Robot Digerakkan lewat Internet Bisa Dibangun Awam

Peneliti dari Carnegie Mellon University telah mengembangkan seri robot baru yang sederhana hingga orang awam pun bisa membuatnya. Selain itu, robot ini juga canggih hingga bisa digerakkan secara nirkabel dengan koneksi internet.
Bentuk robot ini bisa berbagai macam. Ada yang dengan tiga roda dipasangi kamera. Ada bunga yang diimbuhi sensor inframerah. Rancang robot ini mudah diubah, dan mampu dikendalikan dari jarak jauh menggunakan komputer lewat internet.

Perangat baru yang memungkinkan orang biasa membangun robot mereka adalah satu piranti keras baru dan kumpulan aturan yang boleh dibandingkan seperti resep masakan. Piranti baru in dijuluki Telepresence Robot Kit yang disingkat TeRK oleh pengembangnya, Illah Nourbakhsh. Ia bekerja sebagai Associate Professor serta anggota laboratorium Community Robotics, Education and Technology Empowerment (CREATE).

Laboratorium ini memang bertujuan untuk menjadikan robotik bisa terjangkau oleh mahasiswa maupun pelajar dan awam yang berminat pada dunia baru iptek ini. Berbeda dengan perangkat robot lain yang ada di pasaran, TeRK tidak dijual dalam satu set lengkap. CREATE membuat “ramuan” agar para pembangun robot bisa memulai dari satu bagian dan ia dapat pindah ke bagian lainnya yang bisa berasal dari peranti buatan lain.

Inti dari produk TeRK adalah pengendali unik yang disebut Qwerk. Perangkat ini menggabungkan piranti lunak dan hosting jaringan elektronik yang dibutuhkan untuk mengendalikan motor robot, kamera dan alat lainnya. Pengembang Qwerk ini dilakukan CREATE bersama Charmed Labs di Austin, Texas. Ia juga sekaligus menghubungkan robot secara otomatis dengan teknik nirkabel pada internet.

“Koneksi internet ini menjadikan robot global,” jelas Nourbakhsh. Selain bisa dikendalikan dari jarak jauh, ia juga bisa mengirim foto, video, dan menanggapi masukan RSS, bahkan mengakses internet untuk mencari informasi. Kombinasi ini membuka banyak peluang baru yang menurut Nourbakhsh tidak terhingga.Cloud

Community Robotics, Education and Technology Empowerment (CREATE)
Community Robotics, Education and Technology Empowerment (CREATE)

Penjaga Rumah

Salah satu TeRK yang sudah tersedia adalah robot beroda dengan kamera video dipasang di atasnya. Pengguna dapat memanfaatkan ini untuk menjaga rumah atau memelihara hewannya ketika sedang bekerja atau di sekolah.
Rumusan lain yang sedang disiapkan adalah robot yang dipasang sensor untuk kualitas udara dan pendeteksi polusi. Model lainnya adalah bentuk kembang yang bisa membuka dan menutup tergantung kendalinya. Ia juga bisa untuk permainan tangkap-menangkap.

Robot seri ini memang berupaya untuk berlainan dengan kelaziman. Namun model lain yang dikembangkan mirip robot mainan yang populer di Jepang, juga ada teddy bear yang dipasangi kemampuan robot.

“Jika seseorang sudah mengikuti rumusan kami, dan sudah paham robot, mereka bisa membangun sendiri berdasarkan pengalaman ini,”ungkap Emily Hamner, peneliti senior dari CREATE. Pengguna bisa mengubah rumusan sesuai keinginannya, dan mereka juga bisa merancang jenis robot baru dengan menggunakan pengendali Qwerk. Demikian dijelaskan Hamner.

Ini karena Qwerk adalah komputer dengan sistem operasi open source Linux yang bisa membaca segala bahasa komputer. Didalamnya terdapat field programmable gate array (FPGA) yang mengendalikan motor, servos, kamera, amplifier dan perangkat lainnya. Bahkan juga menerima tambahan lewat saluran USB, seperti web cam dan penerima GPS.

“Kami memanfaatkan berbagai komponen di pasaran yang murah namun berkinerja tinggi yang sebetulnya ditujukan bagi pasaran perangkat elektronik rumah tangga biasa dalam membuat rancangan Qwerk,” ujar Rich LeGrand, president Charmed Labs. Merancang robot dengan kemampuan seperti ini tidak mungkin lima tahun lalu. Sekarang dengan banyaknya penggunaan internet, baik broadband maupun hotspot nirkabel di ruang publik dan pemukiman, maka kemampuan robot seperti ini menjadi lazim.

TeRK dibangun dalam satu setengah tahun teakhir ini dengan bantuan Google Inc, IBM Corp dan Microsoft Inc. Saat ini di AS sudah digunakan untuk berbagai materi perkuliahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *