RSS
 

Pelatihan Deseminasi Festival Literasi Guru Pegerak di Kabupaten Kubu Raya

19 Oct

Pada Tanggal 18 s/d 22 Oktober 2021 Diselenggarakan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Deseminasi Festival Literasi Guru Pegerak oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Kabupaten Kubu Raya Tepatnya di Gardenia Resort & Spa Kubu Raya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh bapak M. Ayub, S.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten Kubu Raya dan didampingi Indah Yuliastuti, M.Pd selaku Kasi Diklat serta Kabid Pembinaan Ketenagaan yaitu Drs. Sunardi. S. Acara tersebut diadakan di hotel Gardenia Resort and Spa, Jl. Arteri Supadio, Kubu Raya, yang dihardirkan juga berbagai peserta guru pegerak dari beberapa kecamatan, Kabupaten Kubu Raya kota Pontianak Prov. Kalimantan Barat.

Awal acara tersebut adalah sambutan kata dari ibu Inda Yuliastuti, M.Pd selaku Kasi Diklat yang akan memberitahukan lama pelaksanaan acara, jumlah peserta, tujuan yang di inginkan serta banyaknya jumlah narasumber.

Dalam acara tersebut, harapan dari guru penggerak ini adalah mewujudkan suatu karya – karya baru dari penulis guru penggerak ini, dengan diadakannya program Pendidikan Guru Penggerak disingkat dengan PGP yang merupakan langkah strategis dari pemerintah untuk menjadikan guru yang berdaya dan memberdayakan dalam meningkatkan kualitas sistem pembelajarannya dengan proses hasil dari belajarnya peserta didik.
Pembukaan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kubu Raya, M. Ayub, S.Pd mengatakan bahwa tidak ada suatu karya baru apapun yang melesat naik ke atas manjadi popularitas, tanpa adanya suatu proses. Dan tidak ada yang tidak bisa, yang ada hanyalah belum terbiasa. Maksudnya adalah tidak ada suatu karya yang tidak bisa di kerjakan, yang ada hanyalah belum perna atau belum terbiasa mengerjakannya. Oleh sebab itu bakat akan muncul setelah minat diasah.

Guru penggerak adalah guru yang menyadari kegagalan itu adalah kehausan. Kenapa…? Karena sustru kegagalan merupakan awal kebenaran dan keberhasilan seorang guru. Apabila ada seorang yang takut gagal berarti ia adalah seorang pengecut, ujarnya bapak M. Ayub, S.Pd.

Kegagalan adalah sebuah kehausan, memang pasti ketemu dan tidak ada seorang pun di dunia ini mencoba menghindari dari kegagalan. Akan tetapi berawal dari kegagalan itu adalah punjak kejayaan dari setiap kegagalan, jika kegagalan tersebut mau diperbaiki terus menerus.

Dalam menuju kejayaan haruslah melalui dari beranjak, bergerak dan menanjak. Karena dari beranjak kita akan terbiasa bergerak maka lama kelamaan dalam karya usaha kita akan menanjak juga, insyaallah.

Namun yang paling terpenting dan utama, hikmah dari Festival Literasi Guru Penggerak ini, bahwasannya adalah semangat, luntur dan mudah dalam melakukannya. Konsep guru penggerak, bahwasanya semua anak didik memiliki potensi – potensi yang baik. Sebab para anak didik tersebut menunggu semua para guru penggerak khususnya yang ada di seluruh kecamatan, Kabupaten Kubu Raya.
Program Sekolah Penggerak (PSP)

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian malalui terciptanya pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dan mencakupi kompetensi serta karakter yang diawali dengan unggulnya Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu kepala sekolah dan guru penggerak yang baru.
Komunitas Guru Penggerak Kalbar
Pendidikan Guru Penggerakadalah program pendidikankepemimpinanbagi guru untukmenjadipemimpinpembelajaran.Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak.Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.
Topik Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak antara lain:
1.    FilosofiPendidikan Indonesia
2.    Nilai-nilaidanperan Guru Penggerak
3.    Membangunvisisekolah
4.    Membangunbudayapositif di sekolah
5.    Durasipembelajaran: Duabulan
Festival Literasi Guru Penggerak di KabupatenKubu Raya
Demi membantu mewujudkan tujuan-tujuan dari program Guru Penggerak, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikdan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) akanmenyelenggarakankegiatan Festival Literasi (Filtrasi) Guru Penggerak di 9 kabupaten/kotasasaranPendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 1 di wilayah Kalimantan. Salah satutahapankegiatan yang akandilakukanadalahDiklatDiseminasiFiltrasi Guru Penggerak.DalamrangkamemberikandukunganterhadappeningkatankemampuanliterasiKaryaTulisIlmiah Guru untukmendorongterwujudnyaprofilPelajarPancasilasekaligusmenguatkanupayapemberdayaankomunitas Guru Penggerak.
Proses pendidikan guru penggerakmenghadirkanberbagaimanfaatpositifbagipesertanya. Setidaknyaada 7 manfaatpenting program guru penggerakbagipendidikyaitu:Prosespendidikan guru penggerakmenghadirkanberbagaimanfaatpositifbagipesertanya. Setidaknyaada 7 manfaatpenting program guru penggerakbagipendidikyaitu:
1.    MengembangkanKompetensidalamLokakaryaBersama
2.    Meningkatkankompetensisebagaipemimpinpembelajaran yang berpusatpadamurid
3.    Pengalamanbelajarmandiridankelompokterbimbing, terstruktur, danmenyenangkan
4.    Pengalamanmendapatkanbimbingan/mentoring daripengajarpraktik (pendamping) pendidikan guru penggerak
5.    Mendapatkankomunitasbelajarbaru
6.    Pengalamanmendapatkanbimbingan/mentoring daripengajarpraktik (pendamping) pendidikan guru penggerak
7.    Mendapatkansertifikatpendidikan 306 JP danPiagam Guru Penggerak
Kegiataniniberlangsungselama 5 hari, yaknipadatanggal 18 Oktober 2021 s/d 22 Oktober 2021.Kegiatanberlangsung di Gardenia Resort and Spa, Jl.ArteriSupadio, Kubu Raya, Pontianak, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Indonesia, 78391.
Kegiataninimenghadirkansetidaknya 80 peserta yang terdiridari Guru Penggerak yang berasaldariberbagaisekolah di KabupatenKubu Raya.
Pembukaanacaraini di pimpinlangsungolehKepalaDinasPendidikanKabupatenKubu Raya, yakni M. AyubS.Pd. Dalamacarainibeliaumenegaskanbahwatidakadasesuatu yang tidakbisadilakukan, yang adahanyabelumterbiasa.Selainitu, beliaujugaberharapkepada guru-guru penggerak agar terussemangatdanterusmenekuniprogram Guru Penggerak, sepertimeningkatkankemampuanmenuliskaryailmiah.
Tujuan yang diharapkandari program FILTRASI ini adalah:
•    Meningkatkankemampuan guru penggerakdalammewujudkanliterasipancasila
•    Meningkatankaryatulisyagdibuatoleh guru penggerak
•    Mendongkrakkarakterpancasilapadamurid
Melalui Program Guru Penggerak, pendidikdapatmeningkatkankompetensinyasebagaipemimpinpembelajaran yang berpusatpadamurid. Selamapelaksanaan program, guru akandibimbingolehinstruktur, fasilitator, danPengajarPraktikprofesional.

 
 

Leave a Reply