«

»

Jul 29

Konsultan Jasa NDT (Non Destructive Testing) – Uji Tidak Rusak: Ultrasonic Testing

Metode Uji NDT: Ultrasonic Testing

Ultrasonic testing merupakan salah satu metode pengujian tanpa merusak obyek (NDT, Non-Destructive Test) menggunakan gelombang ultrasonik untuk berbagai tujuan, baik obyek berbahan metal maupun bukan metal, misalnya casting, plat, forging, plastik, dan keramik.

Ultrasonic testing mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam menentukan posisi reflaktor dan mengestimasi ukuran dan bentuknya; sensitivitas tinggi pada permukaan dan sub-permukaan obyek; hanya membutuhkan sedikit part untuk preparasinya; hasil yang detail dapat diperoleh dengan menggunakan sistem yang otomatis; serta penetrasi yang dalam pada deteksi atau pengukuran cacat dibandingkan metode NDT lain.

 

Cara Kerja Tes Ultrasonic Testing (UT)

Pada dasarnya, prinsip kerja ultrasonic testing adalah identifikasi dan kuantifikasi gelombang ultrasonik yang dipantulkan dari obyek (pulse echo) atau gelombang yang dikirimkan melalui transmisi.

Gambar 1. Ilustrasi deteksi kerusakan dengan ultrasonic testing. (Sumber: www.InsightNDT.com)

 

Sistem ultrasonic testing terdiri dari rangkaian pemancar (transmitter), penerima (receiver), transducer, dan perangkat display.  Rangkaian ini membentuk sistem yang akan memberikan informasi yang dibawa sinyal untuk mengetahui lokasi dan ukuran cacat/retak pada obyek. Dapat dilihat pada Gambar 1 bahwa terdapat dua macam probe, yaitu normal probe dan angle probe. Normal probe digunakan untuk mendeteksi kerusakan yang secara langsung berada dibawah probe, sedangkan angle probe digunakan untuk mendeteksi kerusakan yang letaknya tidak berada tepat di bawah probe, misalnya pada deteksi kerusakan welding.

 

Fungsi dan Tujuan Uji Ultrasonic Testing

Ultrasonic testing sering dilakukan untuk deteksi kerusakan pada material baja dan logam paduan lainnya. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan pada beton, kayu dan komposit dengan resolusi gelombang ultrasonik yang lebih rendah. Oleh karena itu, metode ultrasonic testing digunakan di banyak sektor industri, mulai dari konstruksi, manufaktur, otomotif, aerospace, transportasi, dan sektor industri lainnya.

Selain untuk mendeteksi cacat/retak, ultrasonic testing telah banyak diaplikasikan untuk kepentingan-kepentingan lain di bidang geologi, misalnya pada penelitian yang dilakukan oleh Marwan dkk. (2019) yang menguji karakteristik fisik batu pasir dengan memanfaatkan ultrasonic testing. Metode ini menjadi cara alternatif dalam menganalisis pengaruh porositas terhadap kecepatan dan atenuasi sinyal gelombang. Perbedaan nilai porositas dapat diketahui dengan menganalisis parameter gelombang berupa cepat rambat (v) dan koefisien atenuasi (α). Gelombang ultrasonik direspon secara berbeda ketika ditransmisikan ke dalam suatu medium karena perbedaan beberapa sifat fisik batuan, misalnya permeabilitas, densitas, kandungan mineral dan lain sebagainya.

Ultrasonic testing juga dapat dilakukan untuk memperoleh nilai speed (kecepatan propagasi gelombang ultrasonik) dan impedansi akustik atau resistensi material, misalnya yang dilakukan oleh Lusiana dkk (2019) yang memanfaatkan sinyal echo ultrasonik untuk pengukuran speed dan impedansi akustik pada tanah liat. Ia menjelaskan bahwa karakteristik material direpresentasikan oleh sinyal pantul dari material yang diuji, di mana pengujian pengujian pulse echo ultrasonic ini menggunakan efek piezoelektrik.  Pulsa listrik bertegangan tinggi akan mengeksitasi Kristal piezoelektrik untuk menghasilkan gelombang ultrasonik di permukaan spesimen. Kemudian gelombang tersebut bergerak melalui spesimen dan transducer memantulkan gelombang dari sisi yang berlawanan dengan spesimen.

Gambar 2: Uji NDT untuk cek kondisi pipa

 

Peralatan Survey Ultrasonic Testing

Untuk melakukan pengujian dengan metode ini, diperlukan alat uji ultrasonic testing yang merupakan rangkaian sistem yang terdiri atas transmitter, transducer, receiver, dan perangkat display.

 

Konsultan Jasa dan Tenaga Ahli NDT : Ultrasonic Testing

PT Geochem Survey International dengan tenaga ahli dan engineer konsultan NDT dari ITB menyediakan jasa dan konsultasi dalam melakukan survey menggunakan metode ultrasonic testing, mulai dari pengambilan data, processing dan interpretasi data. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kontak kami di nomor call / Whatsapp 081910036644

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create