Mahasiswa ITB Raih Empat Gelar Juara dalam Brawijaya Geophysical Festival 2015

BANDUNG, itb.ac.id – Setelah mengikuti serangakain acara Brawijaya Geophysical Festival 2015 pada dari hari Rabu (11/11/2015) hingga Sabtu (14/11/2015) di Universitas Brawijaya, Malang, mahasiswa ITB berhasil keluar dengan mendapatkan empat gelar juara sekaligus. Kemenangan ini tidak mudah didapatkan. Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui oleh perwakilan mahasiswa-mahasiswi dari Teknik Geofisika ITB angkatan 2012 dalam kompetisi tersebut.

Brawijaya Geophysical Festival pada tahun 2015 ini mengusung tema, “Petrolem Geothermal: Suistainable Energy for Indonesia”. Sebelum rangkaian acara ini dimulai, telah diselenggarakan pula kontes foto. Acara intinya sendiri terdiri dari Seismic Interpretation Challenge, Essay Competition, Seminar Nasional, dan Fun Trip, dilaksanakan dalam empat hari tersebut.

Dalam kegiatan Seismic Interpretation Challenge, para peserta akan menginterpretasikan data eksplorasi seismik secara beregu dengan menerapkan teori analisis data seismic. Tahapan pertama yang perlu dilakukan oleh peserta yakni mengirimkan video interpretasi data seismik. Setelah dilakukan proses seleksi, peserta yang lolos akan melanjutkan untuk melakukan pengolahan data lanjutan dan mempresentasikannya kepada dewan juri. Dalam kegiatan ini, ITB mengirim dua regu dan keduanya mendapatkan juara pertama dan kedua. Kadek Hendrawan Palgunadi, Atin Nur Aulia, dan Dias Pramukusuma berhasil mendapatkan juara pertama. Sedangkan regu Irfan Aulia, Putri Rafika Dewi, dan Ridho Nanda Prama berhasil mendapatkan juara kedua.

Selain kegiatan itu, para peserta dari ITB pun berhasil menjuarai Essay Competition bertema “Geothermal as Suistainable Energy for Indonesia”. Yuzar Aryadi bin Delmizar berhasil menjadi juara pertama dan Exhionus Kiki Fransiskus keluar sebagai juara kedua. Rangkaian acara Brawijaya Geophysical Festival 2015 sendiri ditutup dengan acara Gala Dinner dan malam penganugerahan bagi para pemenang.


Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas ITB Journalist Apprentice.