Mengenal Penyebab Utama dari Sekring Mobil yang Sering Putus

Sekring pada sebuah mobil memiliki peranan yang cukup signifikan, dimana bagian ini berpengaruh pada sistem kelistrikan mobil itu sendiri. Panel kecil dalam sistem kelistrikan mobil ini, memiliki fungsi untuk mencegah dan memutuskan adanya hubungan arus pendek yang mungkin saja terjadi pada sistem kelistrikan dalam mobil, sehingga kebakaran pada kabel mobil dapat dicegah dengan sendirinya. Permasalahan mungkin akan dapat Anda temukan, ketika Anda sedang berkendara dan tiba-tiba lampu pada mobil mendadak mati dengan sendirinya. Hal tersebut kemungkinan besar merupakan akibat dari meleleh ataupun putusnya sekring dari mobil yang Anda gunakan. Untuk penyebab putus ataupun melelehnya sekring mobil ini akan sangat bervarian, namun pada dasarnya kelebihan arus menjadi penyebab utama terjadinya putus sekring tersebut.

Untuk sekring yang Anda temukan dalam keadaan melelah, biasanya penyebab utama dari kejadian tersebut adalah adanya panas yang timbul secara berlebihan pada daerah disekitar sekring tersebut. Panas berlebihan ini timbul akibat ukuran amper pada sekring tidak sesuai dengan arus listrik yang mengaliri sekring tersebut. Permasalahan kecilnya amper pada sekring ini timbul, akibat penggantian dan pengaplikasian amper sekring yang tidak sesuai dengan daya sumber listrik pada mobil Anda. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka akan sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan penggantian sekring dengan ampere yang sesuai, jika Anda tidak mengetahui ukuran yang sesuai, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk membawa mobil Anda pada bengkel kelistrikan mobil yang memang ahli dalam menanganinya.

Penyebab lain yang menjadikan sekring pada mobil menjadi putus ataupun meleleh, antara lain adalah:

Mengenal Penyebab Utama dari Sekring Mobil yang Sering Putus

• Rumah ataupun soket pada sekring yang terlalu longgar, sehingga sekring tidak terpasang dengan sempurna pada rumah tersebut.
• Adanya kotoran yang menempel pada bagian soket ataupun rumah sekring, sehingga menyebabkan sekring menjadi lebih cepat panas.
• Penambahan aksesoris ataupun kabel lain pada variasi mobil, tanpa menggunakan sistem sekring yang terpisah, sehingga besaran amper untuk sistem kelistrikan tersebut tidak sesuai.

Jika Anda menemukan rumah sekring ataupun soket dalam keadaan meleleh, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk memperbaikinya terlebih dahulu, ataupun segera melakukan pergantian, agar nantinya tidak membawa pengaruh yang cukup jauh pada bagian lainnya. gantilah soket yang sesuai dengan jenis sekring yang akan Anda gunakan, agar nantinya tidak terjadi kembali aliran arus yang berlebihan, dan pastikan bahwa kondisi soket selalu bersih dan terjaga.

Memilih sekring dengan daya ampere yang Anda sesuaikan dengan sistem kelistrikan mobil Anda juga penting untuk Anda hadirkan, agar sekring tidak mudah putus. Pastikan pula Anda selalu memisahkan sistem sekring untuk setiap variasi yang Anda lakukan terkait dengan sistem kelistrikan pada mobil, agar nantinya tidak menganggu sistem kerja dari sekring itu sendiri.
sumber @ http://infokendaraan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *