Mengingat ketenaran mebel jati dari Jepara, banyak masyarakat yang mengincar katalog mebel Jepara agar mereka bisa bebas memilih perlengkapan rumah seperti apa yang dibutuhkan. Seperti yang diketahui, furnitur Indonesia adalah komoditas ekspor yang menjadi salah satu aset paling besar di tanah air. Daerah yang paling berperan dalam penjualan furnitur berbahan kayu jati ke seluruh daerah di Indonesia dan dunia adalah Jepara. Jepara adalah kota yang populer dengan kerajinan mebel jatinya. Keunikan dari ukiran mebel jati dari Jepara ini memang membuat banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri berkunjung ke kota ini hanya untuk melihat bahkan membeli mebel.

Banyak orang yang bertanya-tanya terkait dengan kelebihan apa yang dimiliki oleh mebel Jepara sehingga memiliki kemampuan untuk bisa menembus pasar ekspor di dunia. Kelebihan yang pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi adalah ukirannya yang sangat unik. Ya, pengrajin kayu jati di Jepara memang memiliki pengalaman yang sangat memadai untuk bisa menghasilkan ukiran mebel yang unik, detail dan menarik. Ukiran mebel Jepara mampu membuat kayu jati menjadi mebel yang terlihat mewah, klasik dan elegan. Selain itu, kayu jati adalah salah satu jenis kayu yang terkenal paling kuat jika dibandingkan dengan kayu-kayu lainnya yang biasa dijadikan sebagai mebel. Memang, memasok kayu jati yang berkualitas bisa dilakukan oleh semua produsen mebel di berbagai daerah. Tapi produsen yang mampu memoles dan mengukir kayu jati menjadi sebuah karya seni bernilai tinggi dan bisa sangat laris dipasaran dunia adalah pengrajin dari Jepara. Jadi wajar saja jika bukan hanya masyarakat lokal saja yang tertarik dengan katalog mebel Jepara, melainkan warga negara asing pula.

Hal lain yang membuat katalog mebel Jeparabegitu terkenal hingga mendunia adalah karena kualitas kayu milik Indonesia yang tahan lama dan juga kuat jika dibandingkan dengan tanaman kayu jati yang didapat dari negara lainnya. Furnitur jati Jepara dikenal sangat kuat dan kokoh sehingga dapat dipakai hingga puluhan tahun lamanya. Tak jarang pula masyarakat menjadikannya sebagai investasi. Khususnya untuk para kolektor furnitur antik. Dimana mereka menjual furnitur berbahan kayu jati yang telah berusia hingga ratusan tahun lamanya. Sangat menakjubkan bukan? Apalagi semakin tua usia furnitur tersebut, maka semakin mahal pula harganya.

Untuk bisa menghasilkan mebel kayu jati dengan kualitas super, bahan yang digunakan memang menjadi hal yang harus diprioritaskan. Apalagi jika dipadukan dengan hasil ukiran Jepara yang terkenal bagus dan berkualitas tinggi, tentu saja katalog mebel Jeparaini semakin dicari oleh banyak orang, baik bagi mereka yang membeli hanya untuk kebutuhan furnitur rumah atau mereka yang ingin menjadi kolektor furnitur antik.