Cara Membuat Google Form

Kemungkinan sebagian dari kalian tidak asing dengan yang bernama Google Form. Bahkan juga sebagian orang kemungkinan pernah memakainya untuk isi kuisioner atau formulir 0nline.

Banyak yang pilih Google Form karena bukan hanya gampang tetapi cepat, karena Google Form mempermudah dalam pengisian data. Disamping itu, banyak pula perusahaan atau pribadi yang memakai Google Form untuk membuat jalinan dengan konsumen setia atau pemakainya.

Sebetulnya apa Google Form itu? Apa manfaat dan manfaatnnya? bagaimanakah cara membuat Google Form? Baca penuturannya di bawah ini mengenai pemahaman Google Form!

Manfaat Google Form

Google Form sendiri banyak memiliki faedah dan manfaat yang salah satunya ialah mempermudah Anda untuk membikin sekalian mengumpulkan atau kumpulkan sebuah data.

Mengapa harus memakai Google Form? Karena, Google Form akan kumpulkan data secara baik dan tentu saja secara real time . Maka, saat ini Anda tidak perlu menyempatkan banyak tenaga untuk memberi pertanyaan satu-satu pada yang berkaitan. Apa lagi sampai cetak pertanyaan di kertas untuk kuisioner.

Tehnologi sekarang ini sudah mempermudah semua. Saat ini yang penting Anda kerjakan ialah Anda perlu membagi sebuah Link dari Google Form yang sudah dibikin, selanjutnya diamkan orang yang lain isi kuisioner secara Online.

Dengan begitu, Anda tidak perlu buang media berbentuk kertas, tinta, buang beberapa waktu, dan buang tenaga. Dan yang juga sangat penting ialah, data kuisioner yang Anda sampaikan akan terjaga keamanannya.

Bagaimana dapat Google Form itu aman?

Maka Goole Form akan simpan data ke Google Drive Anda secara automatis. Disamping itu, data itu bisa juga ditegaskan tidak lenyap dan hancur. Lantas bagamana langkah membuat Google form?

Langkah Membuat Google Form

Kehadiran Google Form di zaman sekarang ini benar-benar mempermudah beberapa tugas. Tetapi bagaimana cara langkah membuat Google Form? Yang terpenting, Anda harus mempunyai account Gmail.

Jika Anda belum memiliki account Gmail, lebih dulu Anda harus membuat dengan lakukan register. Bila Anda telah memiliki account Gmail-nya, saat ini Anda tinggal ikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Google Form Type Kuisioner

– Membuka Google Docs dan Tentukan Template

Pertama, yang penting Anda lalukan ialah buka Google Docs dan tentukan “Form”. Di situ akan ada beberapa pilihan template. Pilih template yang sesuai yang Anda sukai.

Bila tidak ada yang pas dengan Anda, Anda bisa juga pilih template blank yang berdasar belakang putih yang ada gambar “+”.

– Isi Judul dan Deskripsi Form

Bila Anda telah pilih template blank, selanjutnya teruskan dengan isi kuisioner yang Anda harapkan. Anda akan menyaksikan kotak diskusi “Untitled Form” yang mempunyai ukuran huruf lumayan besar.

Selanjutnya click kolom itu dan tuliskan judul dari kuisioner yang Anda ingin membuat. Sesudah isi judul, nanti bakal ada deskripsi di kolom ” Form Descirption”.

Pada kolom itu, uraikan secara deskirptif mengenai kuiosioner Anda. Deskripsi harus dibikin dengan detail dan terang. Dengan begitu, nanti orang semakin lebih gampang pahami dan sepaham dengan tujuannya Anda.

– Membuat Pertanyaan

Sesudah judul dan deskripsi telah dibikin, selanjutnya berlanjut ke tahapan masukkan lis pertanyaan untuk kuisioner. Di mana? Jadi di bawah kolom “Form Description” ada kolom “Question. Selanjutnya catat pertanyaan yang ingin Anda sampaikan.

Disamping itu, Anda pun dibebaskan untuk pilih tipe pertanyaan yang Anda bikin misalkan multiple Choice atau Short Answer. Multiple Choice untuk pertanyaan dengan jawaban “kemungkinan, tidak, atau ya”.

Short Answer dipakai untuk jawaban yang berbentuk deskripsi pendek, ada juga tipe jawaban “paragraph”. Ini berlainan dengan Short Answer. Paragraph membuat pemakainya dapat isi jawaban lebih panjang.

– Kirim Kuisioner

Bila Anda telah isi semua pertanyaan yang Anda ingin sampaikan, cara paling akhir ialah mengirimi Google Form itu pada orang yang Anda harapkan dapat lewat E-mail atau Anda bisa juga mengopi Link Google Form itu.

Triknya lumayan gampang, yang penting Anda kerjakan ialah click “send” di atas kanan. Selanjutnya bakal ada pilihan mengirimi Form ke E-mail dengan menulis arah E-mail dan tentukan “include form in e-mail”. Cara paling akhir click send yang ada di sudut kanan bawah.

2. Google Form Type Formulir Registrasi

Baca beberapa langkahnya di bawah ini:

– Pilih Template

Pertama, yang penting Anda lalukan ialah Anda perlu pilih template untuk formulir registrasi. Tapi saat sebelum Anda mengambil langkah ke cara seterusnya, persyaratan untuk dapat buka Google Form ialah mempunyai account Gmail untuk masuk ke Google Docs sama dengan langkah di atas.

– Isi Judul dan Deskripsi

Untuk isi judul dan deskripsi di formulir registrasi, triknya sama dengan pembikinan kuisioner. Yang penting Anda Lalukan ialah membuat judul dan deskrisi di formulir registrasi yang ingin Anda bikin.

– Membuat Pertanyaan

Pertanyaan dalam formulir registrasi biasanya tidak memakai pilihan Multiple Choice atau Short Answer atau paragraph. Yang penting ditanya umumnya berbentuk “nama, tempat tanggal lahir, umur” atau informasi yang lain Anda perlukan.

Untuk memudahkan pengunanya, Anda bisa juga pilih “Multiple Choice Grid” untuk membikin tabel di Google Form. Tabel itu dapat diisi info yang Anda perlukan dari pemakai.

– Kirim dan Sharing Formulir Registrasi

Cara paling akhir dari langkah membuat Google Form type formulir registrasi yaitu dengan mengirimi Google Form itu. Triknya lumayan gampang, yang penting Anda kerjakan ialah click “send” di sudut atas kanan.

Selanjutnya bakal ada pilihan mengirimi Form ke E-mail dengan menulis arah E-mail dan tentukan “include form in e-mail”. Selanjutnya click “send” yang ada di sisi sudut kanan bawah. Kemudian,

Bila Anda ingi mengirimnya melalui Link, yang penting Anda lalukan ialah cukup mengcopy Link Google Form itu. tahap selanjutnya Anda tinggal membagi Link yang telah Anda copy barusan selanjutnya bagi lewat media sosial atau langsung ke fragmen yang Anda incar.

Itu pembahasan yang mengulas pemahaman Google Form, manfaat, dan langkah membuat Google Form. Mudah-mudahan pembahasan yang kami beri ini dapat berguna untuk Anda, sampai jumpa pada beberapa artikel kami seterusnya.

Sumber :

Comments are closed.