Cara Screenshot Di Laptop terbaru 2021 ✅ Gunakan tombol PrtScn ✅ tombol Alt + Prtscn ✅ tombol Windows + Prtscn ✅ tombol Windows + Shift + S

Cara Screenshot Di Laptop

Screenshot atau screenshot adalah gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan di layar atau pada perangkat output visual lainnya seperti laptop dan smartphone.

Tangkapan layar, juga dikenal sebagai tangkapan layar, dapat digunakan untuk menangkap placeholder atau tangkapan layar untuk mengarsipkan gambar. Persyaratan penting bagi sebagian besar pengguna manusia berbagai perangkat.

Cara pengambilan screenshot di laptop berbeda dengan smartphone, terlihat lebih praktis, dan tiap tipe keluaran Android memiliki caranya sendiri-sendiri. Tangkapan layar di laptop biasanya menggunakan tombol printscreen di keyboard. Bagaimana jika tombolnya tidak berfungsi?

Berikut beberapa cara cepat dan praktis mengambil screenshot di laptop yang dirangkum dari https://www.browserfreeze.com/:

Cara mengambil tangkapan layar di laptop dan komputer

Anda dapat menggunakan beberapa metode untuk menyimpan tampilan di layar gadget Anda. Lihat di bawah untuk mengetahui berbagai cara mengambil screenshot di layar laptop dan PC:

1. Gunakan tombol PrtScn.

Untuk menangkap seluruh layar, tekan tombol Print Screen (PrtScn). Tangkapan layar tidak akan disimpan sebagai file tetapi akan disalin ke clipboard.

Setelah itu, Anda perlu membuka aplikasi pengeditan gambar misalnya seperti Paint atau Microsoft Word dan menyalin tangkapan layar yang diambil ke aplikasi itu.

Setelah hasilnya muncul di layar, yang harus Anda lakukan hanyalah menyimpan tangkapan layar.

2. Gunakan tombol Alt + Prtscn

Untuk segera mengambil tangkapan layar dari sistem Windows Anda yang aktif, gunakan pintasan keyboard Alt + PrtScn.

Ini akan menangkap jendela aktif Anda dan menyalin tangkapan layar ke clipboard. Anda harus membuka editor gambar untuk menyimpan aplikasi.

3. Gunakan tombol Windows + Prtscn

Untuk menangkap layar penuh dan menyimpan tangkapan layar secara otomatis, tekan tombol Windows + tombol Prtscn.

Layar akan meredup beberapa saat untuk menandakan bahwa Anda baru saja mengambil screenshot dan gambar screenshot akan disimpan di folder ==> Screenshots.

4. Gunakan tombol Windows + Shift + S

Layar akan kosong dan penunjuk mouse laptop akan berubah. Anda dapat menyeret dan melepaskan penggeser untuk memilih bagian layar tempat Anda ingin mengambil foto.

Tangkapan layar akan disalin ke papan klip yang dapat ditempelkan ke program atau aplikasi lain. (Tautan ini hanya berfungsi jika Anda menginstal Windows 10 versi terbaru).

5. Gunakan tombol logo Windows + Volume Turun

Jika Anda menggunakan alat Microsoft Surface, Anda bisa memakai tombol fisik untuk mengambil tangkapan di layar penuh.

Ini mirip dengan cara Anda mengambil tangkapan layar di ponsel atau tablet lain.

Untuk melakukan ini, tekan dan tahan tombol Windows Logo Touch di bagian bawah layar permukaan dan kemudian tombol Volume Fisik D di sisi tablet. Layar akan meredup sebentar dan screenshot akan otomatis menyimpan gambar ==> screenshot di folder tersebut.

6. Gunakan bilah permainan

Anda dapat menggunakan bilah permainan untuk mengambil tangkapan layar terlepas dari apakah Anda sedang bermain atau tidak.

Tekan tombol Windows + G untuk membuka bilah game. Dari sini, Anda dapat mengklik tombol screenshot di bilah game atau menggunakan tombol Windows default + Alt + PrtScn untuk mengambil screenshot layar penuh.

Untuk mengatur pintasan keyboard untuk layar bilah game, Anda dapat pergi ke Settings ==> Game ==> Game Bar.

7. Gunakan alat snipping

Aplikasi ini dapat mengambil screenshot dalam format yang lebih fleksibel seperti Rectangle, Windows Active atau Fullscreen.

Cara menggunakannya, buka aplikasi Windows default, itu adalah alat sniping. Setelah terbuka, klik tombol New untuk memulai proses screenshot.

Jenis klip default adalah klip persegi panjang, tetapi Anda juga dapat menangkap potongan dalam format format lain.

Alat snapping tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar, Anda harus menyimpannya secara manual di aplikasi sebelum keluar. Jika iya, aplikasi ini akan otomatis menyalin hasil tangkapan layar ke clipboard.

Sumber referensi : https://www.infomenarik-terbaru.com/

Comments are closed.