Tips Keuangan untuk Mahasiswa Baru Perantauan

Hidup menjadi mahasiswa baru memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika hidup di perantauan.

Ada banyak hal yang perlu menjadi perhatian Anda. tidak bisa Anda anggap remeh begitu saja.

Jika tidak semua yang Anda butuhkan dan kegiatan perkuliahan Anda juga tidak bisa berjalan dengan lancar.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar bisa mengelola keuangan dengan baik. Dan ini adalah kuncinya. Jadi sebagai mahasiswa yang hidup jauh dari orang tua Anda harus benar bisa mandiri dan jangan pernah ketergantungan dengan teman yang hidup satu perantauan dengan Anda. untuk itu, Anda harus benar-benar bisa paham dan mengerti bagaimana tips keuangan yang baik dan pas untuk mahasiswa baru.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa yang mahasiswa itu memang rentan sekali dengan hidup boros jika tidak bisa mengelola uang dengan baik. Uang saku dari orang tua jika tidak dimanfaatkan dengan bijak maka juga akan sangat buruk dampaknya bagi diri Anda. perkuliahan tidak lancar, makan juga susah dan yang paling buruk adalah jika ada masalah dengan kesehatan Anda maka Anda juga yang akan repot karena tidak memiliki uang yang lebih untuk Anda berobat.

Sebagai mahasiswa baru mungkin akan sedikit berat jika Anda hidup jauh dari orang tua. semua harus Anda lakukan dengan mandiri. Makan sendiri sampai dengan kebutuhan Anda yang lain juga harus dilakukan secara mandiri. Untuk itu, memang perlu yang namanya usaha dan kebiasaan dari awal supaya nanti jika sudah benar-benar perkuliahan sudah berjalan lancar Anda tidak kaget dengan jadwal Anda sebagai mahasiswa. Dan disisi lain juga bagaimana caranya mengelola keuangan Anda supaya uang tidak cepat habis. Penasaran dengan apa saja tips yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan bagi mahasiswa baru? Berikut ini tipsnya:

  • Kuliah adalah prioritas

Jadi yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan menempatkan bahwa kebutuhan kuliah adalah sebuah prioritas dan tidak bisa Anda kesampingkan dengan berbagai macam kebutuhan Anda yang lain. jadi saat Anda menerima uang saku dari orang tua, usahakan untuk menyisihkan uang tersebut dan hitung semua biaya yang kira-kira Anda butuhkan selama sebulan. Jangan sampai belum waktunya Anda menerima uang saku, Anda sudah tidak memegang uang sama sekali. Repot tentunya. Jadi intinya kuliah adalah prioritas dan kebutuhan kuliah harus Anda utamakan.

  • Menabung

Meski sulit namun jika Anda usaha maka tidak ada yang tidak mungkin. Kasusnya sama, jadi setelah Anda menerima uang saku dari orang tua, catat semua kebutuhan Anda. pilih yang paling di prioritaskan. Setelah itu, jangan lupa Anda sisihkan uang untuk di tabung. Jadi jika suatu saat ada kebutuhan mendadak dan penting Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk mencukupi kebutuhan yang Anda butuhkan. Jadi Anda tidak perlu mencari pinjaman.

Di atas adalah beberapa tips keuangan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa baru. Mudah bukan? Tapi memang harus dengan usaha. Tidak bisa Anda menerapkan hal di atas hanya dengan angan-angan saja. Karena tidak ada gunanya. Untuk itu sebisa mungkin jika Anda memang benar-benar sudah menjadi mahasiswa dan kebetulan jauh dari orang tua, sebelum Anda berangkat ke perantauan untuk kuliah latih diri Anda untuk mandiri. Tidak selalu bergantung kepada orang tua. seperti misalnya adalah latihan untuk memasak, latihan untuk mencuci baju sendiri dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *