Sedekah Online Untuk Anak Yatim

Anak yatim sangatlah istimewa bagi Rasulullah SAW. Sehingga jika ada seseorang yang melakukan sedekah untuk anak yatim akan mendapatkan hikmah atau keutamaan yang sangat luar biasa. Anak yatim adalahanak yang tidak memiliki ayah ketika masih belum baligh. dalam alquran surah dijelaskan bagaimana keistimewaan anak yatim. Bahkan, terdapat 22 ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang keistimewaan anak yatim.

Sedekah Online Untuk Anak Yatim

Dengan istimewanya kedudukan anak yatim dalam Islam, tak heran jika sebagai muslim kita dianjurkan untuk memperbanyak menyenangkan anak yatim, dengan cara sedekah. Saat ini bersedekah kepada anak yatim bisa dilakukan dengan berbagai cara yang sangat mudah. Baik itu melalui panti asuhan atau secara online. Sekalipun melalui online nantinya pihak tersebut akan membagikan sedekat tersebut ke panti asuhan. Nah, agar lebih semangat lagi memperhatikan anak yatim, simak ulasan berikut ini mengenai hikmah sedekah anak yatim beserta hukum dan cara sedekah online.

Hikmah Sedekah Anak Yatim

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa hikmah sedekah kepada anak yatim sangalah jelas. Bahkan, salah satu hikmah sedekah kepada anak yatim yaitu bisa memperpanjang umur dan harta yang dimiliki akan selalu berkah. Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja hikmah sedekah anak yatim, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  • Sedekah Yatim Untuk Pahala Yang Terus Mengalir

Hikmah sedekah kepada anak yatim yang pertama yaitu mendapatkan pahala yang mengalir terus menerus. sekecil apapun harta yang ada keluarkan untuk bersedekah kepada anak yatim akan diganti private ganda bahkan hal tersebut sudah dijelaskan oleh rasul umul shallallahu alaihi wasallam bahwa ada tiga amalan yang pahalanya tidak akan terputus meskipun sudah meninggal. Diantaranya ilmu bermanfaat, doa anak Sholeh dan sedekah jariyah.

  • Sedekah Yatim Untuk Harta Yang Berkah

Mengeluarkan sedikit harta untuk bersedekah kepada anak yatim sama sekali tidak akan mengurangi harta yang dimiliki, justru harta yang dimiliki akan lebih berkah. Pasalnya sekalipun harta yang dikeluarkan sedikit mampu membuka pintu rezeki lain, sehingga harta bisa semakin bertambah. Keutamaan sedekah anak yatim yang bisa memberikan harta berkah sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Saba ayat 39 “Dia adalah sebaik-baiknya pemberi rezeki”.

  • Sedekah Yatim Untuk Menjauhkan Diri Dari Api Neraka

Keutamaan sedekah kepada anak yatim yang selanjutnya yaitu menjauhkan diri dari siksa api neraka. Panasnya api neraka tidak akan dirasakan oleh seseorang yang gemar sedekah kepada anak yatim. Karena anak yatim sangatlah istimewa. Maka dari itu, perbanyaklah bersedekah agar semakin jauh jarak dengan pintu neraka. Kini bersedekah untuk anak yatim bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik itu secara langsung atau secara online.

Selain terhindar dari api neraka, bersedekah kepada anak yatim juga membantu menjanjikan pintu surga khusus. Hal tersebut sudah dijelaskan pada sebuah hadis bahwa seseorang yang gemar bersedekah termasuk golongan yang akan dipanggil untuk masuk surga melalui pintu sedekah.

  • Menyejukkan Hati

Siapa yang ingin hidup bahagia? Setiap orang pastinya sepakat untuk selalu hidup bahagia. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk hidup lebih bahagia yaitu dengan bersedekah kepada anak yatim. Karena hal tersebut bisa menyejukkan hati. Seseorang yang suka bersedekah diibaratkan sebagai orang yang menggunakan baju besi dengan ukuran yang lapang, sebaliknya jika termasuk golongan orang yang pelit akan menggunakan pakaian yang sesak.

  • Sedekah Untuk Menutup Aib

Seseorang yang gemar bersedekah kepada anak yatim, Allah akan menjamin menutupi aib orang tersebut. Hal tersebut pernah dikatakan oleh imam syafi’i bahwa salah satu cara untuk menutupi aib yaitu dengan bersedekah. Orang yang gemar bersedekah tidak ada salah satu jalan untuknya.

  • Sedekah Yatim Untuk Terhindar Dari Bencana

Hikmah bersedekah kepada anak yatim juga terhindar dari bencana serta marabahaya apapun. Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak ada musibah serta bencana yang bisa mendahului sedekah yang dikeluarkan. Selain itu Rasulullah juga bersabda bahwa sedekah yang dikeluarkan biasa menutup 70 pintu kejahatan.

  • Sedekah Untuk Memperpanjang Umur

Sekecil apapun sedekah yang Anda keluarkan mampu memperpanjang umur dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Selain itu, sedekah yang dikeluarkan juga mampu membantu menghindarkan seseorang dari kematian dalam keadaan yang buruk atau su’ul khotimah.

Banyaknya hikmah yang bisa didapatkan jika bersedekah kepada anak yatim, sehingga sangat sayang sekali jika melewatkan hal tersebut. Saat ini memberi sedekah kepada anak yatim mudah sekali untuk dilakukan. Bahkan, kini tersedia layanan online terpercaya yang akan menyalurkan sedekah anda kepada sasaran yang tepat.

Hukum Sedekah online

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ini bisa melakukan sedekah kepada anak yatim melalui online. Dengan adanya kemudahan tersebut, tak lepas dari banyaknya pertanyaan mengenai apa hukum dari sedekah online? Adakah secara online memang menimbulkan pro dan kontra. Kenapa demikian? Salah satu hal yang menyebabkan sedekah secara online menjadi kontra adalah mengkhawatirkan keabsahannya. Terutama bersedekah dalam bentuk zakat.

Tak perlu bingung lagi, karena persoalan mengenai keabsahan zakat secara online sudah teratasi. Yang mana dengan zakat online ini pemberi harus berniat terlebih dahulu. Setelahnya tempat penerjemah sedekah online akan mengirimkan pesan singkat melalui ponsel mengenai bentuk sarah terima dan doa. Apalagi untuk melakukan sedekah secara online, tentu saja diperbolehkan. Karena sedekah tidak membutuhkan akad tertentu. Keuntungan yang bisa didapatkan jika melakukan zakat secara online yaitu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja

Bagaimana Cara Bersedekah Online?

Saat ini banyak sekali situs yang bisa anda gunakan untuk melakukan pembayaran sedekah secara online biasanya situs ini juga memiliki beberapa layanan seperti penggalangan dana donasi serta zakat online dengan kemudahan ini tentu saja anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Bagaimana caranya?

  • Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan sedekah online, agar menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya memilih salah satu aplikasi atau situs terpercaya.
  • Pada umumnya di semua situs atau aplikasi sedekah online, pertama yang harus dilakukan yaitu membuat akun pengguna.
  • Nantinya pada aplikasi atau situs tersebut ada beberapa ketentuan yang harus disepakati selaku sebagai donatur.
  • Setelahnya cara berdonasinya juga mudah. Anda hanya perlu mengetik nominal yang harus ditransfer, akun pengguna, kode unik serta verifikasi donasi. Selain itu juga tersedia status donasi serta kendal yang dialami. Semua hal tersebut telah diatur dengan jelas pada situs tersebut.
  • Sedekah tidak hanya memberikan pahala yang berlipat ganda tetapi juga membawa berbagai manfaat lainnya bagi orang yang mengeluarkannya. Dengan bersedekah secara online Anda akan lebih mudah untuk melakukannya.

Ingin bersedekah? Tetapi tidak memiliki waktu untuk menyalurkannya secara langsung? Tak perlu khawatir karena kini bisa melakukan sedekah secara online. Bahkan, sedekah secara online  bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *