan diskusi secara online lewat webinar.

Pada webinar kali ini hadir narasumber Ferianto S.Hut yang merupakan salah satu pengurus Relawan TIK Kalbar sekaligus founder dari lembaga kursus dan pelatihan Yale Communication. Selain itu juga menghadirkan beberapa narasumber lain, seperti Dewi S. Sari yang merupakan KA Eksekutif MAFINDO , Al Akbar yang merupakan Founder Sobat Cyber Indonesia, dan Gilang Adikara yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi UNY.

Webinar dipandu oleh Mely Munial pada Jumat, 11 Juni 2021, pukul 08.30 WIB.

 

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

 
 

Ferianto Sebagai Narasumber Webinar Nasional Trend Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital

16 Jun

Ferianto Sebagai Narasumber Webinar Nasional Trend Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital

Perubahan teknologi dan gaya hidup di masyarakat telah mengubah dunia bisnis secara perlahan-lahan menjadi lebih modern dan fleksibel. Hal ini rupanya juga berlaku dalam dunia kerja yang ada saat ini.

Trend-trend baru mulai muncul di dunia kerja saat ini seiring dengan teknologi yang digunakan di lingkungan bisnis. Apa saja trend yang muncul di dunia kerja saat ini?

Pertama, web development. Jasa pembuatan website ini harus bermodalkan keahlian di bidang IT, membeli domain, hosting, dan tentunya jaringan internet. Ini merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah sepi pembeli. Mengingat efektivitas internet yang digunakan hampir di semua bidang, menjadi web designer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Membuat startup. Startup adalah sebutan bagi pengusaha yang tengah merintis bisnis di bidang digital. Ada banyak jasa yang ditawarkan, seperti pembuatan website, software, aplikasi mobile, dan masih banyak lagi. Bisnis startup mengutamakan konten yang menarik dan kreatif agar diminati oleh masyarakat.

Membuat blog yang menarik dan menghasilkan income. Ini adalah hobi yang bisa mendatangkan uang. Hanya dari menulis mengenai hal menarik dan bermanfaat bagi orang lain, atau tulisan dengan tema tertentu, kita bisa menambah penghasilan bulanan di antaranya dengan komisi dari afiliasi dengan pihak atau produsen lain saat menjual produk. Selain itu, kita juga bisa menawarkan iklan untuk ditampilkan dalam blog.

Menyediakan jasa desain grafis. Jasa pembuatan desain grafis memiliki prospek yang sangat besar. Permintaannya bisa sangat tinggi, disebabkan oleh promosi produk yang membutuhkan tampilan menarik dan ditunjang dengan tools komputer yang semakin canggih.

Menjual plugin dan template WordPress. Salah satu mesin blog yang ramai dipakai adalah WordPress. Pasalnya, maintenance dan modifikasinya tidak begitu sulit.

Penulis konten/artikel SEO (Search Engine Optimization)
Bagi yang suks menulis, tidak ada salahnya mencoba berkarya di dunia digital. Dari berbagai lini ide peluang usaha yang telah dibahas sebelumnya, konten menarik dengan SEO akan lebih meningkatkan traffic dan semakin direkomendasiksn oleh mesin pencari.

Membangun agensi pembuatan artikel dan konten
Beberapa editor diperlukan untuk menjaga kualitas tulisan dan memerluksn pemasaran yang baik supaya diketahui oleh khalayak ramai. Kini, banyak startup uang berbisnis di bidang penulisan konten, misalnya jasa penulis artikel Kontenesia.

Membuat aplikasi mobile. Dengan semakin seringnya orang menggunakan teknologi mobile, maka selama itu pula bisnis aplikasi mobile masih akan prospektif. Google telah memberikan dukungan untuk pemanfaatan fitur aplikasi Android, hanya tinggal mempelajarinya dengan sungguh-sungguh saja.

Membuat software. Software adalah perangkat lunak berisi bahasa pemrograman yang memiliki kesatuan, nilai dan tujuan tertentu.

Jasa internet marketing, merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis digital. Mengingat persaingan bisnis yang juga ketat, maka internet marketing adalah cara promosi produk barang/jasa dengan mengoptimalkan media sosial dan akses internet lainnya.

Media sosial, bisa dioptimalkan penggunaannya untuk berbisnis, internet marketing atau bahkan menciptakan media sosial khusus di suatu daerah.

Menjadi youtuber. Suka mengupload video dan membaginya di youtube? Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini dengan lebih serius. Buatlah video dengan tema yang sekiranya akan viral. Semakin banyak yang melihat video Anda, maka semakin besar pendapatan yang akan diperoleh. Selain itu, ada fitur subscriber. Uang yang kita dapatkan berasal dari iklan yang otomatis tayang dalam video dan iklan akan muncul jika penonton menekan tombol klik.

Masih banyak peluang usaha di dunia digital yang bisa dicoba. Namun, yang paling penting adalah bulatkan tekad dan niat, survei target pasar yang sesuai dengan usaha yang akan dilakukan, dan persiapkan diri untuk belajar lebih banyak. Jika semuanya sudah siap, langkah berikutnya adalah aksi nyata.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Jawa Timur – Kabupaten Trenggalek

Webinar ini dilaksanakan pada Rabu, 9 Juni 2021, secara daring melalui zoom cloud meetings. Webinar ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain Ferianto S.Hut yang merupakan Founder Yale Communication serta pengurus wilayah Relawan TIK Kalbar, Rahmat Humala Putra Hasibuan  yang merupakan Relawan TIK/ Konsultan IT, Adi Syafitrah yang merupakan pemeriksa fakta MAFINDO, Dan Erick Gafar yang merupakan Komite Anugrah Pesona Indonesia, selain itu juga menghadirkan Deananda Ayusaputri yang merupakan Blogger dan digital content creator sebagai Key Opinion Leader. Fokus pembahasan dari webinar ini adalah Trend Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital.

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

 
 

Ferianto Sebagai Narasumber Kegiatan Transformasi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis UMKM Pontianak

16 Jun

Ferianto Sebagai Narasumber Kegiatan Transformasi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis UMKM Pontianak

Transformasi digital merujuk pada penggunaan teknologi digital untuk merubah secara drastis bagaimana strategi dan proses dalam bisnis. Salah satu bentuk perwujudannya adalah menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran. Apapun sektor bisnis yang dijalankan, skala besar maupun kecil, saat ini setiap pengusaha bisa dikatakan bergantung pada data dan teknologi. Oleh karena itu, sangat penting melakukan transformasi digital pada bisnis. Tanpa melakukannya kemungkinan besar sebuah bisnis tidak dapat berjalan lancar bahkan terpaksa gulung tikar. Untuk mengetahui lebih jelas tentang betapa pentingnya transformasi digital pada bisnis, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mampu Beradaptasi Dengan Perubahan Perilaku Konsumen

Kemajuan teknologi saat ini khususnya internet membuat terjadinya perubahan perilaku konsumen. Perubahan yang paling mendasar adalah minat konsumen untuk berbelanja dengan langsung mendatangi toko telah sangat berkurang. Mereka kini cenderung lebih memilih untuk berbelanja secara online, melalui smartphone mereka. Alasannya lebih praktis dan efisien. Tidak perlu mengkhawatirkan macet, cuaca buruk atau menunggu lama saat antri. Agar bisnis tetap berjalan lancar, pengusaha tentu harus melakukan transformasi digital untuk dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Caranya dengan membuat toko online dan mengoptimalkan pemasaran produk atau jasa Anda dengan digital marketing. Lebih jelasnya, untuk membuat toko online, Anda perlu membuat website atau memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak untuk membuka toko online. Lalu, optimalkan pemasaran dengan digital marketing misalnya dengan memanfaatkan SEO dan media sosial. Bila Anda tidak memiliki keahlian dalam melakukan semua hal tersebut, Anda menggunakan bantuan jasa digital marketing agency.

2. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Transformasi digital memudahkan konsumen memperoleh informasi terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan tanpa terbatas waktu dan tempat. Pelayanan pun dapat dilakukan lebih optimal, baik itu dalam hal proses transaksi pembelian, pengiriman, penyampaian keluhan atas kendala yang mungkin terjadi maupun penanganan atasnya. Sehingga kepuasan konsumen pun meningkat.

3. Upaya Efisiensi yang Efektif

Setelah transformasi digital, semua sistem akan terkomputerisasi dan terintegrasi. Pelayanan konsumen dan pemasaran dapat berjalan lebih optimal. Kemungkinan human error yang dapat mengakibatkan kerugian pun dapat diminimalisir. Hal ini tentu merupakan upaya efisiensi yang efektif. Tidak hanya dari segi waktu dan biaya saja, tetapi juga tenaga.

4. Mengurangi Risiko Kecurangan Internal

Pengembangan TI (Teknologi Informasi) beserta segala sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi sebagai bentuk transformasi digital dapat mengurangi risiko kecurangan yang terjadi dalam internal perusahaan. Sebab, setiap data informasi dan laporan akan terekam dalam database serta ada sistem keamanan yang membuat akses pada data krusial hanya terbatas pada orang yang memiliki otoritas.

5. Meningkatkan Nilai Saing dan Profit

Di era digital seperti saat ini, ada lebih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam berbisnis. Salah satunya adalah ketatnya persaingan bisnis. Laju bisnis di era digital bergerak dinamis dan sangat cepat. Agar tidak kalah dalam persaingan bisnis atau setidaknya bisa bertahan tetap eksis di pasar, sebagai pengusaha Anda harus meningkatkan nilai saing dengan melakukan transformasi digital. Dengan begitu profit pun dapat meningkat.

Transformasi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis UMKM Pontianak

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Relawan TIK Kalbar untuk menyelenggarakan kegiatan seminar bertemakan “Transformasi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis UMKM Pontianak”. Kegiatan ini berlangsung di UMKM Center Kota Pontianak, di Jalan Sultan Abdurahman No. 140. Ferianto S.Hut yang merupakan salah satu pengurus relawan TIK Kalbar, sekaligus founder lembaga kursus dan pelatihan Yale Communication menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 05 & 06 Juni, pada pukul 09.00 WIB.

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

 
 

Ferianto Sebagai Narasumber Pandu Digital dengan Materi Membangun Website Landing Page dengan WordPress

16 Jun

Ferianto Sebagai Narasumber Pandu Digital dengan Materi Membangun Website Landing Page dengan WordPress

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah halaman website yang sengaja didesain untuk meningkatkan penjualan atau mengumpulkan leads bagi bisnis. Jadi ketika membuat iklan PPC, mengirim promosi melalui email marketing, atau posting di media sosial, Anda arahkan target audiens menuju halaman website tersebut (landing page).

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

Homepage adalah halaman depan website Anda dan apa yang pengunjung lihat ketika mereka mengetikkan nama domain Anda di browser internet. Di sisi lain, landing page bisa merupakan salah satu halaman di website Anda atau halaman website yang berdiri sendiri yang menjadi halaman pertama yang dituju pengunjung dari pihak ketiga (iklan PPC, media sosial, email marketing, dll).

Sebuah homepage didesain untuk pengunjung agar bisa memahami bisnis Anda secara keseluruhan. Mereka bisa menjelajah website Anda dan mengeksplor halaman-halaman seperti About Us, Contact Us, Our Product, Sign Up, hingga halaman karier. Berbeda dengan landing page yang didesain untuk menghasilkan conversion. Link di landing page lebih sedikit dibanding homepage yang didesain agar pengunjung membuat keputusan pembelian, sign up, atau subscribe newsletter.

Manfaat yang paling umum dari landing page adalah untuk mendapatkan leads atau prospek atau calon pembeli. Leads bisa berupa klik menuju laman yang lain, klik menuju WhatsApp, atau email tergantung pada strategi marketing yang digunakan serta audience yang diinginkan. Pemilik bisnis berharap bisa mendapatkan leads setiap hari agar bisnis tetap lancar. Meski tidak membeli hari itu, pengunjung yang datang bisa kita dapatkan datanya untuk kemudian ditawari produk lagi di kesempatan yang berikutnya.

Tujuan lainnya adalah untuk mempercepat transaksi. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, landing page dibuat untuk menghindarkan pengunjung dari melihat terlalu banyak menu lain di website. Melalui landing page pengunjung bisa dengan cepat mengenali produk dan lebih cepat memutuskan untuk membeli produk kita atau tidak.

Relawan TIK Kalbar  turut serta Menjadi Pandu Digital Membangun Website Landing Page dengan WordPress, dengan tujuan  membimbing masyarakat untuk kenal lebih dalam tentang apa itu Landing Page, serta pengaplikasiannya menggunakan WordPress. Ferianto, S.Hut menjadi salah satu narasumber dalam webinar ini, beliau merupakan founder dari Lembaga Kursus dan Pelatihan Yale Communication sekaligus salah satu pengurus Relawan TIK Kalbar.

 

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

 
 

Ferianto Sebagai Penyelenggara Webinar Nasional Indonesia Makin Cakap Digital Provinsi Kalimantan Barat

16 Jun

Ferianto Sebagai Penyelenggara Webinar Nasional Indonesia Makin Cakap Digital Provinsi Kalimantan Barat

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI secara resmi memanfaatkan platform Zoom untuk meluncurkan Program Literasi Digital Nasional yang bertajuk “Indonesia Makin Cakap Digital”, yang bertujuan mempromosikan literasi digital sebagai keterampilan hidup yang penting melalui pelatihan yang bertahap dan meluas.

Keterampilan tersebut akan digunakan untuk menjawab berbagai kebutuhan sektor pendidikan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menyerap 97% tenaga kerja, serta sektor pertanian yang vital untuk perekonomian – sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Pemerintah Indonesia telah memanfaatkan teknologi untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan menciptakan peluang-peluang ekonomi baru. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang dirumuskan menjadi program besar “Kementerian Komunikasi dan Informatika: Indonesia Terkoneksi Digital Semakin Maju”.

Kampanye Nasional yang peluncurannya dilakukan oleh Presiden Jokowi itu merupakan bagian dari Program Literasi Digital Indonesia jangka panjang yang bertujuan menjangkau lebih dari 50 juta orang di Indonesia menjadi makin cakap digital pada 2024.

Pemanfaaan Zoom sendiri berfungsi sebagai platform resmi konferensi video dan komunikasi dalam acara hybrid itu. Diluncurkan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, kampanye tersebut mewujudkan semangat mengatasi berbagai tantangan dan mencerminkan ambisi Indonesia untuk menjadi bangsa yang diberdayakan oleh teknologi.

“Pemerintah Indonesia memanfaatkan Zoom untuk peluncuran ini karena keamanan, kemampuannya untuk mengakomodasi skala besar, dan kehandalan yang sudah terbukti – semuanya penting untuk membantu Bapak Presiden menjangkau dan berinteraksi dengan lebih dari setengah juta penduduk yang tersebar di 514 kabupaten secara serentak, seiring dengan usaha kami untuk meningkatkan literasi digital dan kompetensi masyarakat di Indonesia,” demikian penjelasan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam siaran pers, Jumat (21/5).

Dia menambahkan, peluncuran program literasi digital nasional ini juga selaras dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113.

“Kesatuan kita sebagai bangsa saat ini ditunjukkan dengan semangat dan optimisme saudara-saudariku semua, yang hadir melalui aplikasi Zoom. Hari ini kita telah mencetak sejarah sebagai salah satu pertemuan daring dengan peserta terbanyak, di mana setidaknya 350.000 partisipan hadir secara virtual. Momentum ini adalah titik transformatif, di mana partisipasi saudara-saudari semua tidak hanya menandai kebangkitan nasional, tetapi juga menunjukkan kebangkitan era digital nasional Indonesia,” kata Johnny.

Menanggapi peluncuran kampanye tersebut, Head of International Zoom, Abe Smith menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi sebanyak-banyaknya kepada Kemkominfo RI dan Menkominfo Johnny karena telah mengundang Zoom berpartisipasi dalam kampanye luar biasa ini.

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Zoom karena platform kami dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Indonesia untuk meluncurkan Program Literasi Digital Nasional. Indonesia memiliki ambisi menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di dunia pada 2045. Bahkan negara dengan 270 juta penduduk ini semakin paham teknologi – semua elemen yang bisa meningkatkan daya saing digital Indonesia secara regional sudah tersedia,” katanya.

Smith menambahkan, Zoom mengharapkan terjalinnya keterlibatan yang lebih dekat dan dalam lagi dengan pemerintah dan masyarakat agar kami bisa terus membantu Indonesia dalam mencapai tujuan literasi digital ini.

Ada pun puncak dari acara tersebut adalah pidato Jokowi melalui Zoom Webinars yang kemudian dilanjutkan dengan sesi para menteri dan gubernur menggunakan Zoom Meetings. Acara ini disiarkan secara langsung melalui 16 stasiun TV nasional, serta kanal media sosial lainnya yang melibatkan peserta dari 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, menjadikannya acara peluncuran literasi digital terbesar yang pernah diselenggarakan baik secara daring maupun luring di Indonesia.

Sebagai informasi, dengan dukungan dari mitra Zoom di Indonesia yaitu Kayreach Systems, acara ini diadakan melalui Zoom Meetings dan Zoom Webinars. Acara ini secara handal dan aman mampu ditingkatkan skalanya untuk rencana menampung lebih dari 500.000 peserta, dan disiarkan ke jumlah penonton tak terbatas melalui Youtube dan Facebook Live. Zoom Webinars sendiri memiliki fitur opsi pendaftaran (dengan tindak lanjut lewat pengingat dan email), pelaporan, Tanya Jawab, poling, fungsi untuk mengangkat tangan, dan rekaman MP4 / M4A dengan transkrip.

Kita cukup paham bahwa pemerintah memiliki peranan dan tanggung jawab untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dari beberapa aspek, salah satu diantaranya adalah pemanfaatan teknologi informasi secara positif. Oleh karena itu dalam satu dasawarsa terakhir sudah begitu banyak program dibuat untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Meskipun begitu, proses peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dibidang penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan sebanyak lebih dari 74 ribu desa, tentu saja bukan angka yang sedikit.

Melihat kondisi ini tentu saja pemerintah membutuhkan dukungan dari beberapa stakeholders lainnya yang bisa digandeng untuk menjadi mitra pelaksana di lapangan. Dan salah satu organisasi yang sejak 2014 aktif bergerak memberikan edukasi adalah Relawan TIK Indonesia.

Relawan TIK Kalbar yang memang dalam dua tahun terakhir statusnya di non-aktifkan karena merasa belum menemukan orang-orang yang tepat untuk didelegasikan, juga mengambil bagian dalam kegiatan ini. Langkah selanjutnya adalah menghidupkan kembali Relawan TIK Kalimantan Barat yang selama ini sempat “mati suri”.

Kebetulan beberapa diantara para founder dan member BKR Community berasal dari tim Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Yale Communication, maka rencana ini dapat direalisasikan dengan cukup sempurna.

Sebenarnya selain Relawan TIK Indonesia, ada juga beberapa organisasi lain yang ikut bergerak membantu pemerintah mendukung Gerakan Literasi Digital Nasional ini. Khusus di Kalimantan Barat sendiri, beberapa nama komunitas yang aktif antara lain: Komunitas Blogger Kubu Raya, Komunitas Blogger Pontianak, Gradasi Kalbar, dan beberapa lagi lainnya.

Indonesia Makin Cakap Digital

Di bulan lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan kegiatan “pemanasan” sebelum program Indonesia Makin Cakap Digital diluncurkan secara resmi pada tanggal 20 Mei 2021 besok.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa; Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan, Staf Khusus Menkominfo Bidang Digitalisasi dan SDM Dedy Permadi, serta Plt. Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Surabaya Hamzah Arifuddin.

Sedangkan dari para penggiat literasi digital hadir Ketua Umum GNLD SiberKreasi Yosi Mokalu, dan aktor sekaligus Duta Literasi Digital SiberKreasi Nicolas Saputra.

Modul Literasi Digital
Pada kegiatan tersebut diluncurkan 4 (empat) modul literasi digital, antara lain:

  1. Budaya Bermedia Digital;
  2. Aman Bermedia Digital
  3. Etis Bermedia Digital; dan
  4. Cakap Bermedia Digital.

Panduan Kurikulum dan Seri Modul Literasi Digital dibuat sebagai rujukan pengembangan kompetensi digital SDM Indonesia, baik melalui sektor pendidikan formal, informal, maupun nonformal. Keempat modul ini melengkapi lebih dari 100 buku panduan literasi digital yang telah diterbitkan sebelumnya dan telah diunduh lebih dari setengah juta kali di website literasidigital.id.

Kurikulum dan modul disusun berdasarkan pada 4 (empat) pilar literasi digital yang utama, yaitu Digital Culture, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Skills. Modul ini merupakan manifestasi kolaborasi dari GNLD SiberKreasi, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) dan Kementerian KOMINFO.

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

 
 

Ferianto Sebagai Penyelenggara Webinar Nasional Digitall Skill Jaringan Komputer Menggunakan Mikrotik

16 Jun

Ferianto Sebagai Penyelenggara Webinar Nasional Digitall Skill Jaringan Komputer Menggunakan Mikrotik

Definisi dari Mikrotik
Mikrotik adalah sistem operasi yang berbasis perangkat lunak (software) yang dipergunakan untuk menjadikan komputer sebagai router sebuah jaringan. Mikrotik juga menggunakan sistem operasi berbasis Linux dan menjadi dasar network router. Sistem operasi (OS) ini sangat cocok untuk membangun administrasi jaringan komputer yang berskala kecil hingga besar. Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang salah memahami pengertian dari mikrotik dan router. Jika mikrotik adalah sebuah sistem operasi yang termasuk dalam golongan open source, maka router merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih. Jadi, perbedaan yang paling mendasar adalah mikrotik sebagai software dan router berperan menjadi hardware.

Jenis Mikrotik untuk Kebutuhan Jaringan Komputer
Setelah mengetahui setiap fungsi yang dimiliki oleh mikrotik, berikutnya masuk pada topik pembahasan mengenai jenis dari perangkat lunak berbasis sistem operasi jaringan ini yang terbagi menjadi dua jenis utama.

1. Mikrotik RouterOS
Jenis yang pertama adalah mikrotik RouterOS, dimana sistem operasi yang dipakai berbasis UNIX dan memiliki kelebihan dan juga menyediakan fitur mulai dari paket router, bridge, firewall, proxy server, hotspot dan lain sebagainya. Cukup dengan menggunakan sebuah Operating System (OS) saja, anda sudah dapat dan mampu untuk membangun router sendiri.

2. RouterBoard
Jika sebelumnya, RouterOS memanfaatkan sistem operasi perangkat lunak, maka RouterBoard merupakan perangkat keras (hardware) yang dikembangkan oleh perusahaan Mikrotik. RouterBoard berukuran sangat kecil dan lebih praktis, kemudian anda juga dapat melakukan proses instalasi RouterOS pada RouterBoard yang telah terkonfigurasi dengan baik.

RouterBoard terdiri dari sebuah processor, ROM, RAM, dan flash memory. Yang mana, harga di pasaran tidak terlalu mahal. Terkait dengan harganya sendiri rata – rata sekitar 600 – 800 ribu rupiah saja untuk pembelian perangkat RouterBoard

Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi bersama dengan Kemkominfo RI dan Sebekreasi melangsungkan webinar RTIK Berkreasi yang bertemakan “Pelatihan Jaringan Komputer Menggunakan Mikrotik” Webinar ini dipandu oleh Desty Yani pada hari Minggu, 25 April 2021, pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber, antara lain Arrahim yang merupakan perwakilan dari Yale Communication , serta Novi Ariansyah. RM .

Kegiatan berlangsung secara daring melalui zoom cloud meetings, dan live di Youtube Relawan TIK.

 

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id